Penghargaan Ian Charleson

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Ian Charleson Awards adalah penghargaan teater yang memberikan apresiasi terhadap penampilan terbaik oleh aktor di bawah usia 30 dalam pertunjukan drama klasik di Britania. Penghargaan ini dinamakan untuk mengenang aktor Inggris terkemuka Ian Charleson, dan diselenggarakan oleh surat kabar Sunday Times dan National Theatre. Penghargaan ini dibentuk pada tahun 1990 setelah meninggalnya Charleson, dan telah digelar tiap tahun sejak saat itu. Kritikus teater Sunday Times, John Peter menginisiasi pendirian penghargaan ini, terutama untuk mengenang penampilan mengagumkan Charleson dalam Hamlet sesaat sebelum kematiannya.[1][2] Pemenang penghargaan ini menerima hadiah tunai, begitu juga untuk peringkat kedua dan ketiga.

Definisi dari drama teater klasik yang dianut penghargaan ini adalah drama yang ditulis sebelum tahun 1918. Penghargaan untuk penampilan tahun sebelumnya diberikan pada tahun berikutnya. Penghargaan untuk tahun 2016 diberikan pada 5 Juni 2017 dengan Paapa Essiedu sebagai pemenang.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Peter, John. "Stairway to success". Sunday Times. 20 June 2010.
  2. ^ Peter, John. "John Peter announces the fourth Sunday Times–Royal National Theatre Ian Charleson Awards for young actors". Sunday Times. 30 January 1994. (Online reprint: [1]).