Pengeras suara komputer

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Sepasang pengeras suara komputer yang daya dan suaranya dihubungkan lewat USB

Pengeras suara komputer (bahasa Inggris: computer speaker atau multimedia speaker) adalah perangkat pengeras suara eksternal yang digunakan untuk komputer. Biasanya perangkat ini dilengkapi penguat berdaya listrik rendah. Koneksi standarnya menggunakan konektor 3,5 mm dan biasanya berwarna hijau muda (mengikuti standar kartu suara pada komputer). Beberapa juga menggunakan konektor RCA untuk masukannya. Ada pula pengeras suara komputer yang dihubungkan ke komputer lewat USB. Pengeras suara komputer pertama kali diperkenalkan oleh Altec Lansing pada tahun 1990.[1]

Pengeras suara komputer memiliki beragam kualitas dan harga. Pengeras suara komputer sering kali berbahan dasar plastik dan memiliki kualitas suara yang biasa-biasa saja. Beberapa pengeras suara komputer juga memiliki fitur pengaturan bass dan treble.

Pengeras suara komputer sering kali dilengkapi penguat internal yang membutuhkan sumber daya eksternal, biasanya berupa adaptor AC. Pengeras suara komputer yang lebih canggih memiliki subwoofer untuk meningkatkan keluaran bass.

Beberapa Monitor komputer memiliki Laptop biasanya dilengkapi pengeras suara yang telah terintegrasi. Tetapi dengan ruang yang terbatas, pengeras suara pada laptop biasanya mengeluarkan suara berkualitas rendah.

Fitur standar[sunting | sunting sumber]

Ikon yang biasa digunakan untuk mewakili pengeras suara

Fitur-fitur dalam pengeras suara komputer bervariasi tergantung produsennya. Tapi ada beberapa fitur standar yang biasanya ada sebagai berikut.

  • Indikator daya LED.
  • Lubang headphone 3,5 mm.
  • Pengatur volume, terkadang juga dilengkapi pengatur bass dan treble.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ http://www.alteclansing.com/legacy/