Lompat ke isi

Pengekstrak sari

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Mesin jus listrik mengempar

Pengekstrak sari atau mesin jus (bahasa Inggris: juicer) adalah alat yang digunakan untuk mengekstrak jus dari buah-buahan, rempah daun, sayuran hijau dan jenis sayuran lainnya dalam proses yang disebut jus.[1] Alat ini menghancurkan, menggiling, dan/atau memeras jus dari ampasnya.[2]

Beberapa jenis pengekstrak jus juga bisa berfungsi sebagai penghalus makanan.[3] Sebagian besar gigi kembar dan pengunyah pengekstrak sari horizontal memiliki perlengkapan untuk menghancurkan bumbu dan rempah-rempah, mengekstrusi pasta, mi, atau stik roti, membuat makanan bayi dan selai kacang, menggiling kopi, membuat susu kacang, dll.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "juicer : Encyclopedia : Food Network". www.foodterms.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-05-25. Diakses tanggal 13 January 2017. 
  2. ^ "Cold Press vs. Traditional: Which Juicer Should You Buy?". The Huffington Post. 8 February 2013. Diakses tanggal 13 January 2017. 
  3. ^ Farrell, Mary H J (28 August 2014). "You don't need a juicer to make juice". Consumer Reports. Diakses tanggal 28 May 2019.