Pengarsipan pribadi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Pengarsipan pribadi adalah salah satu cabang dalam ilmu kearsipan dan genealogi, dengan fokus pada pengumpulan dan pelestarian makalah atau hasil dokumentasi pribadi lainnya, umumnya oleh individu yang bersangkutan. Hal ini sering berkaitan dengan sejarah keluarga; sejarawan keluarga terlibat dalam pengumpulan sejarah hidup mereka sendiri untuk kemudian menjadi warisan bagi generasi mendatang.[1] Cabang sejarah keluarga ini juga berkaitan dengan kegiatan-kegiatan seperti pemindaian foto dan catatan yang berupaya untuk melestarikan materi di luar kehidupan aslinya.

Pengarsipan pribadi yang modern sering berkaitan dengan pelestarian digital, terutama dalam hal menyusun konten pribadi dari situs web media sosial dan memastikan pelestarian jangka panjangnya. Hal ini juga sering berkaitan dengan pemindahan konten digital, sebagai alat pelestarian, bukan kegiatan pelestarian tradisional yang berdasarkan catatan kertas.[2]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Barratt, Nick. Nick Barratt's guide to your ancestors lives. hlm. 272. ISBN 1-84884-056-X. 
  2. ^ "Why everyone has to be a historian in the digital age". BBC. 2010-09-17. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-11-19. Diakses tanggal 2012-11-19.