Penaklukan Korsika oleh Perancis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Penaklukan Korsika oleh Perancis
Tanggal1768–1769
LokasiKorsika
Hasil Kemenangan Perancis, Korsika takluk
Pihak terlibat
Bendera Korsika Republik Korsika  Perancis
Tokoh dan pemimpin
Bendera Korsika Pasquale Paoli Bendera Kerajaan Perancis Comte de Vaux
Bendera Kerajaan Perancis Comte de Chauvelin
Kekuatan
24.000 168.000

Penaklukan Korsika oleh Perancis berlangsung dari tahun 1768 hingga 1769 dan pada akhirnya Republik Korsika diduduki oleh pasukan Perancis yang dipimpin oleh Comte de Vaux.

Republik Genova sebelumnya telah menyerahkan kendali de jure atas Korsika kepada Perancis seperti yang diatur oleh Perjanjian Versailles pada tahun 1768. Awalnya Genova masih mengklaim pulau ini, namun semenjak tahun 1755 Korsika berhasil memperoleh kemerdekaannya dan merumuskan Konstitusi Korsika. Setelah Genova tidak lagi dapat merebut Korsika dengan kekuatan militer, mereka memutuskan untuk menjual hak mereka kepada Perancis.

Pasukan Perancis pada awalnya mengalami kekalahan dalam Pertempuran Borgo pada Oktober 1768. Perancis lalu mengirim bala bantuan dalam jumlah yang besar. Pasukan Korsika mengalami kekalahan dalam Pertempuran Ponte Novu dan pasukan Perancis lalu menguasai pulau ini, walaupun pasukan Korsika masih belum tunduk dan pemberontakan masih berlanjut.

Serangan Perancis memicu Krisis Korsika di Britania. Walaupun Britania telah mengirim bantuan rahasia kepada Korsika, mereka tidak bertindak untuk mencegah pendudukan pulau tersebut. Pemimpin Republik Korsika Pasquale Paoli melarikan diri ke Britania dan ia menetap di situ hingga meletusnya Revolusi Perancis. Ia lalu kembali ke Korsika dan mendirikan Kerajaan Inggris-Korsika dengan bantuan dari Britania pada tahun 1794–1796. Namun, kerajaan ini pada akhirnya ditinggalkan oleh Britania dan diduduki kembali oleh Perancis.

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

  • Black, Jeremy. European Warfare, 1660-1815. UCL Press, 1994.
  • Englund, Steven. Napoleon: A Political Life. Harvard University Press, 2005.
  • Gregory, Desmond. The Ungovernable Rock: The Anglo-Corsican Kingdom. Associated University Press, 1985.