Penembakan sinagoge Pittsburg

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Penembakan tempat peribadatan Yahudi di Pittsburg 2018
LokasiTree of Life – Or L'Simcha Congregation
Tanggal27 Oktober 2018
09:54 pagi sampai 11:08 siang (Waktu Musim Panas Timur)
SasaranTree of Life – Or L'Simcha Congregation
Jenis serangan
Kejahatan atas dasar kebencian dan penembakan habis-habisan
Senjata
Korban tewas
11 orang
Korban luka
7 orang (termasuk 4 orang polisi dan tersangka pelaku penembakan)
Korban-
Penyerang terdugaRobert Gregory Bowers
MotifHal ihwal ketidakrukunan hubungan terhadap bangsa Semit dan mempercayai adanya teori persekongkolan orang berkulit putih

Penembakan tempat peribadatan Yahudi di Pittsburg tahun 2018 (Inggris: Pittsburgh synagoge shooting, bahasa Ibrani: קהילתn עץ החיים – אור לשמחה) adalah suatu kejadian penembakan yang gencar dilakukan di tempat peribadatan Yahudi yang diberi nama, yakni Tree of Life (arti harafiahnya pohon kehidupan) - Or L'Simcha yang terletak pada sebuah lingkungan perumahan bernama Squirrel Hill di daerah Pittsburgh, Pennsylvania, Amerika Serikat pada 27 Oktober 2018 bertepatan dengan diadakannya kebaktian pagi Shabbat dan upacara penyunatan bagi laki-laki beragama Yahudi. Dampak merugikan dari kejadian ini di antaranya sebelas orang tewas tertembak dan sembilan orang menderita luka-luka di tubuh. Telah didapati satu-satunya tersangka pelaku penembakan tempat peribadatan yang akhirnya diringkus, yaitu seorang pria berusia 46 tahun bernama Robert Gregory Bowers dengan dinyatakan bersalah oleh pihak penegak hukum federal atas perkara mengacaukan kebebasan beragama, kejahatan atas dasar kebencian dan pemakaian senjata api atas tujuan melancarkan pembunuhan. Ia diganjar pula oleh pihak penegak hukum negara bagian Pennsylvania dengan mencatatkan pidana pembunuhan sebanyak 11 kali, 6 kali terhitung melancarkan hantaman mendadak yang terus menjadi-jadi dan sebanyak 13 kali bertindak menakut-nakuti, menggertak dan mengancam suku bangsa tertentu.[2][3][4][5][6][7]

Korban[sunting | sunting sumber]

Korban yang tewas lantaran terdampak kejadian nahas ini berjumlah 11 orang,[8][9][10] terhitung sebanyak tiga orang berada di lantai dasar dan empat orang berada di ruangan bawah tanah dari tempat peribadatan Yahudi tersebut.[11] Empat orang korban lainnya yang turut terdampak adalah dua sejoli yang telah tercantum berkawin dan dua orang laki-laki yang bersaudara.[12][13] Korban yang lain didapati pula sekurang-kurangnya berjumlah 6 orang dan menderita luka dengan empat korban di antaranya merupakan bagian aparat keamanan.[11] Korban-korban tersebut banyak yang dilarikan ke Perguruan Tinggi Pusat Layanan Kesehatan Pittsburgh (University of Pittsburgh Medical Center atau UPMC) dan rumah sakit utama di dalam lingkungan Perguruan Tinggi Pusat Layanan Kesehatan Pittsburgh, yaitu UPMC Mercy. Sementara itu, tersangka pelaku penembakan dilarikan menuju Rumah Sakit Umum Allegheny (Allegheny General Hospital).[14][15][16]

Berikut ini adalah nama dari sebelas orang korban yang tewas tertembak:[8][9][10][17][18]

  • Joyce Fienberg (75 tahun)
  • Rich Gottfried (65 tahun)
  • Rose Mallinger (97 tahun)
  • Jerry Rabinowitz (66 tahun)
  • Cecil Rosenthal (59 tahun)
  • David Rosenthal (54 tahun)
  • Bernice Simon (84 tahun)
  • Sylvan Simon (86 tahun)
  • Daniel Stein (71 tahun)
  • Melvin Wax (88 tahun)
  • Irving Younger (69 tahun)

Tersangka[sunting | sunting sumber]

Robert Gregory Bowers (lahir 4 September 1972)[19][20][21] adalah seorang warga negara Amerika Serikat yang tempat tinggalnya berada di daerah Baldwin, Pennsylvania, Amerika Serikat. Dia diringkus pihak aparat keamanan atas sangkaan melakukan penembakan.[22][23][2][24] Baru menginjak usia satu tahun, orang tuanya telah bercerai. Pernah dilaporkan bahwa sang ayah berperilaku menyimpang dengan cara bunuh diri saat berusia 27 tahun, di mana Bowers lebih kurang hampir berusia 6 tahun.[25][26][27] Saat baru pandai berjalan sendirian, sang ibu kembali menjalin perkawinan bersama seorang laki-laki yang berdiam di negara bagian Florida, AS dan mereka bertiga memutuskan hidup serumah di Florida hingga perceraian terjadi lagi setelah baru berlangsung satu tahun. Sekembalinya dari Florida menuju Pennsylvania, ia beserta ibunya berpindah ke sebuah daerah kecil bernama Whitehall untuk berdiam di tempat tinggal nenek Robert dari pihak keluarga ibunya atau orang tua perempuan dari ibu Robert. Di tempat tinggal tersebut, tanggung jawab diserahkan kepada orang tua perempuan dari ibu Robert untuk mengasuh Robert lantaran terdapat gangguan kinerja tubuh yang diderita ibu Robert.[26]

Masa sekolah Bowers dihabiskan di Sekolah Menengah Atas Baldwin (Baldwin High School) mulai bulan Agustus 1986 hingga bulan November 1989, lalu ia harus putus sekolah dengan menyibukkan diri menjadi seorang pengemudi oto pengangkut barang.[28][29]

Bowers acap kali dianggap berperilaku sama seperti makhluk bergentayangan oleh tetangga-tetangganya lantaran tampak hanya sesekali berantarhubungan terhadap siapapun.

Menurut rincian pengalaman seorang rekan Bowers yang pernah sama-sama bekerja selama 20 tahun disertai hasil penjabaran atas kajian secara teliti yang didapati dari hasil-hasil tulisan yang dikirim dengan perantaraan media sosial, hal yang mendorong perpindahan sudut pandangnya yang berhaluan kolot (konservatif) menjadi seseorang yang berhaluan keras pada rasa berbangsa ala golongan berkulit putih (Bahasa Inggris: white nationalism) ialah sewaktu Bowers dahulunya pernah meminati seorang pembawa acara radio bernama Jim Quinn, tetapi ia pun memutuskan menjadi bagian garis keras golongan kelompok kanan (right-wing) dan menjadi seseorang yang suka mengundang perkelahian dan kerap cenderung bersikap keras terhadap pandangan apapun yang tak sejalan dengannya di dunia maya.[30]

Pernah dilaporkan bahwa Bowers sempat gencar untuk turut menyuarakan sudut pandangnya secara dalam jaringan, yaitu di halaman web Gab. Bahkan, ia juga mencoba menggemakan pangkal mula dari sudut pandangnya yang berisi tentang persekongkolan atas dasar pratirasa terhadap bangsa Semit melalui sarana perantara bermasyarakat (media sosial).[31]

Halaman web Gab ini telah dijadikan wadah yang banyak dikerumuni oleh golongan yang berhaluan kepada pembangkitan paham Nazi, paham pemuliaan kedudukan masyarakat berkulit putih dan kelompok sayap kanan alternatif.[32][32] Profil milik Bowers telah ada dan terdaftar di dalam halaman web Gab atas nama "onedingo" dengan adanya keterangan yang tertulis seperti berikut ini dari akunnya :

The Jews are the children of satan (John 8:44) The Lord Jesus Christ [has] come in the flesh, tertulis asli dalam bahasa Inggris dan diterjemahkan menjadi berikut ini :
Orang-orang Yahudi merupakan darah dagingnya para roh jahat (setan) (Yohanes 8:44). Tuhan Yesus Kristus telah datang dengan dagingnya yang telah bergumpal-gumpal sedemikian rupa.

Gambar sampul pada akunnya berupa hasil jepretan yang memperlihatkan angka 1488 yang konon sudah lumrah dianggap keramat oleh kalangan gerakan pembaharuan paham Nazi dan gerakan berhaluan pemuliaan kedudukan masyarakat berkulit putih demi menggaungkan kembali seruan "Fourteen Words" atau "14/88" yang dipelopori oleh David Lane dan disertakan kata-kata semboyan Heil Hitler yang sarat akan paham Nazi. Bowers telah mengeluarkan tulisan hasil kirimannya kepada khalayak ramai yang berisikan dukungannya melakukan persekongkolan dalam melancarkan pembunuhan besar-besaran secara berencana oleh orang berkulit putih.

Acuan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "What we know about Robert Bowers, suspect in mass shooting at Pittsburgh synagogue". WPXI. 28 Oktober 2018. Diakses tanggal 28 Oktober 2018. 
  2. ^ a b Turkewitz, Julie; Roose, Kevin (27 Oktober 2018). "What We Know About Robert Bowers, Suspect in Pittsburgh Synagogue Shooting". The New York Times. Diakses tanggal 27 Oktober 2018. 
  3. ^ Staff (27 Oktober 2018). "Pittsburgh Synagogue Shooter Identified As Robert Bowers, Yelled 'All Jews Must Die' As He Opened Fire". CBS News. Diakses tanggal 27 Oktober 2018. 
  4. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama CNN-20181027
  5. ^ Carissimo, Justin (27 Oktober 2018). "At least 8 dead in shooting at Pittsburgh synagogue -- live updates". CBS News. Diakses tanggal 27 Oktober 2018. 
  6. ^ Robertson, Campbell; Mele, Christopher; Tsvrernise, Sabrina (27 Oktober 2018). "11 Killed in Pittsburgh Synagogue Massacre; Suspect Charged With 29 Counts". The New York Times. Diakses tanggal 27 Oktober 2018. 
  7. ^ Ward, Paula Reed; Lord, Rich; Navratil, Liz (27 Oktober 2018). "29 federal charges filed against shooting suspect Robert Bowers - Social posts attributed to suspect may provide clues". Pittsburgh Post-Gazette. Diakses tanggal 27 Oktober 2018. 
  8. ^ a b "Officials name deceased victims from Tree of Life shooting; UPMC provides updates on survivors". Pittsburgh Post-Gazette. 28 Oktober 2018. Diakses tanggal 28 Oktober 2018. 
  9. ^ a b Levenson, Eric; Sanchez, Ray (28 Oktober 2018). "Mass shooting at Pittsburgh synagogue". CNN. Diakses tanggal 28 Oktober 2018. 
  10. ^ a b "Victims In Pittsburgh Synagogue Shooting Begin To Be Identified". CBS Pittsburgh. 28 Oktober 2018. Diakses tanggal 28 Oktober 2018. 
  11. ^ a b Mann, Tanveer (27 Oktober 2018). "'At least eight dead' as shooter storms prayer service at US synagogue". Metro (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 27 Oktober 2018. 
  12. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama :2
  13. ^ Andone, Dakin; Sidner, Sara (28 Oktober 2018). "These are the victims of the Pittsburgh synagogue shooting". CNN. Diakses tanggal 28 Oktober 2018. 
  14. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama KDKA-20181027
  15. ^ "UPMC Treating Synagogue Shooting Victim" (Siaran pers). University of Pittsburgh Medical Center. 27 Oktober 2018. Diakses tanggal 27 Oktober 2018.  "Salinan arsip". Archived from the original on 2019-01-06. Diakses tanggal 2018-10-31. 
  16. ^ "Active shooter Pittsburgh: Police respond to reports of a shooting near the Tree of Life synagogue". CBS News. 27 Oktober 2018. 
  17. ^ "Pittsburgh shooting: Who were the victims?". BBC News (dalam bahasa Inggris). 29 Oktober 2018. Diakses tanggal 29 Oktober 2018. Mr Gottfried was a dentist who set up a practice in north Pittsburgh with his wife, Peg Durachko, in 1984. 
  18. ^ "Sisters of Pittsburgh synagogue shooting victim Dr. Richard Gottfried speak out". TODAY (dalam bahasa Inggris). 29 Oktober 2018. Diakses tanggal 29 Oktober 2018. Dr. Richard Gottfried, a 65-year-old husband and brother, was among the 11 people killed in the Tree of Life Synagogue shooting in Pittsburgh. 
  19. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama MDJ-20181027
  20. ^ Ailworth, Erin; Hagerty, James R. (October 28, 2018). "Pittsburgh Shooting Suspect Described as Man Who Kept to Himself - Robert G. Bowers was active on social media, but few recall him in person; 'very unremarkable, normal—which is scary' says one neighbor". The Wall Street Journal. Diakses tanggal October 29, 2018. 
  21. ^ "Criminal Complaint (PDF)". Commonwealth of Pennsylvania. October 28, 2018. Diakses tanggal October 31, 2018 – via DocumentCloud. 
  22. ^ Gabriel, Trip (October 28, 2018). "Pittsburgh Synagogue Massacre Suspect Was 'Pretty Much a Ghost'". The New York Times. Diakses tanggal October 30, 2018. 
  23. ^ "Criminal Docket against Bowers, Robert Gregory" (PDF). Commonwealth of Pennsylvania. Diakses tanggal October 28, 2018. 
  24. ^ Ward, Paula; Lord, Rich; Navratil, Liz (October 27, 2018). "29 federal charges filed against shooting suspect Robert Bowers". Pittsburgh Post-Gazette. Diakses tanggal October 27, 2018. 
  25. ^ Ward, Paula Reed; Navratil, Liz; Lord, Rich (November 1, 2018). "Judge seals old criminal case file for presumed father of Pittsburgh synagogue shooting suspect". Pittsburgh Post-Gazette. Diakses tanggal November 5, 2018. 
  26. ^ a b Balingit, Moriah; St. Martin, Victoria; Berman, Mark (November 2, 2018). "As questions linger about Pittsburgh suspect, details emerge from his early life". The Washington Post. Diakses tanggal November 5, 2018. 
  27. ^ NYTimes Nov. 2 2018 "Man Said to Be Pittsburgh Suspect's Father Killed Himself Amid 1979 Rape Case"
  28. ^ Pittsburgh Post Gazette, Nov 1, 2018"A high school dropout and trucker, Robert Bowers left few footprints — except online"[1]
  29. ^ New York Times, Oct 28, 2018, "Pittsburgh Synagogue Massacre Suspect Was ‘Pretty Much a Ghost’" [2]
  30. ^ Pittsburgh Post-Gazette Nov. 10 2018
  31. ^ "Tree of Life shooting: How the rise of conspiracy theory politics emboldens anti-Semitism". Vox. Diakses tanggal 2018-11-02. 
  32. ^ a b Roose, Kevin (October 28, 2018). "On Gab, an Extremist-Friendly Site, Pittsburgh Shooting Suspect Aired His Hatred in Full". The New York Times. New York City. Diakses tanggal October 28, 2018.