Penghargaan Melodi Emas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Golden Melody Awards
Penghargaan terkini: Golden Melody Awards ke-27
DeskripsiTerbaik dalam produksi musik
NegaraTaiwan
Dipersembahkan olehKementerian Budaya (Republik Tiongkok)
HadiahPiala Golden Melody
Diberikan perdana1990
Situs webhttp://gma.tavis.tw/GM27/index.htm Sunting ini di Wikidata
Siaran televisi/radio
SaluranTaiwan Television

Golden Melody Awards (Hanzi sederhana: 金曲奖; Hanzi tradisional: 金曲獎; Pinyin: Jīn Qǔ Jiǎng) adalah sebuah penghargaan musik Taiwan tahunan, yang didirikan pada 1990, yang dipersembahkan oleh Kementerian Budaya (Republik Tiongkok). Penghargaan tersebut biasanya dipersembahkan pada bulan Mei, Juni atau Juli setiap tahun dan dipersembahkan untuk musik dalam bahasa Mandarin, Taiwan, Hakka, dan rumpun bahasa Formosa. Di Taiwan, penghargaan tersebut setara dengan Grammy Awards. Penghargaan tersebut juga merupakan salah satu dari tiga penghargaan tahunan utama yang dipersembahkan di Taiwan bersama dengan Golden Bell Awards untuk produksi televisi dan Golden Horse Film Festival and Awards untuk perfilman.

Terdapat dua arus kategori utama: Kategori Musik Populer (流行音樂作品類) dan Kategori Musik Tradisional (傳統暨藝術音樂作品類) dan dipersembahkan di acara terpisah.

Acara tersebut pertama kali disiarkan pada Azio TV (東風衛視) dari 2002 sampai 2009. Sejak 2010, acara tersebut disiarkan di Taiwan Television (TTV) (台視), kecuali 2013, saat acara tersebut disiarkan di SET Metro (三立都會台).

Catatan[sunting | sunting sumber]


Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Golden Melody Awards