Transportasi di Mongolia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Pengangkutan di Mongolia)
Feri kabel melintasi sungai Selenge, di Khövsgöl aimag

Sistem transportasi di Mongolia terdiri dari jaringan kereta api, jalan, saluran air, dan bandara.

Jalur kereta api[sunting | sunting sumber]

Jalur kereta api Trans-Mongolia menghubungkan jalur kereta api Trans-Siberia dari Ulan Ude di Rusia ke Erenhot dan Beijing di Cina melalui ibukota Ulan Bator. Bagian Mongolia pada jalur ini memiliki panjang sekitar 1.110 km.[1] Sebuah jalur tambahan menghubungkan Darkhan ke tambang tembaga Erdenet, jalur tambahan lainnya menghubungkan Ulanbator dengan tambang batubara Baganuur.

Jalur kereta api terpisah berada di timur negara antara Choibalsan dan Trans-Siberia di Borzya. Namun, jalur itu tertutup bagi penumpang di luar kota Mongolia Chuluunkhoroot.[2] Untuk transportasi domestik, kereta harian beroperasi dari Ulanbator ke Darkhan, Sukhbaatar, dan Erdenet, serta Zamyn-Üüd, Choir, dan Sainshand. Mongolia menggunakan rel 1.520 mm (4 ft 11+2732 in) (trek Rusia). Total panjang sistem ini adalah 1.810 km.[3] Pada tahun 2007, transportasi kereta api membawa 93% barang Mongolia dan 43% perpindahan penumpang (masing-masing dalam ton*km dan penumpang*km).[4]

Jalan raya[sunting | sunting sumber]

Pada 2007, hanya sekitar 2.600 km dari jaringan jalan Mongolia yang telah diaspal. 3.900 km lainnya berkerikil atau sedikit lebih baik. Jaringan jalan beraspal ini diperluas menjadi 4.800 km di 2013, dengan 1.800 km selesai pada 2014.[5] Ini termasuk jalan dari Ulan Bator ke perbatasan Rusia dan Cina, jalan beraspal dari Ulanbator ke Kharkhorin dan Bayankhongor, jalan lain menuju selatan ke Mandalgovi, dan jalan sebagian paralel dari Lün ke Dashinchilen, serta jalan dari Darkhan ke Bulgan melalui Erdenet. Sebagian besar jaringan jalan resmi Mongolia, sekitar 40.000 km, adalah trek lintas negara yang sederhana.[6][7]

Konstruksi sedang berlangsung di jalan timur-barat (yang disebut Jalan Milenium) yang menggabungkan jalan dari Ulanbator ke Arvaikheer dan pada perpanjangan jalan Darkhan-Bulgan di luar Bulgan.[8] Perusahaan bus dan minibus swasta menawarkan layanan dari Ulanbator ke sebagian besar pusat tujuan.[9]

Pada bulan September dan Desember 2014 jalan yang menghubungkan kota Dalanzadgad di Provinsi Ömnögovi dan kota Mörön di provinsi Khuvsgul dengan ibu kota Ulanbator telah selesai.[10]

Bus[sunting | sunting sumber]

Bus adalah moda transportasi umum utama di Ulanbator. Tidak ada tabel waktu yang ditentukan, tetapi bus-bus berhenti di sekitar 15 menit. Bus beroperasi antara jam 7:00 dan 10:00 malam. Pada Juli 2013, Layanan Transportasi Perkotaan Ulanbator dengan Bandara Internasional Chinggis Khaan meluncurkan bus ekspres yang menghubungkan bandara dan pusat kota. Namun, layanan dihentikan pada September 2013 untuk periode yang tidak diketahui.[11] Ada transportasi antara kota-kota Mongolia yang menawarkan bus-bus dari semua ukuran dari minivan ke bus-bus besar (biasanya hingga 45 kursi). Pemerintah pusat dan kota mengatur sistem yang luas dari penyedia angkutan pribadi yang mengoperasikan banyak jalur bus di sekitar kota. Ada juga sistem bis listrik Ulanbator. Tenuun Ogoo LLC, Erdem trans LLC dan Sutain Buyant LLC adalah 3 operator bus swasta utama.

Taksi[sunting | sunting sumber]

Ada beberapa perusahaan taksi berlisensi seperti taksi Ulanbator (1991),[12] taksi Noyon (1950),[13] taksi Telecom (1109),[14] taksi 1616 (1616)[15] dan iTaxi [16] beroperasi di Ulanbator. Ada beberapa perusahaan taksi lokal di kota-kota kecil seperti Darkhan, Erdenet, Baganuur dan Zuunmod. Dan ada banyak pengemudi dengan mobil pribadi tanpa izin yang bertindak sebagai taksi.

Tarif tipikal adalah MNT 700-800 per kilometer. Supir taksi cenderung meminta lebih banyak terutama jika kliennya adalah warga negara asing. Namun, banyak taksi tidak resmi menggunakan platform "EasyRide"[17] untuk menerima pesanan, yang juga tersedia dalam bahasa Inggris. Taksi resmi dengan tanda yang tepat diizinkan untuk mengemudi tanpa batasan nomor plat di jalur pertama jalan tengah Ulanbator yang biasanya disediakan untuk angkutan umum besar seperti bus dan bus troli mulai Oktober 2013.[18]

Transportasi air[sunting | sunting sumber]

Mongolia memiliki 580 km jalur air, tetapi hanya Danau Khövsgöl yang banyak digunakan. Sungai Selenge (270 km) dan Orkhon (175 km) bisa dilayari tetapi membawa sedikit lalu lintas, meskipun perahu bea cukai berpatroli di Selenge ke perbatasan Rusia. Danau Khovsgol memiliki kapal sewaan untuk wisatawan.[19] Danau dan sungai membeku di musim dingin dan biasanya terbuka antara Mei dan September.

Transportasi udara[sunting | sunting sumber]

Pada 2012, sebagian besar bandara di 21 provinsi Mongolia memiliki landasan pacu. Bandara yang paling dekat dengan Ulanbator tidak memiliki layanan udara terjadwal.

Bandara Internasional Chinggis Khaan di luar Ulanbator adalah bandara utama di Mongolia yang menawarkan penerbangan internasional. Bandara Choibalsan memiliki status internasional dan penerbangan ke kota-kota Cina Hailar, Erenhot dan Manzhouli.

Pada 2013, maskapai penerbangan domestik seperti MIAT Mongolian Airlines, Eznis Airways (tiba-tiba menghentikan operasinya pada 22 Mei 2014 [20] ) Aero Mongolia, Hunnu Air serta maskapai internasional seperti Aeroflot, Korean Air, Air China, dan Turkish Airlines menawarkan layanan terjadwal. Maskapai penerbangan domestik kecuali MIAT Mongolian Airlines menyediakan layanan reguler antara Ulanbator dan pusat tujuan. Penerbangan domestik dioperasikan menggunakan pesawat Fokker 50, Airbus 319 dan Bombardier Q400.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Montsame News Agency. Mongolia. 2006,
  2. ^ Lonely Planet Mongolia: Choibalsan transport
  3. ^ Lonely Planet Mongolia: Rail Transport Error in webarchive template: Check |url= value. Empty.
  4. ^ 2007 Statistical Yearbook of Mongolia, p. 252
  5. ^ http://ubpost.mongolnews.mn/?p=7086
  6. ^ "Status paper on Road Sector of Mongolia" Error in webarchive template: Check |url= value. Empty.
  7. ^ Mongolia's Statistical Yearbook 2007, p.255 Error in webarchive template: Check |url= value. Empty.
  8. ^ Авто замын салбарт 2007 онд хэрэгжиж байгаа зам, гүүрийн барилга байгууламж, тэсэл арга хэмжээ Error in webarchive template: Check |url= value. Empty. (Powerpoint document, in Mongolian, needs additional fonts to display properly)
  9. ^ Lonely Planet Mongolia: Bus transport Error in webarchive template: Check |url= value. Empty.
  10. ^ [1]
  11. ^ New airport shuttle bus service launched
  12. ^ https://www.facebook.com/Ulaanbaatar.Taxi Ulaanbaatar taxi Facebook page
  13. ^ https://www.youtube.com/watch?v=QxsG6FrmNRs3 Noyon taxi on YouTube
  14. ^ https://www.youtube.com/watch?v=PnplKPh8nrs Telecom taxi on YouTube
  15. ^ https://www.youtube.com/watch?v=YXDsOg4MhWI 1616 taxi on YouTube
  16. ^ [Official website of iTaxi company] "Archived copy". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-12-11. Diakses tanggal 2014-12-11. 
  17. ^ https://play.google.com/store/apps/details?id=com.mongoapps.taxi "EasyRide" app on Google Play
  18. ^ "Official taxis to drive on first lane along with other public transport". 
  19. ^ Lonely Planet Mongolia: Boat transport Error in webarchive template: Check |url= value. Empty.
  20. ^ [2]