Penanggalan absolut

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Penanggal absolut adalah proses penentuan usia pada skala waktu yang ditentukan dalam arkeologi dan geologi. Beberapa ilmuwan lebih memilih istilah kronometrik atau penanggalan kalender, karena penggunaan kata "absolut" menyiratkan kepastian beralasan akurasi.[1][2] Penanggalan absolut memberikan rentang atau umur numerik, yang kontras dengan penanggalan relatif yang menempatkan peristiwa tanpa ukuran umur antara peristiwa.

Dalam arkeologi, penanggalan mutlak biasanya didasarkan pada sifat-sifat fisik, kimia, dan kehidupan dari material artefak, bangunan, atau barang lainnya yang telah dimodifikasi oleh manusia dan dikaitkan dengan sejarah material lain yang umurnya telah diketahui (koin dan sejarah tertulis). Teknik-teknik yang dipakai termasuk cincin pohon di kayu,penanggalan radiokarbon pada kayu atau tulang, dan metode penanggalan termoluminesen dari keramik mengkilap.[3] Koin yang ditemukan dalam penggalian mungkin memiliki tanggal produksi yang ditulis pada mereka, atau mungkin ada catatan yang mendeskripsikan koin ketika digunakan, yang memungkinkan situs sejarah tersebut dikaitkan dengan kalender tertentu.

Dalam Geologi sejarah, metode utama penanggalan absolut melibatkan penggunaan peluruhan radioaktif dari unsur yang terperangkap dalam batuan atau mineral, termasuk sistem isotop yang sangat muda (penanggalan radiokarbon dengan 14
C) hingga sistem seperti penanggalan uranium-timbal yang memungkinkan untuk memperoleh usia mutlak dari beberapa batuan tertua di bumi.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Evans, Susan Toby; David L., Webster, ed. (2001). Archaeology of ancient Mexico and Central America : an encyclopedia. New York [u.a.]: Garland. hlm. 203. ISBN 9780815308874. 
  2. ^ Henke, Winfried (2007). Handbook of paleoanthropology. New York: Springer. hlm. 312. ISBN 9783540324744. 
  3. ^ Kelly, Robert L.; Thomas, David Hurst (2012). Archaeology: Down to Earth (edisi ke-Fifth edition.). ISBN 9781133608646. 

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]