Pengeboman presisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pengeboman presisi dari markas besar Gestapo di Shellhus, Kopenhagen, Denmark pada bulan Maret 1945. Pesawat De Havilland Mosquito bergegas meninggalkan lokasi setelah melakukan pengeboman, terlihat sangat ekstrim, kiri-tengah.

Pengeboman presisi mengacu pada usaha pengeboman udara terhadap target dengan tingkat akurasi tertentu, dengan tujuan untuk memaksimalkan kerusakan target atau membatasi kerusakan tambahan.[1] Misalnya, pengeboman satu bangunan di daerah perkotaan yang padat penduduk diusahakan hanya menyebabkan kerusakan minimal terhadap lingkungan di sekitarnya. Pengeboman presisi pada awalnya dilakukan baik oleh pihak Sekutu maupun Poros selama Perang Dunia I, namun ternyata tidak efektif karena teknologinya pada saat itu belum mumpuni untuk mencapai keakuratan seperti yang diinginkan. Oleh karena itu, angkatan udara beralih ke pengeboman wilayah yang menewaskan banyak warga sipil.[2]

Sejak masa perang, pengembangan dan adopsi amunisi berpandu presisi telah sangat meningkatkan keakuratan pengeboman udara. Karena akurasi yang dicapai dalam pengeboman tergantung pada teknologi yang tersedia, maka tingkat "keakuratan" pengeboman presisi relatif terhadap periode waktu.

Presisi selalu diakui sebagai atribut penting dalam pengembangan senjata. Ahli teori militer, ahli strategi, dan sejarawan terkenal Mayor Jenderal J. F. C. Fuller, menganggap "ketepatan sasaran" sebagai salah satu dari lima atribut persenjataan yang dapat dikenali, bersama dengan berbagai aksi, kekuatan serangan, volume tembakan, dan portabilitas.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Drone warfare: The death of precision". Bulletin of the Atomic Scientists (dalam bahasa Inggris). 2017-05-11. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-10-11. Diakses tanggal 2018-01-15. 
  2. ^ The following is an abridged transcript of a speech given by Dr. Richard P. Hamilton, SES, at Eglin AFB, for the USAF Air Armament Summit, on 26 May 1999.: Artikel ini berisi bahan berstatus domain umum dari Pemerintah Amerika Serikat dokumen "http://www.airforcehistory.hq.af.mil/EARS/Hallionpapers/precisionweaponspower.htm".