Penyetrikaan ekstrem

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Penyetrikaan ekstrem di Rivelin Needle.
Rivelin Rocks, Britania Raya

Penyetrikaan ekstrem (bahasa Inggris:extreme ironing) adalah sebuah olahraga ekstrem dan pertunjukan seni di mana seseorang membawa papan setrika ke tempat-tempat yang jauh dan berbahaya untuk menyetrika beberapa potong pakaian. Penyetrikaan ekstrem sebagai cabang olahraga diperdebatkan di media massa.[1] Beberapa lokasi penyetrikaan ekstrem adalah di puncak gunung, hutan, kanu, sambil bermain ski atau seluncur salju, di atas patung, di tengah jalan raya, di bawah laut, sambil terjun payung, dan di bawah danau yang membeku. Penyetrikaan ekstrem dilakukan secara solo atau beregu.

Sebelum terkenal, grup musik Monster Magnet menggunakan penyetrikaan ekstrem dalam video mereka "Negasonic Teenage Warhead" dari album Dopes to Infinity (1995). Pada 1997 di Leicester, East Midlands, Inggris, Phil Shaw memulai olahraga ini dengan memadukan panjat tebing dengan menyetrika.[2] Pada Juni 1999, Shaw keliling dunia untuk mempromosikan olahraga ini. Ia mengunjungi Amerika Serikat, Fiji, Selandia Baru, Australia, dan Afrika Selatan. Setelah bertemu dengan sekelompok wisatawan Jerman di Selandia Baru, mereka membentuk kelompok "Extreme Ironing International" dan German Extreme Ironing Section atau GEIS.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Jazz, giants and ironing boards". The Guardian (dalam bahasa English). 2003-12-14. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-01-14. Diakses tanggal 2006-02-16. The idea, which combines the thrills of an extreme sport with the satisfaction of a well-pressed shirt, is thoroughly explained in this tongue-in-cheek manual... 
  2. ^ "Worldwide extreme ironing competition launched". Extreme Ironing Bureau. 18 February 2003. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]