Pengkolrejo, Japah, Blora

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pengkolrejo
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Tengah
KabupatenBlora
KecamatanJapah
Kodepos
58257
Kode Kemendagri33.16.16.2010 Edit nilai pada Wikidata
Luas... km²
Jumlah penduduk... jiwa
Kepadatan... jiwa/km²

Pengkolrejo adalah desa di kecamatan Japah, Blora, Jawa Tengah, Indonesia.

Desa Pengkolrejo terletak di bagian tenggara kecamatan Japah. Sebelah Utara adalah kelurahan Wotbakah, sebelah timur kelurahan Tambahrejo, sebelah selatan Bogowanti Ngawen, dan Sebelah barat kelurahan Ngrambitan, Japah, Blora.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Desa Pengkolrejo di belah dengan sebuah sungai. Keberadaan sungai ini membagi desa Pengkolrejo dalam beberapa dusun diantaranya dusun Pengkolrejo, Jajar, Nggabeng, dan Karangjawa. Dan sebetulnya ini posisi yang strategis. Mengingat wilayah Blora adalah wilayah yang kering keberadaan sungai menjadi sangat penting bagi kehidupan warga desa Pengkolrejo.

Ekonomi[sunting | sunting sumber]

Mata pencaharian penduduk adalah petani. Sebagian besar menanam padi dengan sistem tadah hujan. Jadi setahun secara rata-rata hanya bisa panen sekali. Di samping itu tanaman yang di hasilkan antara lain cabai, jagung, kedelai, kacang hijau, kacang merah, dan singkong.

Sebagai mata pencaharian sampingan petani juga memelihara sapi. Dua sampai empat ekor setiap keluarga. Sapi ini juga digunakan untuk membajak/mengolah sawah mereka.

Salah satu kelebihan desa Pengkolrejo disamping jumlah penduduk yang besar adalah keberadaan pasar desa. Pasar ini buka setiap setiap hari pasaran Legi dan Pon. Nama hari pasaran berdasarkan penanggalan Jawa. Sehingga desa ini juga menjadi pusat perdagangan bagi desa disekitarnya.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Untuk pendidikan terdapat 2 TK,salah satunya yaitu TK AL HADI dan 3 SDN, yaitu SDN Pengkolrejo 1, 2, dan 3. Untuk melanjutkan SMP biasanya putra-putri dari desa Pengkolrejo melanjutkannya ke kota kecamatan Japah maupun Ngawen. Sementara untuk SMA bisa di SMAN 1 Ngawen maupun SMA/SMK di Blora.

Saat ini Blora telah menyumbangkan pebulu tangkis andalan Indonesia. Dialah Luluk Hadiyanto, pemain ganda putra Indonesia. Pada November 2007 dia masuk peringkat 2 ganda putra bersama Alvent Yulianto Chandra. Sementara ditingkat internasional memperoleh perigkat 9. Cukup membanggakan bagi warga Blora pada umumnya, dan kedua orangtuanya Sunarto dan Sulami pada khususnya, termasuk warga desa desa Pengkolrejo.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]