Penerbit Haru

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Penerbit Inari)
Penerbit Haru
Logo Penerbit Haru
StatusAktif
Didirikan2011 (2011)
Pendiri
  • Lia Indra Andriana
  • Andry Setiawan[1]
Negara asalIndonesia
DistribusiIndonesia
Jenis terbitanNovel
Imprint
Situs resmiSitus web resmi

Haru Group atau Penerbit Haru adalah sebuah penerbit yang menerbitkan novel di Indonesia. Penerbit ini didirikan pada tahun 2011 oleh Lia Indra bersama saudaranya, Andry Setiawan. Penerbit Haru pada umumnya menerbitkan novel yang berasal dari Korea Selatan, Jepang, dan juga Tiongkok. Di antara semuanya, mayoritas buku yang diterbitkan oleh mereka adalah novel Korea.

Penerbit Haru juga memiliki beberapa imprint (subdivisi penerbit) yang mengkhususkan diri dalam penerbitan novel dari wilayah tertentu, seperti Penerbit Spring yang menerbitkan novel Barat, serta Penerbit Inari yang menerbitkan novel-novel lokal Indonesia.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Periode awal tahun 2010-an merupakan salah satu titik mendunianya gelombang Korea. Menurut Lia Indra, kepopuleran musik Korea di Indonesia mendorong dirinya mencari tahu apakah buku-buku yang berasal dari Korea juga sudah tersedia di Indonesia. Setelah mengetahui bahwa belum ada pihak yang mewadahinya, Lia tertarik dengan industri penerbitan buku dan mulai melakukan riset tentang bidang tersebut. Pada tahun 2011, ia bersama dengan kakaknya yang sedang menetap di Jepang—Andry Setiawan—mendirikan usaha penerbitan yang diberi nama Penerbit Haru. Nama Haru memiliki arti tersendiri untuk masing-masing bahasa. Haru berarti "hari demi hari" dalam bahasa Korea, "musim semi" dalam bahasa Jepang, serta rasa "haru" dalam bahasa Indonesia.[1]

Imprint[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2014, Penerbit Haru mendirikan imprint yang mengkhususkan diri dalam penerbitan novel Barat, yang dinamakan Penerbit Spring.[1] Setahun berikutnya, Penerbit Haru kembali mendirikan imprint khusus novel karya penulis lokal Indonesia, yang diberi nama Penerbit Inari.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c Suryadi, Dede (7 Februari 2017). "Lia Indra, Sosok di Balik Sukses Penerbit Haru". SWA. Diakses tanggal 13 Maret 2019. 
  2. ^ popconas (19 Mei 2017). "PENERBIT HARU". Popcon Asia. Diakses tanggal 13 Maret 2019. [pranala nonaktif permanen]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]