Pengangkatan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Pengangkatan adalah sebuah istilah dalam eskatologi Kristen yang merujuk kepada peristiwa di mana Allah memindahkan semua orang percaya dari bumi untuk membuka jalan bagi penghakimanNya yang adil ditumpahkan ke bumi pada masa Tribulasi. Pengangkatan terutama dilukiskan dalam 1 Tesalonika 4:13-18 dan Wahyu 14 ( Tuaian di Bumi ) dan 1 Korintus 15:50-54. 1 Tesalonika 4:13-18 menggambarkan Pengangkatan sebagai Allah membangkitkan semua orang percaya yang telah meninggal, memberi mereka tubuh kemuliaan, dan kemudian meninggalkan dunia ini bersama dengan orang-orang percaya yang masih hidup, yang juga telah diberikan tubuh kemuliaan. Di Wahyu pengangkatan ini juga tertulis supaya mudah dipahami maka penulis mengambil versi FAYH yaitu dalam Wahyu 14:16 (FAYH) Maka Dia yang duduk di atas awan itu mengayunkan sabit-Nya di atas seluruh permukaan bumi, dan hasil tuaian pun dibawa masuk. Dan dalam Wahyu 7:14 (TB) Maka kataku kepadanya: "Tuanku, tuan mengetahuinya." Lalu ia berkata kepadaku: "Mereka ini adalah orang-orang yang keluar dari kesusahan yang besar; dan mereka telah mencuci jubah mereka dan membuatnya putih di dalam darah Anak Domba.

Rapture dalam Penjanjian Lama

Jika diselidiki dalam Kitab Para Nabi maka kita akan menemukan Rapture yaitu dalam Kitab Nabi Yesaya yaitu dalam Yesaya 60:8 (TB) Siapakah mereka ini yang melayang seperti awan dan seperti burung merpati ke pintu kandangnya?

Sebelum Rapture dikatakan dalam Kitab itu bahwa bangsa-bangsa akan datang kepada Kristus ini menandakan akan ada tuaian jiwa yang besar. Dan hal ini juga tertulis dalam Wahyu 14 yaitu tentang Pemberitahuan tentang Penghakiman, Wahyu 14 ini sesuai dengan perumpamaan tentang gadis-2 bijaksana dan gadis-2 yang bodoh yang diucapkan Tuhan Yesus.

Sumber[sunting | sunting sumber]

Khotbah Pdt Aruna