Penyaring udara

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Penyaring udara adalah alat yang terdiri dari bahan berserat atau berpori yang menghilangkan partikel padat seperti debu, serbuk sari, jamur, dan bakteri dari udara. Filter yang mengandung adsorben atau katalis seperti arang (karbon) juga dapat menghilangkan bau dan polutan gas seperti senyawa organik yang mudah menguap atau ozon.[1] Penyaring udara digunakan dalam aplikasi di mana kualitas udara penting, terutama dalam membangun sistem ventilasi dan mesin.

Beberapa bangunan, serta pesawat terbang dan lingkungan buatan manusia lainnya (mis., Satelit dan Pesawat Ulang Alik) menggunakan busa, kertas berlipat, atau elemen filter pintal fiberglass. Metode lain, ionisasi udara, menggunakan serat atau elemen dengan muatan listrik statis, yang menarik partikel debu. Asupan udara dari mesin pembakaran internal dan kompresor udara cenderung menggunakan kertas, busa, atau filter kapas. Filter penangas minyak tidak disukai selain dari penggunaan niche. Teknologi filter pemasukan udara turbin gas telah meningkat secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir, karena peningkatan aerodinamika dan dinamika fluida bagian kompresor udara turbin gas.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "California Environmental Protection Agency - Air Cleaning Devices for the Home, Frequently Asked Questions" (PDF). California Environmental Protection Agency Air Resources Board. Diakses tanggal 2016-12-14. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]