Pengurus pemerintah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Pengurus Pemerintah atau Penata Usaha Pemerintah dalam praktik ketatanegaraan di beberapa negara Persemakmuran (seperti Australia)[1] adalah orang yang memenuhi peran yang sama dengan gubernur atau gubernur jenderal.

Pengurus Sementara[sunting | sunting sumber]

Biasanya jabatan administrator adalah penunjukan sementara, untuk periode di mana gubernur tidak mampu, di luar wilayah, atau tidak dapat melakukan tugasnya. Proses pemilihan administrator bervariasi dari satu negara ke negara lain.

Australia[sunting | sunting sumber]

Di Persemakmuran Australia , administrator biasanya disebut administrator Persemakmuran. Gubernur negara bagian memegang komisi yang tidak aktif dan menurut konvensi gubernur negara bagian yang paling lama menjabat menjadi administrator.

Di negara bagian Australia , administrator biasanya adalah hakim agung dari mahkamah agung negara bagian atau hakim agung berikutnya. Pada tahun 2001, Konstitusi Queensland diubah untuk mengembalikan jabatan letnan gubernur di negara bagian itu.

Kanada[sunting | sunting sumber]

Administrator pemerintah" di Kanada adalah praktik konstitusional di mana seseorang diberi wewenang untuk menjalankan fungsi kantor gubernur jenderal jika gubernur jenderal tidak mampu menjalankan tugas konstitusionalnya, atau jika posisi gubernur jenderal lowong. setelah pengunduran diri atau kematian. Ketentuan untuk memilih administrator pemerintah di Kanada diuraikan dalam Pasal VIII Surat Paten 1947 ; yang mengidentifikasi bahwa Ketua Mahkamah Agung Kanada mengambil peran sebagai administrator jika diperlukan. Dengan tidak adanya ketua hakim, Hakim senior Puisne dari Mahkamah Agung Kanada ditunjuk sebagai penyelenggara pemerintahan. Sebelum penandatanganan Surat Paten 1947 , administrator pemerintah ditunjuk langsung oleh raja. Seorang administrator pemerintahan tidak diperlukan jika seorang gubernur jenderal tidak hadir selama kurang dari 30 hari, dengan gubernur jenderal diberi wewenang untuk menunjuk seorang " wakil gubernur jenderal " untuk bertindak atas nama mereka. Richard Wagner adalah orang terakhir di Kanada yang ditunjuk sebagai "administrator pemerintah", yang dilantik pada 23 Januari 2021 setelah pengunduran diri Julie Payette , dan menjabat sampai peran gubernur jenderal diasumsikan

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The Administrator of the Commonwealth of Australia, Sir Guy Green sent the following message to HRH ..." Governer-General of the Commonwealth of Australia (dalam bahasa Inggris). 27 Maret 2012. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-04-27. Diakses tanggal 27 April 2018.