Penghapus uli

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Dua buah penghapus uli. Penghapus yang lebih baru ada di sebelah kiri, dan penghapus yang lebih lama di sebelah kanan. Penghapus yang lama berwana lebih gelap karena partikel grafit dan arang yang telah banyak terserap ke dalam penghapus.
Penghapus uli sering digunakan untuk menghapus goresan tipis grafit atau arang dengan mendetail

Penghapus uli (bahasa Inggris: kneaded eraser), juga dikenal sebagai karet dempul, adalah penghapus yang banyak dipakai sebagai salah satu alat menggambar. Berbeda dengan penghapus karet biasa yang cenderung keras, penghapus uli memiliki tekstur yang lebih lentur dan bisa diubah bentuknya. Penghapus uli biasanya terbuat dari bahan lentur berwarna abu-abu atau putih seperti karet (walaupun dijual juga dalam berbagai warna) dan memiliki tekstur menyerupai dempul atau permen karet. Penghapus ini bekerja dengan cara menyerap dan "mengambil" partikel grafit dan arang, karbon, pensil warna, atau pastel.[1] Penghapus ini tidak luntur atau meninggalkan residu penghapus seperti penghapus karet biasa, sehingga bertahan lebih lama daripada penghapus lainnya.

Penghapus uli dapat dibentuk dengan tangan untuk menghapus secara presisi, membuat sorotan, atau melakukan pekerjaan yang mendetail. Penghapus ini biasanya digunakan untuk menghilangkan tanda arang ringan atau grafit dan dalam teknik menggambar subtraktif. Namun, penghapus ini tidak cocok untuk sepenuhnya menghapus area yang luas. Penghapus uli bisa luntur atau lengket jika ditaruh di tempat yang terlalu hangat atau terkena panas. Meskipun penghapus uli tidak aus seperti penghapus biasa, penghapus ini memiliki titik jenuh saat tidak dapat menyerap grafit atau arang lagi. Jika penghapus sudah mencapai batas daya serapnya, penghapus uli akan meninggalkan bekas grafit atau arang di kertas saat dipakai untuk menghapus.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Wolf, Rachel Rubin (1991). Basic Drawing Techniques. North Light Books. ISBN 978-0-89134-388-2.