Pentungan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Pentungan adalah stik atau tongkat pemukul (bahasa Inggris: cudgel, baton, truncheon, nightstick, atau bludgeon), yaitu senjata yang paling sederhana yang biasanya terbuat dari kayu dan telah dipakai sejak dahulu kala hingga sekarang.

Kebanyakan pentungan berukuran kecil dan mudah diayunkan dengan satu tangan walaupun ada yang memakai dua tangan. Bermacam -macam pentungan dipakai di dalam seni bela diri termasuk militer.

Penegak hukum[sunting | sunting sumber]

Sekarang ini pentungan umum dipakai oleh para polisi dan dikenal sebagai "night stick" atau "baton".

Jenis-jenis[sunting | sunting sumber]

  • Aklys adalah pentungan yang terintegrasi dengan kulit thong yang digunakan untuk menarik kembali pentungan ke tangan pemukul setelah mumukul lawan. Daerah asal tidak diketahui, tetapi diketahui telah didopsi oleh Legiun Romawi.
  • Bat atau pemukul bola baseball sering dipakai sebagai senjata karena kesalahan orang mengiranya sebagai senjata (biasanya di negara-negara dimana olahraga baseball tidak populer). Bentuknya yang kecil dan lebih ringan membuatnya lebih mudah untuk digunakan.
  • Linggis juga sering dipakai sebagai senjata untuk memukul dan dapat dikategorikan sebagai pemukul tetapi karena ukurannya yang panjang maka linggis juga dikategorikan sebagai tongkat meskipun sebenarnya kegunaannya bukan sebagai senjata.
  • Batang besi (dalam bahasa Inggris: iron rod) terkenal karena dapat menangkis serangan pedang musuh dan melumpuhkan lawan tanpa membuat luka yang serius.
  • Mace senjata yang terbuat dari besi dengan kepala yang berat yang digunakan juga untuk memukul. Pada bagian kepala sering ditambahkan paku atau duri untuk melumpuhkan lawan. Senjata ini terkenal pada abad 200 SM saat belum ditemukan mesiu.

Selain itu masih banyak terdapat jenis pemukul lain seperti nula-nula dari Australia oslop dari Rusia.