Pengeboman Nasiriyah 2003

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pengeboman Carabinieri Nasiriyah
Setelah serangan
LokasiNasiriyah, Irak
Tanggal12 November 2003
SasaranKantor polisi militer Italia
Jenis serangan
Pengeboman bunuh diri
Korban tewas
17 tentara Italia[1]
2 warga sipil Italia
9 warga sipil Irak
Korban luka
103 (termasuk 19 tentara Italia)
PelakuJama'at al-Tawhid wal-Jihad

Pengeboman Nasiriyah 2003 adalah sebuah serangan bunuh diri terhadap kantor pusat polisi militer Italia di Nasiriyah, Irak, di selatan Baghdad tanggal 12 November 2003.

Awal[sunting | sunting sumber]

Sebelum invasi AS ke Irak tahun 2003, kantor pusat Carabinieri yang baru adalah Kamar Dagang Nasiriyah, sebuah bangunan bertingkat tiga dekat Sungai Eufrat. Pasukan pertama AS yang menduduki gedung ini adalah Marinir dari 15th Marine Expeditionary Unit, yang dibantu oleh reservis dari 2nd Battalion 25th Marines.

Tanggal 19 Juli 2003, Marinir di Nasiriyah digantikan oleh anggota Carabinieri dan pasukan Italia.

Serangan[sunting | sunting sumber]

Pelaku pertama menembak pada pos polisi di jalan utama ke kantor pusat Italia. Polisi membalas tembakan, tetapi tidak mampu menghadang serangan. Ketika polisi menyebar, para pemberontak memindahkan penghadang jalan dan truk tanker yang dilengkapi peledak diledakkan di sebelah gedung bertingkat tiga ini dan meruntuhkan bagian depannya. Ledakan besar ini juga mengenai rumah-rumah di sekitarnya. Sedikitnya 28 orang tewas, termasuk 17 carabinieri Italia, dua warga sipil Italia, dan sembilan warga sipil Irak. Lebih dari 100 orang luka-luka, termasuk 19 tentara Italia.

Akhir[sunting | sunting sumber]

Serangan ini adalah insiden terburuk yang melibatkan tentara Italia sejak Operasi Mengembalikan Harapan di Somalia dan jumlah korban tentara Italia terbanyak sejak Perang Dunia II. Serangan ini membuat Italia terkejut dan menggelar tiga hari berdukacita. Para tentara diberikan pemakaman resmi.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Lihat Pula[sunting | sunting sumber]