Pengadilan Russell

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


DoVan Ngoc yang berumur sembilan tahun menunjukkan luka-lukanya yang diakibatkan oleh napalm.

Pengadilan Russell, juga dikenal dengan nama Pengadilan Kejahatan Perang Internasional, Pengadilan Russell-Sartre atau Pengadilan Stockholm, adalah pengadilan non-pemerintah yang didirikan oleh filsuf dan pemenang Hadiah Nobel Britania Bertrand Russell dan filsuf dan penulis Prancis Jean-Paul Sartre. Bersama dengan Lelio Basso, Ken Coates, Ralph Schoenman, Julio Cortázar dan tokoh-tokoh lainnya, pengadilan ini menyelidiki kebijakan luar negeri dan intervensi militer Amerika Serikat di Vietnam setelah kekalahan pasukan Prancis di Diên Biên Phu pada tahun 1954 dan pendirian Vietnam Utara dan Selatan. Pengadilan ini tidak menyelidiki tuduhan kejahatan perang yang dilakukan oleh Viet Cong; Schoenman berkomentar bahwa Lord Russell tidak akan melakukan hal tersebut karena tindakan semacam itu "seperti mengadili orang Yahudi di Ghetto Warsawa karena memberontak melawan Nazi."[1]

Pengadilan ini dibentuk pada November 1966 dan mengadakan dua sesi pada tahun 1967 di Stockholm, Swedia, dan di Roskilde, Denmark. Buku Bertrand Russell mengenai situasi di Vietnam yang berjudul War Crimes in Vietnam diterbitkan pada Januari 1967 dan berisi catatan tambahan mengenai badan investigatif ini.[2] Namun, pengadilan ini cenderung diabaikan di Amerika Serikat.

Pengadilan-pengadilan serupa didirikan dalam beberapa dasawarasa berikutnya dengna nama "Pengadilan Russell", seperti Pengadilan Russell mengenai Amerika Latin yang berfokus pada pelanggaran hak asasi manusia di Argentina dan Brasil (Roma 1973), kudeta militer Chile (Roma, 1974–76), mengenai hak asasi manusia di rumah sakit jiwa (Berlin, 2001), mengenai Irak (Brussels, 2004), dan mengenai Palestina (Barcelona, 2009–12).

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Off With Their Hands". Newsweek. 1967-05-15.  Quoted in "The Human Cost of Communism in Vietnam: A Compendium Prepared for the Subcommittee to Investigate the Administration of the Internal Security Act and Other Internal Security Laws of the Committee on the Judiciary, United States Senate". U.S. Government Printing Office. 1972-02-17. hlm. 64. Diakses tanggal 2016-08-28. 
  2. ^ B. Russell, "War Crimes in Vietnam". Ed. Monthly Review, January 1967; ISBN 978-0-85345-058-0

Sumber lain[sunting | sunting sumber]

  • Against The Crime of Silence: Proceedings of The Russell International War Crimes Tribunal, edited by J. Duffett, O’Hare Books, New York, 1968.
  • Radical Son: A Generational Odyssey, by David Horowitz, Free Press, New York, 1997.
  • War Crimes in Vietnam, by Bertrand Russell, 1967, see Postscript.
  • North Vietnam: A Documentary, by John Gerassi, Allen & Unwin, London, 1968.
  • Russelltribunalen. Directed by Staffan Lamm. 2003/2004.