Penyerbuan Kotabaru Yogyakarta

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Penyerbuan Kotabaru Yogyakarta
Bagian dari Revolusi Nasional Indonesia
Tanggal7 Oktober 1945
LokasiKotabaru, Yogyakarta
Hasil Kemenangan Indonesia
Pihak terlibat
 Indonesia  Jepang
Tokoh dan pemimpin
Indonesia Hamengkubuwono IX
Indonesia Soeharto
Jepang Mayor Otzuka
Kekuatan
Ribuan c. 370
Korban
21 mati
32 terluka
9 mati
20 terluka
360 tertangkap

Penyerbuan markas Jepang di Kotabaru Yogyakarta (atau lebih dikenal sebagai Penyerbuan Kotabaru Yogyakarta) diawali dengan perundingan antara Jepang dengan pejuang Yogyakarta yang berlangsung pada tanggal 6 Oktober 1945. Perundingan ini tidak mencapai mufakat karena Jepang tidak mau menyerahkan senjatanya pada pejuang Yogyakarta sehingga pada tanggal 7 Oktober 1945 dilakukan penyerbuan ke markas Jepang oleh para pejuang Yogyakarta.

Badan Keamanan Rakyat merupakan pemimpin perundingan dan pertempuran di Kotabaru, selain itu KNID Yogyakarta dan Polisi Istimewa juga ikut serta dengan menjadi penyemangat para pejuang lainnya karena Badan Keamanan Rakyat dan Polisi Istimewa telah memiliki persenjataan yang modern sehingga menjadi pelindung laskar rakyat yang bersenjata tradisional, para pemuda di sekitar Kotabaru juga ikut dalam pertempuran dengan bergabung dan diberi nama laskar rakyat.

Dampak pertempuran Kotabaru ini memberikan kekuatan baru bagi Badan Keamanan Rakyat, hal ini disebabkan karena persenjataan Jepang yang berhasil direbut diberikan kepada Badan Keamanan Rakyat sehingga dapat melebur menjadi Tentara Keamanan Rakyat dan kemenangan di Kotabaru ini memberikan semanagat perjuangan untuk melucuti senjata Jepang yang bermarkas di Pingit dan Maguwo (lokasi bandara lama Yogyakarta).

Dalam peristiwa penyerbuan Kotabaru ini sebanyak 21 pejuang dan pemuda Yogyakarta gugur dan di pihak musuh 27 tentara tewas. Nama-nama para pejuang yang gugur inilah kemudian diabadikan menjadi nama jalan di sekitar kawasan Kotabaru.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]