Penyelidikan manipulasi suara Mnet

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Penyelidikan manipulasi suara Mnet adalah sebuah skandal acara hiburan Korea Selatan pada tahun 2019 yang melibatkan kecurangan pemilihan di banyak seri kompetisi realitas yang diproduksi dan disiarkan oleh saluran televisi Mnet. Peristiwa tersebut utamanya melibatkan seri Produce 101 dan Idol School, yang ditujukan untuk menciptakan grup-grup K-pop dengan para anggota yang dipilih lewat pemungutan suara oleh pemirsa atau penggemar.

Pada Juli 2019, pada episode terakhir musim keempat seri Produce 101, Produce X 101, sebagian besar penonton menduga bahwa jumlah suara dimanipulasi setelah melirik susunan numerik pemilihannya. Pada 1 Agustus 2019, 272 pemirsa/penggemar mengadukan gugatan hukum terhadap Mnet, karena layanan pemungutan suara teks di situs mereka yang berbiaya ₩100 per suara, hal tersebut yang mendorong penyelidikan oleh pimpinan Kepolisian Metropolitan Seoul. Sehingga Ahn Joon-young dan Kim Yong-bum, sebagai produser untuk seri Produce 101, ditangkap pada 5 November 2019 dimana Ahn didakwa memanipulasi suara-suara untuk Produce X 101 dan musim ketiga dari seri tersebut, Produce 48.[1]

Penyelidikan tersebut telah berdampak pada promosi untuk grup-grup yang dihasilkan lewat seri-seri Mnet, seperti Iz*One dan X1, serta pandangan masyarakat terhadap seri realitas kompetisi terkini dari Mnet.

Referensi[sunting | sunting sumber]