Penghargaan Pulitzer untuk Drama

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Hadiah Pulitzer
Gen pulitzer.jpg
Joseph Pulitzer    •    Pulitzer menurut tahun
Pemenang Pulitzer
Jurnalisme:
Sastra dan drama:
Hadiah lain:

Penghargaan Pulitzer untuk Drama adalah salah satu dati tujuh Penghargaan Pulitzer Amerika yang secara tahunan diberikan kepada Surat, Drama, dan Musik.

Penghargaan dan nominasi[sunting | sunting sumber]

Pada 98 tahun pertamanya sampai 2013, Penghargaan Pulitzer Drama dianugerahi 82 kali. Beberapa penghargaan dimenangkan oleh orang yang jumlahnya lebih dari satu untuk kolaborasi mereka, terutama lima orang pada 1976.[1]

* Bintang yang menandai pemenang Penghargaan Tony untuk Permainan Panggung Terbaik atau Musikal Terbaik tahunan.

1910an[sunting | sunting sumber]

1980s[sunting | sunting sumber]

1990an[sunting | sunting sumber]

2000an[sunting | sunting sumber]

2010an[sunting | sunting sumber]

Musikal[sunting | sunting sumber]

Delapan musikal memenangkan Penghargaan Pulitzer untuk Drama—-setidaknya satu kali per dekade dari 1930an sampai 2000an. Mereka adalah: Of Thee I Sing karya George dan Ira Gershwin (1932)¹, South Pacific karya Rodgers dan Hammerstein (1950), Fiorello! karya Bock & Harnick (1960), How to Succeed in Business Without Really Trying karya Frank Loesser (1962), A Chorus Line karya Marvin Hamlisch, Ed Kleban, James Kirkwood, dan Nicholas Dante (1976), Sunday in the Park with George karya Stephen Sondheim dan James Lapine (1985), Rent karya Jonathan Larson (1996), dan Next to Normal karya Brian Yorkey dan Tom Kitt (2010).

Of Thee I Sing, Sunday in the Park with George, dan Next to Normal adalah musikal yang memenangkan Penghargaan Pulitzer dan tidak memenangkan Penghargaan Tony untuk Musikal Terbaik. Namun, Of Thee I Sing dibuat ketika Penghargaan Tony belum ada, dan "Next to Normal" memenangkan Penghargaan Tony untuk Skor Asli Terbaik[4] dan Penghargaan Tony untuk Orkestra Terbaik.[5]

Selain itu, dua musikal dinominasikan pada Penghargaan Pulitzer untuk Drama. Keduanya adalah: In the Heights karya Lin-Manuel Miranda dan Quiara Alegría Hudes (2009) dan Fun Home karya Jeanine Tesori dan Lisa Kron (2014).

Pemenang berganda[sunting | sunting sumber]

Eugene O'Neill memenangkan Pulitzer untuk Drama empat kali, tiga kali pada 1920an. Beberapa orang menang dua atau tiga kali.

Penghargaan tersebut diberikan kepada lima orang pada 1976 untuk musikal A Chorus Line.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Drama". The Pulitzer Prizes (pulitzer.org). Diakses pada 2013-12-20.
  2. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama prize1917
  3. ^ Komite Pulitzer merekomendasikan Who's Afraid of Virginia Woolf? karya Edward Albee*, namun badan Pulitzer, yang memiliki keinginan tersendiri dalam pemberian penghargaan tersebut, menghiraukan rekomendasi tersebut, karena permainan tersebut mengandung unsur vulgar, dan penghargaan tersebut pun tidak diberikan.
      Klein, Alvin. "Albee's 'Tiny Alice,' The Whole Enchilada". The New York Times. 24 Mei 1998: CT11.
  4. ^ Penghargaan Tony untuk Skor Asli Terbaik#2000an
  5. ^ Penghargaan Tony untuk Orkestra Terbaik#2000an