Penutupan pemerintahan di Amerika Serikat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Surat dari Presiden Obama kepada karyawan pemerintah AS yang terkena dampak penutupan tahun 2013

Dalam politik Amerika Serikat, penutupan pemerintahan (Inggris: government shutdown) adalah situasi ketika Kongres gagal menyepakati anggaran yang diperlukan untuk operasi pemerintahan. Biasanya pemerintah berhenti menyediakan semua layanan selain yang "penting" saja, namun karena Kongres harus mengesahkan semua pengeluaran pemerintah, tidak ada hukum yang melindungi layanan pemerintah apapun dari penutupan. Layanan federal boleh diteruskan untuk sementara setelah penutupan, termasuk National Weather Service dan lembaga induknya, layanan kesehatan di fasilitas federal, angkatan bersenjata, pengawasan lalu lintas udara (ATC), dan sistem penjara.

Pada era pemerintahan Ford dan Carter, terjadi penutupan pemerintahan secara parsial sebanyak 6 kali yang hanya memengaruhi Departemen Tenaga Kerja dan Kesehatan, Pendidikan, dan Kesejahteraan. Penutupan parsial ini berlangsung mulai 8 sampai 18 hari dan masalah utamanya adalah anggaran federal untuk aborsi. Pada era pemerintahan Reagan, terjadi 8 penutupan pemerintahan secara penuh yang berlangsung selama 1 sampai 3 hari dan masalah utamanya adalah defisit anggaran Amerika Serikat. Ada pula penutupan selama 4 hari pada masa pemerintahan pertama Bush.

Pada masa pemerintahan Clinton, setelah kubu konservatif menang besar di Kongres dalam Revolusi Republik 1994, terjadi dua penutupan pemerintahan secara penuh selama 5 dan 21 hari. Penutupan yang terakhir adalah yang terlama sepanjang sejarah. Lagi-lagi masalah utamanya adalah defisit anggaran Amerika Serikat.

Penutupan pemerintahan federal Amerika Serikat 2013 sudah berlangsung sejak 1 Oktober 2013. Masalah utama antara DPR yang dikuasai Partai Republik dan Senat yang dikuasai Partai Demokrat (didukung Presiden Obama) adalah keinginan Republik untuk menunda penerapan Affordable Care Act yang disahkan tahun 2010.

Mekanisme penutupan[sunting | sunting sumber]

Sesuai pemisahan kekuasaan menurut Konstitusi Amerika Serikat, baik Senat dan Dewan Perwakilan Rakyat harus menyetujui anggaran yang disepakati, kemudian ditandatangani Presiden Amerika Serikat. Jika Presiden memveto rancangan anggaran tersebut, rancangannya dikembalikan ke Kongres. Di Kongres, veto tadi dapat dibatalkan dengan dua per tiga suara menolak. Penutupan pemerintahan cenderung terjadi setelah Presiden dan satu atau kedua majelis Kongres tidak mampu menyelesaikan perselisihan alokasi anggaran sebelum siklus anggaran yang ada berakhir.[1]

Penutupan seperti yang dialami Amerika Serikat nyaris mustahil terjadi di negara demokrasi lainnya. Di bawah sistem parlementer yang dianut kebanyakan negara Eropa, cabang eksekutif dan legislatif tidak dipisah. Parlemen menentukan semua pejabat eksekutif yang biasanya disebut "menteri". Di negara demokrasi non-parlementer, cabang eksekutif yang kuat umumnya memiliki kewenangan untuk mempertahankan operasi pemerintahan meskipun anggarannya tidak disetujui. Ini pernah terjadi di Amerika Serikat sampai tahun 1980, ketika pemerintahan Jimmy Carter menafsirkan Antideficiency Act 1884 sebagai pembatasan kekuasaan lembaga federal seandainya tidak ada persetujuan Kongres.[2]

Pengaruh[sunting | sunting sumber]

Penutupan pemerintahan federal mengakibatkan banyak karyawan federal sipil yang menjalani furlough (cuti wajib tanpa gaji). Personel militer dan karyawan-karyawan penting tidak disertakan dalam furlough, namun gajinya bisa jadi tidak dibayarkan sesuai jadwal.[3][4]

Rincian pasti seputar fungsi-fungsi pemerintah yang berhenti beroperasi selama penutupan ditentukan oleh Office of Management and Budget.[5] Akan tetapi, beberapa aspek tertentu telah diterapkan di semua penutupan pemerintahan sebelumnya. Salah satunya adalah penutupan taman nasional dan kantor paspor.[6] "Personel darurat" masih dipekerjakan, termasuk militer, penegak hukum federal, dokter dan perawat yang bekerja di rumah sakit federal, dan pengawas lalu lintas utara.[5] Anggota Kongres masih digaji karena gaji mereka tidak dapat diubah kecuali melalui hukum langsung.[7] Pengiriman surat tidak terkena dampaknya karena anggarannya swasta.[8]

Penutupan pemerintahan sebelumnya juga memengaruhi pemerintah kotamadya Washington, D.C. melalui penutupan sekolah dan penundaan prasarana umum seperti pengumpulan sampah.[9]

Daftar penutupan pemerintahan A.S.[sunting | sunting sumber]

Pemerintah federal[sunting | sunting sumber]

Sejak 1976, pemerintah federal Amerika Serikat ditutup sebanyak 20 kali:[10][11][12]

Tahun Tanggal Total hari Pegawai wajib cuti[13] Pres Senat DPR Masalah
1976 30 Sep–
11 Okt
12 Tidak Ford Dem

(61D-37R-2I)

Dem Dengan alasan mengendalikan pengeluaran, Presiden Gerald Ford memveto rancangan anggaran untuk Departemen Tenaga Kerja Amerika Serikat dan Departemen Kesehatan, Pendidikan, dan Kesejahteraan Amerika Serikat. Dampaknya adalah penutupan pemerintahan secara parsial. Pada 1 Oktober, Kongres yang dipimpin Demokrat membatalkan veto Ford. Resolusi berantai yang mengakhiri celah anggaran untuk sektor pemerintahan lainnya baru disahkan tanggal 11 Oktober.
1977
(1)
30 Sep–
13 Okt
14 Tidak Carter Dem

(61D-38R-1I)

Dem DPR yang dipimpin Demokrat kukuh melarang Medicaid melayani kasus aborsi, kecuali pada kasus ketika nyawa sang ibu terancam. Sementara itu, Senat yang dikuasai Demokrat berusaha memperlonggar larangan ini agar anggaran aborsinya bisa mencakup kasus pemerkosaan atau inses. Celah anggaran terjadi setelah perselisihan soal isu ini antara kedua majelis Kongres mentok pada anggaran Departemen Tenaga Kerja dan Departemen Kesehatan, Pendidikan, dan Kesejahteraan. Efeknya adalah penutupan pemerintahan secara parsial. Perjanjian sementara ditandatangani untuk mengembalikan anggaran sampai 31 Oktober 1977, sehingga Kongres bisa meluangkan waktu untuk menyelesaikan perselisihannya.
1977
(2)
31 Okt–
9 Nov
10 Tidak Carter Dem

(61D-38R-1I)

Dem Perjanjian anggaran sementara tidak berlaku lagi. Presiden Jimmy Carter menandatangani perjanjian anggaran kedua demi meluangkan waktu untuk negosiasi.
1977
(3)
30 Nov–
9 Des
10 Tidak Carter Dem

(61D-38R-1I)

Dem Perjanjian anggaran sementara kedua tidak berlaku lagi. DPR kukuh menentang Senat demi menggagalkan perluasan cakupan Medicaid untuk aborsi korban pemerkosaan bawah umur. Kesepakatan pun tercapai: Medicaid diizinkan melayani aborsi akibat pemerkosaan, inses, atau ancaman terhadap kesehatan ibu.
1978 30 Sep–
18 Okt
19 Tidak Carter Dem

(61D-38R-1I)

Dem Dianggap sia-sia, Presiden Carter memveto RUU apropriasi pekerjaan umum dan RUU pertahanan, termasuk anggaran untuk kapal induk bertenaga nuklir. Anggaran untuk Departemen Kesehatan, Pendidikan, dan Kesejahteraan juga ditunda karena ada masalah tambahan seputar cakupan aborsi Medicaid.
1979 30 Sep–
12 Okt
13 Tidak Carter Dem

(58D-41R-1I)

Dem Melawan penentangan Senat, DPR mendorong peningkatan gaji sebesar 5,5% untuk anggota kongres dan pegawai negeri senior. DPR juga berusaha membatasi anggaran federal untuk aborsi pada kasus ancaman kesehatan ibu saja, sedangkan Senat ingin mempertahankan anggaran untuk aborsi pada kasus pemerkosaan dan inses.
1980 1 Mei 1 Ya Carter Dem (58D-41R-1I) Dem Hanya Federal Trade Commission yang terdampak. Ini menandai pertama kalinya pelaksanaan penutupan lembaga federal berdasarkan penafsiran baru Antideficiency Act 1884.
1981 20–23 Nov 3 Ya Reagan Rep

(53R-46D-1I)

Dem Presiden Ronald Reagan bersumpah akan memveto rancangan anggaran apapun yang meliputi pemangkasan anggaran dalam negeri sebesar separuh dari $8,4 miliar yang ia ajukan. Meski Senat yang dipimpin Republik menyetujui rancangan sesuai keinginannya, DPR yang dikuasai Demokrat memaksa agar anggaran pertahanan dipotong lebih besar daripada yang diinginkan Reagan dan gaji anggora kongres dan pegawai negeri dinaikkan. Rancangan anggaran yang disepakati lebih sedikit $2 miliar daripada usulan Reagan, sehingga Reagan memvetonya dan menutup pemerintahan federal. Rancangan sementara mengembalikan anggaran tersebut sampai 15 Desember dan memberikan Kongres waktu untuk mengajukan kesepakatan yang bisa bertahan lama.
1982
(1)
30 Sep–
2 Okt
3 Tidak Reagan Rep

(53R-46D-1I)

Dem Kongres terlambat satu hari untuk menyetujui rancangan anggaran yang diperlukan.
1982
(2)
17–21 Des 5 Tidak Reagan Rep

(53R-46D-1I)

Dem DPR yang dipimpin Demokrat dan Senat yang dipimpin Republik ingin mendanai lapangan pekerjaan, tetapi Presiden Reagan berjanji akan memveto rancangan semacam itu. DPR juga menentang rencana pendanaan rudal MX. Penutupan berakhir setelah Kongres membatalkan rencana lapangan kerja mereka, namun Reagan dipaksa membatalkan anggaran untuk rudal MX dan Pershing II. Ia juga menyetujui anggaran untuk Legal Services Corporation yang sebenarnya ingin dibubarkan supaya bantuan luar negeri untuk Israel lebih banyak.
1983 10–14 Nov 4 Tidak Reagan Rep

(54R-46D)

Dem DPR yang dikuasai Demokrat menambah anggaran pendidikan, namun memangkas anggaran pertahanan dan bantuan luar negeri sehingga muncul perselisihan dengan Presiden Reagan. Akhirnya DPR mengurangi rencana anggaran pendidikan mereka dan menyetujui pendanaan rudal MX. Anggaran bantuan luar negeri dan pertahanan tetap dipangkas. Penyewaan ladang minyak dan gas dilarang di cagar alam federal. Aborsi juga tidak boleh didanai oleh asuransi kesehatan karyawan pemerintah.
1984
(1)
30 Sep–
3 Okt
4 Tidak Reagan Rep

(54R-46D)

Dem DPR ingin merancang anggaran untuk paket pemberantasan kejahatan yang didukung Presiden Reagan dan paket proyek pengairan yang tidak didukungnya. Senat juga merancang anggaran untuk aksi hak-hak sipil untuk menggagalkan Grove City v. Bell. Reagan mengajukan kesepakatan berupa pembatalan paket pemberantasan kejahatannya dan Kongres membatalkan usulan mereka. Kesepakatan tidak tercapai dan perpanjangan anggaran selama tiga hari disahkan.
1984
(2)
3–5 Okt 3 Ya Reagan Rep

(54R-46D)

Dem Perpanjangan anggaran tiga hari tidak berlaku lagi sehingga terjadi penutupan. Kongres membuang rencana paket pengairan dan hak sipil, sedangkan Presiden Reagan mempertahankan paket pemberantasan kejahatannya. Anggaran bantuan untuk Contras Nikaragua juga disahkan.
1986 16–18 Okt 3 Ya Reagan Rep

(53R-47D)

Dem Perselisihan di sejumlah isu antara DPR yang dikuasai Demokrat dan Presiden Reagan dan Senat yang dikuasai Republik mengakibatkan penutupan pemerintahan. DPR membatalkan permintaan mereka dengan imbalan mendapatkan satu suara setuju untuk paket kesejahteraannya, serta konsesi penjualan Conrail yang saat itu merupakan BUMN.
1987 18–20 Des 3 Tidak Reagan Dem

(55D-45R)

Dem Partai Demokrat, yang saat itu menguasai DPR dan Senat, menentang anggaran untuk pasukan Contras dan menuntut Federal Communications Commission segera memberlakukan "Doktrin Keadilan". Mereka membatalkan "Doktron Keadilan" dengan syarat bantuan Contras tidak bertujuan untuk aksi kekerasan.
1990 5–9 Okt 5 Ya Bush Dem

(55D-45R)

Dem Presiden George H.W. Bush berjanji akan memveto resolusi berantai apapun yang tidak disertai paket pengurangan defisit. Bush benar-benar memvetonya. DPR gagal membatalkan vetonya sebelum penutupan terjadi. Kongres lalu mengesahkan resolusi berantai dengan paket pengurangan defisit yang ditandatangani Bush untuk mengakhiri penutupan ini.
1995
(1)
13–19 Nov 7 Ya Clinton Rep

(53R-47D)

Rep Presiden Bill Clinton memveto resolusi berantai yang disahkan Kongres yang dikuasai Republik. Kesepakatan pun tercapai yang memungkinkan penyaluran anggaran sebesar 75 persen selama 4 minggu. Clinton menyetujui anggaran berimbang dengan jadwal tujuh tahun.
1995–1996
(2)
15 Des–
6 Jan
21 Ya Clinton Rep

(53R-47D)

Rep Partai Republik meminta Presiden Clinton mengajukan anggaran dengan jadwal tujuh tahun menggunakan angka yang disediakan Congressional Budget Office alih-alih angka dari Office of Management and Budget pimpinan Clinton, namun Clinton menolak. Akhirnya Kongres dan Clinton sepakat mengesahkan anggaran penyesuaian.
2013 1–17 Okt 17 Ya Obama Dem

(53D-45R-2I)

Rep Karena perselisihan soal pencantuman pasal pencabutan dana atau penundaan Affordable Care Act,[14] pemerintah belum mengesahkan rancangan anggaran. Negosiasi buntu dan penutupan sedang berlangsung.
2018
(1)
20–
22 Jan
3 Ya[15] Trump Rep

(51R-47D-2I)

Rep Demokrat ingin dana Deferred Action for Childhood Arrivals (DACA) dipertahankan.[16] DPR mengesahkan RUU anggaran jangka pendek.[17]
2018
(2)
9 Feb 1 Tidak[18] Trump Rep

(51R-47D-2I)

Rep Para pemimpin Senat menyepakati anggaran dua tahun.[19] Sen. Rand Paul (R-KY) menunda pemungutan suara Senat yang memaksa pemerintah tutup pada dini hari.[20] Penutupan berakhir sebelum hari kerja berikutnya dimulai.
2018–19
(3)
22 Des–sekarang (1913) berlangsung Ya[21] Trump Rep

(51R-47D-2I)[note 1]

Rep[note 1] Presiden Donald Trump menuntut RUU anggaran apapun menyertakan anggaran tembok perbatasan. Perundingan masih buntu.[22] Penutupan dimulai saat rapat Kongres Amerika Serikat ke-115 dan berlangsung sampai rapat Kongres Amerika Serikat ke-116.
Rep

(53R-45D-2I)[note 2]

Dem[note 2]

Pemerintah negara bagian[sunting | sunting sumber]

Tahun Mulai Selesai Durasi Lokasi Referensi
1991 Jul 1 Jul 17 17  Maine [23]
1991 Jul 1 Aug 23 54  Connecticut [23]
1991 Jul 2 Aug 4 34  Pennsylvania [23]
2002 Jul 1 Jul 3 3  Tennessee [23][24]
2005 Jul 1 Jul 9 9  Minnesota [25]
2006 May 1 May 13 13  Puerto Rico
2006 Jul 1 Jul 8 8  New Jersey [26]
2007 Oct 1 Oct 1 1  Michigan [27]
2007 Jul 11 Jul 12 1  Pennsylvania [28][29]
2009 Oct 1 Oct 1 1  Michigan [30]
2011 Jul 1 Jul 20 20  Minnesota
2015 Jul 1 Jul 6 6  Illinois
2017 Jul 1 Jul 4 3  New Jersey [31][32]
2017 Jul 1 Jul 4 4  Maine [33]

Pemerintah county[sunting | sunting sumber]

Tahun Mulai Selesai Durasi Lokasi Referensi
2005 Feb 7 Feb 7 1 Berkas:Seal of Erie County, New York.png Erie County, New York [34][35][36]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

A.S.[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "US Shutdown". The Guardian. 
  2. ^ Zurcher, Anthony (30 September 2013). "US shutdown has other nations confused and concerned". BBC. Diakses tanggal 30 September 2013. 
  3. ^ Shutdown: 800,000 federal workers in the dark – 2011 Cable News Network
  4. ^ "Government Prepares for Shutdown". The Wall Street Journal'.
  5. ^ a b O'Keefe, Ed (April 2, 2011). "Government shutdown: Frequently asked questions". The Washington Post. 
  6. ^ Belopotosky, Danielle (April 8, 2011). "What a Government Shutdown Means for Travelers". The New York Times. 
  7. ^ Shear, Michael (April 7, 2011). "Will Members of Congress Get Paid in a Shutdown?". The New York Times. 
  8. ^ Kolawole, Emi (April 8, 2011). "Government shutdown 2011: Will I get paid? What will be open? What can I expect?". The Washington Post. 
  9. ^ Jouvenal, Justin (April 8, 2011). "Government shutdown could prove smelly for D.C." The Washington Post. 
  10. ^ "A Brief History Of Federal Government Shutdowns". Outside The Beltway. April 8, 2011. Diakses tanggal September 28, 2013. 
  11. ^ Matthews, Dylan (September 25, 2013). "Wonkblog: Here is every previous government shutdown, why they happened and how they ended". The Washington Post. Diakses tanggal September 29, 2013. 
  12. ^ Shutdown #18 Since the Modern Budget Process Was Established in 1974
  13. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama :0
  14. ^ Curry, Tom (29 September 2013). "Chances of averting government shutdown appear slim". NBC News. Diakses tanggal 1 October 2013. 
  15. ^ Parlapiano, Alicia; Yourish, Karen (January 19, 2018). "What Will Happen if the Government Remains Shut Down". The New York Times. 
  16. ^ Stolberg, Sheryl Gay; Kaplan, Thomas (2018). "Trump and Senators Scramble to Avoid Midnight Government Shutdown". The New York Times. Diakses tanggal January 20, 2018. 
  17. ^ "Approves Short-Term Spending Bill – H.R.195: To amend title 44, United States Code, to..." ProPublica (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal January 20, 2018. 
  18. ^ Fuller, Matt; Foley, Elise (February 9, 2018). "Congress Passes Massive Spending Deal, Ending Shutdown Before It Ever Really Started". Huffington Post. 
  19. ^ http://www.cnn.com/2018/02/07/politics/senate-announces-deal-budget-caps-agreement/index.html
  20. ^ Kaplan, Thomas (February 8, 2018). "Trump Signs Budget Deal to Raise Spending and Reopen Government". The New York Times. 
  21. ^ "Here's who the partial government shutdown affects". CNBC (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal December 24, 2018. 
  22. ^ "Government Shutdown Inevitable as Congress Adjourns Amid Border Wall Funding Impasse". 
  23. ^ a b c d Scheck, Tom (July 8, 2011). "Shutdown Day 8: All quiet as record book awaits". Minnesota Public Radio. 
  24. ^ "Tennessee Government in Partial Shutdown". Free Republic. Associated Press. July 1, 2002. 
  25. ^ "Minnesota Experiences Unprecedented Government Shutdown Due to a Budget Deadlock". OMB Watch. 6 (14). July 11, 2005. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 13, 2011. 
  26. ^ Richard C. Jones (July 7, 2006). "Deal on Sales Tax Ends Shutdown in New Jersey". New York Times. Diakses tanggal July 1, 2017. 
  27. ^ Nick Bunkley (October 1, 2007). "Michigan Government Shutdown Ends". New York Times. Diakses tanggal July 1, 2017. 
  28. ^ "Pa. State Agencies Back in Operation After Budget Deal Struck". 
  29. ^ "Central PA Local News –". Pennlive.com. Diakses tanggal September 27, 2013. [pranala nonaktif permanen]
  30. ^ Jonathan Oosting (October 6, 2013). "Government shutdown? Michigan has been there, done that and moved on". M-Live. Diakses tanggal July 1, 2017. 
  31. ^ Corasaniti, Nick (June 30, 2017). "New Jersey Government Shuts Down Over Budget Standoff" – via NYTimes.com. 
  32. ^ "It's a done deal: Christie will end state shutdown in time for July 4, sources say". 
  33. ^ "With no budget deal, Maine partially shuts its government". Boston Globe. Diakses tanggal July 1, 2017. 
  34. ^ "Budget Mess Hits Cultural Groups". The Buffalo News. February 7, 2005. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-10-09. Diakses tanggal 2013-10-02. 
  35. ^ "County Leaders Brace for Closings". The Buffalo News. February 21, 2005. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-10-09. Diakses tanggal 2013-10-02. 
  36. ^ "Services Shut Down as County Fails to Pay Up". The Buffalo News. July 3, 2005. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-10-09. Diakses tanggal 2013-10-02. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]


Kesalahan pengutipan: Ditemukan tag <ref> untuk kelompok bernama "note", tapi tidak ditemukan tag <references group="note"/> yang berkaitan