Penandaan Revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Penandaan Revisi (bahasa Inggris:Flagged revisions) atau FlaggedRevs adalah ekstensi perangkat lunak MediaWiki yang memungkinkan perubahan suntingan secara terkontrol di halaman wiki. FlaggedRevs dikembangkan oleh Yayasan Wikimedia untuk penggunaan Wikipedia dan wiki yang serupa. Secara umum, Ekstensi ini dipergunakan untuk kebijakan penyuntingan artikel.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

FlaggedRevs berawal dari sebuah kebijakan penyuntingan di Wikipedia bahasa Inggris yang bertujuan untuk mengendalikan tampilan penayangan artikel tentang biografi orang yang masih hidup.[1] Tokoh perintis Wikipedia; Jimmy Wales, pernah mendesak Wikipedia untuk menerapkan kebijakan "Penandaan Revisi" setelah kontroversi artikel Robert Byrd dan Edward Kennedy, yang berisi bahwa keduanya telah mati.[2]

FlaggedRevs diumumkan ke publik pada Agustus 2009, setelah pemungutan suara yang menunjukkan 80% suara dari komunitas menyetujuinya. Para pengguna dengan tingkat "experienced volunteer editors" (editor sukarela berpengalaman) diizinkan untuk menyetujui suntingan di artikel.[3][4][5] FlaggedRevs telah terpasang di Wikipedia bahasa Jerman dengan kebijakan berlaku pada semua artikel, sementara Wikipedia bahasa Inggris pernah melakukan 'trial' (penerapan uji coba) pada Juni 2010 yang berpeluang akan diterapkan kelak.[6]

New York Times menyatakan bahwa kebijakan ini seakan menjadi usaha mengelompokkan para kontributor Wikipedia: Wikipediawan "berpengalaman dan tepercaya dibandingkan orang-orang lain dalam penyuntingan, sehingga menimbulkan diskriminasi yang membatasi kesetaraan hak untuk memberi kontribusi pada artikel-artikel. Brennon Slattery dari PCWorld menyatakan bahwa "beberapa blogger" menentang keberadaan FlaggedRevs yang dianggap sebagai bentuk keruntuhan filosofi Wikipedia (Ensiklopedia bebas) yang tidak memandang kewenangan atau kedudukan para sukarelawan dalam perkembangan ensiklopedia. Akan tetapi, Pimpinan Wikimedia berpendapat bahwa kebijakan ini sebagai sikap perlindungan dan pengendalian terhadap artikel-artikel yang rawan divandal, sehingga kabar-kabar terbaru yang sembarangan atau menyimpang dari ketentuan Wikipedia tidak secara otomatis ditampilkan ke publik sebelum ditinjau oleh kontributor dengan kewenangan tertentu.

Meskipun pernah mengadakan uji coba selama dua bulan, pada Mei 2011, Kebijakan FlaggedRevs dihapus dari Wikipedia bahasa Inggris setelah diadakan perundingan oleh para editor. Aturan ini diganti dengan penerapan "Pending Changes" pada berbagai artikel sejak Desember 2012.

Wikipedia[sunting | sunting sumber]

Daftar Wikipedia berikut menerapkan metode FlaggedRevs versi 'Jerman', yakni seluruh halaman artikel dipasangi ekstensi FlaggedRevs:

Daftar Wikipedia berikut menerapkan metode FlaggedRevs versi 'Inggris' atau Pending Changes, yakni hanya halaman-halaman tertentu yang dipasangi ekstensi FlaggedRevs:

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]