Pengawasuaraan (hewan)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Pengawasuaraan atau devokalisasi (juga dikenali sebagai ventrikulokordektomi atau kordektomi suara dan ketika dilakukan terhadap anjing umumnya dikenali sebagai pengawagonggongan, pengawasalakan (Inggris: debarking atau pelembutan gonggong) adalah tata cara pembedahan yang dilakukan terhadap anjing dan kucing,[1] yang melibatkan jaringan yang dihilangkan dari pita suara binatang untuk mengurangkan tingkat kenyaringan penyuaraannya (vokalisasi) secara permanen.

Indikasi dan kontraindikasi[sunting | sunting sumber]

Pengawasuaraan biasanya dilakukan atas permintaan pemilik hewan (ketika prosedur itu diizinkan secara hukum). Prosedur tersebut dapat diminta secara paksa sebagai hasil perintah pengadilan. Pemilik hewan atau peternak biasanya meminta prosedur tersebut karena penyuaraan (vokalisasi) hewan yang berlebihan, keluhan tetangga, atau sebagai alternatif eutanasia karena perintah pengadilan.

Kontraindikasi meliputi reaksi negatif terhadap anestesi, jangkitan (infeksi), perdarahan, dan kesakitan. Ada juga kemungkinan jaringan yang dihilangkan dapat tumbuh kembali, atau jaringan parut menyumbat tenggorok. Keduanya memerlukan pembedahan lebih lanjut, walaupun dengan teknik insisi, risiko fibriosis hampir dihilangkan.[2]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Devocalization fact sheet" (PDF). Humane Society Veterinary Medical Association. Diakses tanggal 2 Mei 2013. 
  2. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama mushing

Pranala luar[sunting | sunting sumber]