Penelope Fillon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Penelope Fillon
Anggota Dewan Munisipal Solesmes, Sarthe
Mulai menjabat
2014
Sebelum
Pengganti
Petahana
Sebelum
Istri Perdana Menteri Prancis
Masa jabatan
17 Mei 2007 – 10 Mei 2012
Perdana MenteriFrançois Fillon
Sebelum
Pengganti
Brigitte Ayrault
Sebelum
Informasi pribadi
Lahir
Penelope Kathryn Clarke

31 Juli 1955 (umur 68)
Llanover, Wales
Partai politikPersatuan Pergerakan Rakyat (sebelum 2015)
Les Républicains (2015–sekarang)
Suami/istri
(m. 1980)
Anak5
Orang tuaColin & Glenys Clarke
Alma materUniversity College London
Universitas Bristol
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Bantuan penggunaan templat ini

Penelope Fillon (lahir dengan nama keluarga Clarke pada tanggal 31 Juli 1955 di Llanover, Wales) adalah istri Perdana Menteri Prancis François Fillon dan anggota dewan munisipal di Solesmes, Sarthe.

Penelope merupakan lulusan University College London (UCL) dan Sekolah Hukum Universitas Bristol. Pada masa kuliahnya di UCL, ia pernah dikirim sebagai guru bahasa Inggris di sebuah kolese di Le Mans, Prancis, pada akhir tahun 1970-an dan di situ ia bertemu dengan suaminya. François dan Penelope menikah pada tahun 1980 dan dikaruniai lima orang anak. Mereka berdua beragama Katolik.

Ia berada di bayang-bayang François Fillon selama 35 tahun dan tidak terlalu terlibat dalam kehidupan politik,[1][2] walaupun pada akhir tahun 2016 ia mulai muncul ke ranah publik dengan berkampanye untuk suaminya yang sempat menjadi calon paling unggul dalam survei-survei pemilihan umum Presiden Prancis 2017. Namun, pada akhir Januari 2017, koran Le Canard enchaîné membongkar bahwa Penelope pernah dipekerjakan sebagai asisten parlemen Fillon dan penasihat sastra di Revue des deux Mondes. Akibat tidak adanya bukti hasil pekerjaan Penelope dan jarak yang ia jaga dari urusan politik suaminya, diduga pekerjaan ini merupakan pekerjaan fiktif dan hal ini memicu skandal Fillon yang merusak elektabilitas suaminya dan memicu proses hukum oleh kejaksaan keuangan nasional. Namun, François Fillon membantah tuduhan penggelapan dan pekerjaan fiktif.[3]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Tésorière, Ronan (21 November 2016). "Penelope, la très discrète épouse de François Fillon" [Penelope, the very discreet wife of François Fillon]. La Parisienne (dalam bahasa Prancis). Diakses tanggal 5 March 2017. 
  2. ^ Mazuet, Julie (21 November 2016). "François Fillon candidat : Penelope Fillon, l'ultra-discrète" [Candidate François Fillon: the ultra-discreet Penelope Fillon]. Madame Figaro. Diakses tanggal 5 March 2017. 
  3. ^ Petrequin, Samuel (25 January 2017). "French candidate faces accusations he paid Welsh wife £426,000". Wales Online. Diakses tanggal 5 March 2017.