Penyapu salju

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Mesin peniup salju dua tahap berjalan di belakang tugas berat.

Penyapu salju adalah mesin untuk menghilangkan salju dari area yang tidak diinginkan, seperti jalan masuk, trotoar, jalan raya, rel kereta api, gelanggang es, atau landasan pacu. Istilah yang umum digunakan "peniup salju" adalah keliru, karena salju digerakkan menggunakan auger atau impeller alih-alih ditiup (melalui udara). Ia dapat menggunakan tenaga listrik (tenaga listrik atau baterai), atau mesin bensin atau diesel untuk membuang salju ke lokasi lain atau ke dalam truk untuk diangkut. Ini berbeda dengan aksi bajak salju, yang mendorong salju ke depan atau samping. Biasanya, salju dibuang ke satu sisi.

Penyapu salju berkisar dari yang sangat kecil, yang mampu menghilangkan hanya beberapa inci (beberapa cm) salju ringan di jalur 18 hingga 20 in (457 hingga 508 mm), hingga yang sangat besar, dipasang ke layanan musim dingin tugas berat kendaraan dan mampu bergerak dengan lebar 20 kaki (6,10 m), atau lebih lebar, petak salju tebal hingga kedalaman 6 kaki (1,83 m).

Tergantung pada desainnya, penghembus salju dapat ditekan untuk digunakan meniup benda lain, seperti air.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Springtime flooding in Canada: What you need to know". The Globe and Mail. 25 April 2019. Diakses tanggal 25 April 2019.