Penghargaan Fantasi Dunia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
World Fantasy Award
Diberikan kepadaBest fantasy works of the previous year
Pertama diberikan1975
Situs web resmiworldfantasy.org

Penghargaan Dunia Fantasi adalah seperangkat penghargaan yang diberikan setiap tahun untuk yang terbaik fiksi fantasi diterbitkan selama tahun kalender sebelumnya. Diorganisir dan diawasi oleh World Fantasy Convention, penghargaan diberikan setiap tahun di konvensi tahunan eponymous sebagai fokus utama dari acara tersebut. Mereka pertama kali diberikan pada tahun 1975, di Konvensi Fantasi Dunia pertama, dan telah diberikan penghargaan setiap tahun sejak itu. Selama bertahun-tahun setelah penghargaan diberikan, kategori yang disajikan telah berubah; Saat ini Penghargaan Fantasi Dunia diberikan dalam lima kategori tertulis, satu kategori untuk seniman, dan empat kategori khusus bagi individu untuk menghormati pekerjaan umum mereka di bidang fantasi.

Penghargaan tersebut telah dijelaskan oleh para kritikus buku seperti The Guardian sebagai "Penghargaan fantasi bergengsi", dan salah satu dari tiga penghargaan fiksi spekulatif paling bergengsi , bersama dengan Hugo dan Penghargaan Nebula (yang mencakup fiksi fantasi dan fiksi ilmiah). Nominasi dan pemenang World Fantasy Award ditentukan oleh peserta konvensi dan panel juri, biasanya terdiri dari penulis fantasi. Pemenang menerima piala kecil; melalui penghargaan 2015 itu adalah patung H. P. Lovecraft yang dirancang oleh kartunis Gahan Wilson. Patung itu dihentikan setelah tahun itu di tengah keluhan tentang sejarah rasisme Lovecraft; patung baru yang dirancang oleh Vincent Villafranca yang menggambarkan sebuah pohon di depan bulan purnama dirilis pada tahun 2017. Penghargaan 2018 diberikan pada Konvensi Fantasi Dunia ke-44 di Baltimore, Maryland, pada tanggal 4 November 2018, dan penghargaan 2019 akan disajikan di Konvensi Fantasi Dunia ke-45 di Los Angeles, California, pada 3 November 2019.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

World Travel Awards Fantasy didirikan pada pertama Dunia Fantasi Konvensi , konvensi tahunan para profesional, kolektor, dan lain-lain tertarik di bidang fantasi , menyatakan bahwa tahun pertama dalam penulis horor H. P. Lovecraft di kota kelahirannya Providence, Rhode Island pada tahun 1975 sebagai pemenang. Ia diberikan piala dalam bentuk patung karikatur Lovecraft memanjang yang dirancang oleh kartunis Gahan Wilson, dijuluki "Howard", yang cocok dengan tema konvensi pertama, "The Lovecraft Circle".[1] Seperti yang dinyatakan oleh Wilson dalam First World Fantasy Awards: An Anthology of the Fantastic, "Poin dari penghargaan ini ialah mudah-mudahan akan memberikan tanda yang dapat dilihat, berpotensi, dapat digunakan. Penghargaan ini diberikan kepada penulis yang bekerja di bidang sastra yang begitu fantastis, bidang yang terlalu sering menerima perbedaan dengan remunerasi keuangan yang rendah dan ketidakpedulian terhadap penulis."[2]

Pada awal penghargaan pada tahun 1975, tujuh kategori disajikan: Novel Terbaik, Fiksi Pendek Terbaik, Koleksi Terbaik, Artis Terbaik, Penghargaan Spesial — Profesional, Penghargaan Khusus — Non-profesional, dan Life Achievement. Hanya beberapa kategori yang telah berubah sejak saat itu, dan tidak ada perubahan yang dilakukan pada aturan. 1978 melihat penambahan Award Konvensi, penghargaan khusus yang diberikan untuk kontribusi umum untuk genre, dan satu-satunya penghargaan yang tidak diberikan setiap tahun sejak awal. Penghargaan Fiksi Pendek dipecah menjadi penghargaan Cerita Pendek dan Novella pada tahun 1982, dan pada tahun 1988 antologi multi-penulis, yang sebelumnya memenuhi syarat untuk penghargaan Koleksi, dipecah menjadi kategori Antologi Terbaik mereka sendiri. Tidak ada perubahan sejak itu.[3] Pemenang akan diberikan patung H. P. Lovecraft melalui penghargaan 2015; pada upacara itu para presenter mengumumkan bahwa upacara di masa depan tidak akan lagi menggunakan trofi. Meskipun kontroversi muncul dalam beberapa tahun terakhir tentang sejarah rasisme Lovecraft, tidak ada alasan yang jelas untuk perubahan itu.[4] Patung baru, yang dirancang oleh Vincent Villafranca , diumumkan pada April 2017 untuk digunakan pada penghargaan 2016 pada. Penghargaan baru, yang menggambarkan pohon di depan bulan purnama, dimaksudkan untuk membangkitkan penggunaan pohon dan pencitraan malam dalam mitologi, fantasi, dan karya horor[5]

Administrasi[sunting | sunting sumber]

Nominasi dan pemenang World Fantasy Award ditentukan oleh para juri dan peserta Konvensi Fantasi Dunia. Sebuah surat suara dipasang pada bulan Juni untuk para peserta dari dua konferensi saat ini dan sebelumnya untuk menentukan dua finalis, dengan dua nominasi yang paling banyak dipilih, dan satu panel yang terdiri dari lima hakim menambahkan tiga atau lebih calon sebelum memberikan suara untuk pemenang keseluruhan.[6][7] Panel juri biasanya terdiri dari penulis fantasi, serta profesional fantasi lainnya[8] dan dipilih setiap tahun oleh Administrasi Penghargaan Fantasi Dunia, yang memiliki kekuatan untuk memutuskan hubungan jika para juri memiliki buntu.[9] dan dipilih setiap tahun oleh Administrasi Penghargaan Fantasi Dunia, yang memiliki kekuatan untuk memutuskan hubungan jika para juri memiliki buntu. Administrasi penghargaan adalah subkelompok dari World Fantasy Convention Board, yang memilih situs untuk Konvensi Fantasi Dunia mendatang. Baik dewan dan panel juri sebagian besar terdiri dari para profesional di bidang fantasi.[10] Para juri untuk penghargaan 2014, misalnya, adalah penulis Andy Duncan, Kij Johnson, Oliver Johnson, dan Liz Williams , dan editor John Klima

Para nominasi diumumkan pada bulan Juli, dan hasil akhirnya dipresentasikan di World Fantasy Convention sekitar akhir Oktober. Life Achievement dan Convention Awards tidak mencantumkan nominasi, dan sebaliknya telah mengumumkan pemenang bersama dengan nominasi kategori lainnya.[11] Pemenang Life Achievement diputuskan oleh panel juri, sementara pemenang penghargaan Konvensi, tidak diberikan setiap tahun, dipilih oleh penyelenggara konvensi.[12] Konvensi Dunia Fantasi itu sendiri adalah acara multi-hari dengan beberapa ratus peserta yang berlangsung di kota yang berbeda setiap tahun, biasanya di Amerika Serikat tetapi kadang-kadang di Kanada atau Inggris. Selain upacara penghargaan, konvensi tersebut meliputi pertunjukan seni, ruang dealer, resepsi tanda tangan, dan berbagai panel dan diskusi.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Wilson, Gahan (1977). First world fantasy awards. Internet Archive. Garden City, N.Y. : Doubleday. 
  2. ^ "sfadb : World Fantasy Awards". web.archive.org. 2016-03-06. Diakses tanggal 2020-02-17. 
  3. ^ "sfadb : World Fantasy Awards". web.archive.org. 2016-03-06. Diakses tanggal 2020-02-17. 
  4. ^ "World Fantasy award drops HP Lovecraft as prize image | Books | The Guardian". web.archive.org. 2015-11-18. Diakses tanggal 2020-02-17. 
  5. ^ "World Fantasy Awards Administration". www.arctera.com. Diakses tanggal 2020-02-17. 
  6. ^ "World Fantasy award drops HP Lovecraft as prize image | Books | The Guardian". web.archive.org. 2015-11-18. Diakses tanggal 2020-02-17. 
  7. ^ "World Fantasy Award Judges". web.archive.org. 2013-01-13. Diakses tanggal 2020-02-17. 
  8. ^ "The Coming of the Great Old Ones: A Statistical Look at the World Fantasy Awards for Best Novel | Tor.com". web.archive.org. 2013-08-22. Diakses tanggal 2020-02-17. 
  9. ^ "The Coming of the Great Old Ones: A Statistical Look at the World Fantasy Awards for Best Novel | Tor.com". web.archive.org. 2013-08-22. Diakses tanggal 2020-02-17. 
  10. ^ "World Fantasy Convention Board". web.archive.org. 1999-09-30. Diakses tanggal 2020-02-17. 
  11. ^ "World Fantasy Award Judges". web.archive.org. 2013-01-13. Diakses tanggal 2020-02-17. 
  12. ^ "World Fantasy Convention Board Requirements". web.archive.org. 1999-09-30. Diakses tanggal 2020-02-17.