Penghargaan film

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Upacara Penghargaan Academy Awards ke-81

Penghargaan film adalah penghargaan sinematik yang dapat diberikan dalam beberapa kategori. Berbeda dengan festival film, penghargaan film tidak mempertunjukkan film yang bersaing di hadapan penonton umum. Biasanya, penghargaan film diberikan melalui sistem pemungutan suara tertutup dari kalangan ahli, dan jarang sekali melalui hasil diskusi yang melibatkan para juri.

Tiga penghargaan film paling bergengsi[sunting | sunting sumber]

Academy Awards[sunting | sunting sumber]

Academy Awards, popularly known as "Oscar" — penghargaan dari Akademi perfilman Amerika — adalah penghargaan paling terkenal dan bergengsi dalam industri perfilman, baik dalam negeri maupun internasional. Upacara penghargaan "Oscar" pertama kali diadakan pada tahun 1929. Kini, upacara Oscar disiarkan secara langsung di puluhan negara di seluruh dunia. Tidak seperti kebanyakan festival film, "Oscar" diberikan berdasarkan hasil pemungutan suara umum dari anggota Academy, dan bukan berdasarkan pilihan juri. Demokrasi seperti itu telah membawa banyak film pada popularitas yang memang layak, meskipun tidak memiliki elitisme.

Golden Globe Awards[sunting | sunting sumber]

Golden Globe Awards adalah salah satu penghargaan paling bergengsi di industri perfilman dan televisi, yang berusaha menawarkan pandangan independen tentang sinema Hollywood. Upacara penghargaan ini berlangsung di Los Angeles (AS).

Penghargaan film Amerika untuk film fiksi ilmiah, fantasi dan horor, juga dikenal sebagai penghargaan "Saturnus" (bahasa Inggris: Saturn Award), menikmati popularitas yang memang pantas di antara para penggemar fiksi ilmiah dalam film. Telah diberikan sejak tahun 1972 oleh para anggota Academy yang memberikan suara. Pendiri penghargaan ini adalah Dr. Donald A. Reed (1935-2001).

BAFTA Awards[sunting | sunting sumber]

British Academy of Film and Television Arts (BAFTA) adalah salah satu penghargaan paling bergengsi di Inggris, yang diselenggarakan di London setiap tahun pada pertengahan Februari. Untuk pertama kalinya penganugerahan penghargaan bagi sineas terbaik Inggris ini diadakan pada tahun 1947.[1][2] Dan jika saat itu hanya ada tiga nominasi, sekarang ada sembilan belas, dan empat penghargaan nominal khusus yang diberikan. Penghargaan BAFTA dan Golden Globe masing-masing memberikan penghormatan kepada karya-karya yang dihasilkan di industri perfilman dan televisi, dengan cakupan internasional yang luas. Penerima penghargaan Golden Globe dipilih oleh anggota Asosiasi Pers Asing Hollywood, sementara pemenang BAFTA dipilih oleh juri yang terdiri dari para ahli dalam industri tersebut. Kedua penghargaan ini dianggap sebagai persiapan awal bagi upacara Oscar, karena keputusan mereka dapat memengaruhi hasil akhir Oscar. Selain itu, BAFTA juga memberikan penghargaan dalam kategori seni dan televisi untuk anak-anak.

Penghargaan Empat Besar Kritikus[sunting | sunting sumber]

empat penghargaan kritikus film paling bergengsi yang dikenal sebagai "Empat Besar", yang termasuk di dalamnya;

Los Angeles Film Critics' Association[sunting | sunting sumber]

The Asosiasi Kritikus Film Los Angeles (LAFCA) adalah organisasi kritikus film Amerika yang didirikan pada tahun 1975, yang memberikan penghargaan kepada para anggota industri film yang berprestasi di bidangnya selama satu tahun kalender.[3]

National Board of Review[sunting | sunting sumber]

National Board of Review of Motion Pictures, dikenal sebagai National Board of Review (NBR) adalah organisasi nirlaba yang beranggotakan para penggemar film di New York City Penghargaannya, yang diumumkan pada awal Desember, dianggap sebagai pertanda awal musim penghargaan film yang berpuncak pada Academy Awards.[4]

National Society of Film Critics[sunting | sunting sumber]

National Society of Film Critics (NSFC) adalah sebuah organisasi kritikus film Amerika yang didirikan pada tahun 1966 di apartemen New York City oleh kritikus Saturday Review Hollis Alpert, salah satu dari beberapa kritikus film yang ikut mendirikan organisasi ini, yang ditolak keanggotaannya di New York Film Critics Circle karena organisasi ini lebih memilih kritikus yang bekerja untuk surat kabar utama. Organisasi ini dikenal dengan seleranya yang tinggi.[5]

New York Film Critics' Circle[sunting | sunting sumber]

New York Film Critics Circle (NYFCC) adalah sebuah organisasi kritikus film Amerika yang didirikan pada tahun 1935 oleh Wanda Hale dari Daily News New York. Keanggotaannya mencakup lebih dari 30 kritikus film dari surat kabar harian dan mingguan, majalah, dan publikasi online yang berbasis di New York.[6][7]

Penghargaan lainnya[sunting | sunting sumber]

Annie Awards[sunting | sunting sumber]

Annie Awards, dikenal sebagai "Annie", adalah upacara penghargaan tahunan di bidang animasi, yang diberikan oleh Asosiasi Film Animasi Internasional cabang Los Angeles, ASIFA-Hollywood, setiap tahun sejak 1972 untuk mengakui keunggulan dalam animasi yang ditayangkan di bioskop dan televisi. Awalnya dirancang untuk merayakan kontribusi seumur hidup atau karier dalam bidang animasi, penghargaan ini telah diberikan kepada karya-karya individu sejak tahun 1992..[8]

Golden Raspberry Awards[sunting | sunting sumber]

Golden Raspberry Awards, dikenal sebagai Razzies dan Razzie Awards, adalah upacara penghargaan parodi untuk menghormati pencapaian terburuk dalam bidang perfilman. Ini adalah upacara kebalikan dari Academy Awards.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Sir David Lean's Letter to the Academy". www.bafta.org (dalam bahasa Inggris). 2009-11-02. Diakses tanggal 2021-05-11. 
  2. ^ "BAFTA Awards". IMDb. Diakses tanggal 2021-05-11. 
  3. ^ "LAFCA". web.archive.org. 2015-12-02. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-12-02. Diakses tanggal 2022-07-17. 
  4. ^ Feinberg, Scott (2016-01-05). "National Board of Review Chief Responds to Claims of Favoritism and Murky Membership". The Hollywood Reporter (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-07-17. 
  5. ^ "'Inside Llewyn Davis' Dominates National Society of Film Critics Awards" (dalam bahasa Inggris). 2014-01-04. Diakses tanggal 2022-07-17. 
  6. ^ "About - New York Film Critics Circle - NYFCC" (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-07-17. 
  7. ^ Gerard, Jeremy (2015-10-15). "Print Outlets Shrink But NY Film Critics Circle Adds Six To Roster". Deadline (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-07-17. 
  8. ^ "History". ASIFA-Hollywood (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-07-17.