Penyu pipih

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
?Penyu pipih
Natator depressus.jpg
Status konservasi
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Reptilia
Ordo: Testudinata
Famili: Cheloniidae
Genus: Natator
McCulloch, 1908
Spesies: N. depressus
Nama binomial
Natator depressus
(Garman, 1880)

Penyu pipih (Natator depressus) adalah spesies penyu yang endemik di landas kontinen Australia. Penyu pipih termasuk super famili Cheloniidae dan satu-satunya spesies yang ditemukan dalam genus Natator.

Taksonomi dan etimologi[sunting | sunting sumber]

Spesies ini dalam genus monotipe, Natator, dalam familia Cheloniidae, namanya berarti "perenang" dalam bahasa Latin. Depressus, nama spesifik, berarti "pipih" dalam bahasa Latin. Hal ini mengacu pada kerataan tempurung penyu pipih itu. Suku Bardi menyebut hewan ini barwanjan, dan itu dikenal oleh Wunambil sebagai madumal.[2]

Penyebaran dan habitat[sunting | sunting sumber]

Peta menampilkan empat lokasi bersarang, tersebar di pantai timur laut Australia
Peta distribusi Natator depressus: lingkaran merah menunjukkan lokasi sarang utama.

Penyu pipih biasanya ditemukan di teluk, perairan dangkal, perairan berumput, terumbu karang, muara, dan laguna di pantai utara Australia dan di lepas pantai Papua Nugini.

Spesies ini dapat makan dari Indonesia dan Papua Nugini, tetapi sarangnya hanya di Australia. Sarangnya terdapat di bagian utara Australia, dari Exmouth di Australia Barat sampai Taman Konservasi Mon Repos di Queensland. Tempat berkembang biak yang paling signifikan adalah Pulau Crab di barat Selat Torres. Perkembang biakan juga terdapat pada pulau-pulau di bagian selatan Karang Penghalang Besar, dan di daratan pantai dan pulau-pulau lepas pantai utara dari Gladstone.

Anatomi[sunting | sunting sumber]

Karapas dewasa panjang rata-ratanya 90 cm (35 in). Bentuknya rendah berkubah, tepi yang terbalik, dan memiliki empat pasang sisik rusuk yang kurang dari penyu lainnya. Bagian atas adalah bagian perut berwarna zaitun abu-abu, dan lebih pucat. Sepasang sisik tunggal terletak di bagian depan kepala, yang juga membedakan spesies ini.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Red List Standards & Petitions Subcommittee (1996). "Natator depressus". IUCN Red List of Threatened Species. Version 2.3. International Union for Conservation of Nature. Diakses 14 May 2011. 
  2. ^ a b Burbidge, Andrew A (2004). Threatened animals of Western Australia. Department of Conservation and Land Management. hlm. 110, 114. ISBN 0-7307-5549-5. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]