Peperangan Barbaria

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Peperangan Barbaria

USS Philadelphia terbakar selama Pertempuran Pelabuhan Tripoli selama Perang Barbaria Pertama pada tahun 1804
Tanggal10 Mei 1801 – 3 Juli 1815
(14 tahun, 1 bulan dan 23 hari)
LokasiPesisir Barbaria
Hasil Kemenangan Swedia-Amerika
Pihak terlibat
 Amerika Serikat
Swedia Swedia (1800–1802)
Kerajaan Sisilia (1801–1805)[1]

 Kesultanan Utsmaniyah
Eyalet Tripolitania Beylik Tunis
Aljir

Maroko Kesultanan Maroko
Tokoh dan pemimpin
Stephen Decatur

Peperangan Barbaria adalah konflik yang berlangsung pada akhir abad ke-18 dan awal abad ke-19 antara Amerika Serikat dan Swedia melawan negara-negara Barbaria. Konflik ini mengakibatkan meletusnya dua perang dan dipicu oleh sebab yang sama. Negara-negara Barbaria yang terlibat adalah Tunis, Aljir, dan Tripoli. Secara de jure, ketiga wilayah ini merupakan wilayah Kesultanan Utsmaniyah, walaupun secara de facto ketiganya merupakan wilayah yang memerintah sendiri. Selain ketiga negara tersebut, Kesultanan Maroko juga turut terlibat.

Swedia sudah berperang melawan Tripoli semenjak tahun 1800 dan kemudian Amerika turut berperang melawan negara-negara Barbaria.[2] Penyebab perang ini adalah permintaan upeti dari bajak laut Barbaria untuk kapal-kapal dagang Amerika yang melewati Laut Tengah. Apabila permintaan tersebut ditolak, bajak laut ini akan menyerang kapal tersebut, mengambil barang-barangnya, dan memperbudak awak-awak kapal atau menawan mereka untuk diminta tebusan. Saat Thomas Jefferson menjadi Presiden, ia menolak membayar upeti dan mengirim Angkatan Laut Amerika Serikat ke Laut Tengah. Amerika mengebom kota-kota bajak laut dan meminta konsesi berupa hak untuk lewat dari penguasa-penguasanya. Pemerintahan Thomas Jefferson dan James Madison melancarkan ekspedisi melawan negara-negara Barbaria pada periode yang berbeda. Jefferson melancarkan ekspedisi pertama dari tahun 1801 hingga 1805 melawan kota-kota bajak laut di Libya, Tunisia, dan Aljazair. Madison mengirim ekspedisi kedua melawan Aljazair pada tahun 1815.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ http://daddezio.com/italy/barbary/history.html
  2. ^ Woods, Tom. "Presidential War Powers: The Constitutional Answer". Libertyclassroom.com. Diakses tanggal 9 July 2014. 

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]