Pengganti susu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Pengganti susu adalah cairan yang menggantikan susu dalam asupan pangan manusia. Dalam definisi, susu hanya eksklusif pada cairan yang dikeluarkan oleh kelenjar susu hewan mamalia, sehingga bahan pengganti susu tidak boleh disebut susu. Misal sari kacang kedelai.

Alasan penggunaan pengganti susu adalah intoleransi laktosa atau alergi susu yang tidak mengizinkan penderitanya mengkonsumsi susu, atau orang tersebut sedang menjalani hidup veganisme. Pengganti susu dipasarkan sebagai produk kesehatan karena rendah lemak dan tidak mengandung kolesterol, tetapi minim vitamin dan mineral sehingga berbagai produsen memperkayanya untuk menjadi setara secara nutrisi dengan susu.[1][2] Meski demikian, beberapa jenis minuman pengganti susu mengandung nutrisi yang tidak ada pada susu. Misal minuman sari biji hemp mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6.[butuh rujukan] Susu murni tidak memiliki nutrisi tersebut.

Pengganti susu dapat dibuat dari serealia, serealia semu, maupun kacang-kacangan.

Jenis minuman pengganti susu[sunting | sunting sumber]

Pemrosesan minuman pengganti susu menjadi produk susu[sunting | sunting sumber]

Pemrosesan minuman penganti susu menjadi produk lain yang setara dengan produk susu membutuhkan metode manufaktur yang berbeda. Minuman pengganti susu harus diproses dengan hidrogenasi secara parsial, dicampur dengan pengemulsi, agar memiliki konsistensi dan tekstur yang sama dengan es krim dari susu.[3]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ What are the health benefits of soy?, Dietitians of Canada. (September 2010). http://www.dietitians.ca. Retrieved November 8, 2010.
  2. ^ What is Rice Milk and is Rice Milk Good for You?, FitDay. Retrieved November 8, 2011.
  3. ^ Doris E. Pitz. Lactose-Free Synthetic Ice Cream. United States Patent No: 2,643,90, February 17, 1987. http://patft.uspto.gov Diarsipkan 2012-10-19 di Wayback Machine.. Retrieved November 8, 2011.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]