Pemimpin Dewan Bangsawan Britania Raya

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pemimpin Dewan Bangsawan
Leader the House of Lords
Petahana
Nicholas True, Baron True

sejak 6 September 2022
Kantor Pemimpin Dewan Bangsawan
JenisPemimpin Dewan
StatusKetua Ranting Partai
Dicalonkan olehPerdana Menteri
Ditunjuk olehYang Mulia Raja
WakilThe Earl Howe[1]

Pemimpin Dewan Bangsawan (Inggris: Leader the House of Lords) adalah seorang anggota Kabinet Britania Raya yang bertanggung jawab untuk mengatur segala urusan pemerintah dalam Dewan Bangsawan. Jabatan ini juga menjadi pemimpin dari sebuah partai mayoritas dalam Dewan Bangsawan yang bertindak sebagai ketua partai pemerintah dalam Dewan Bangsawan. Peran Pemimpin Dewan Bangsawan selalu dijabat dalam sebuah kombinasi dengan sebuah posisi resmi di kabinet, biasanya salah satu dari jabatan seperti Ketua Dewan Penasihat, Tuan Penjaga Segel Rahasia, atau Kanselir Kadipaten Lancaster. Kecuali jika Pemimpin Dewan Bangsawan juga seorang menteri yang memimpin departemen, menjadi Pemimpin Dewan Bangsawan merupakan sebagian besar tanggung jawab pemerintah mereka, tetapi itu tidak pernah menjadi jabatan yang bergaji secara independen[2].

Walaupun Pemimpin Dewan Bangsawan adalah seorang anggota dari Kabinet dan tetap menjadi figur yang partisan, Pemimpin Dewan Bangsawan juga bertanggung jawab terhadap Dewan Bangsawan secara menyeluruh. Kontras dengan Dewan Rakyat, dimana kekuasaan proses persidangan dan rapat dipegang oleh Ketua Dewan Rakyat, proses persidangan di dalam Dewan Bangsawan dipegang oleh para anggota Dewan Bangsawan itu sendiri dibawah aturan yang telah diatur dalam sejenis aturan yang dikenal sebagai Standing Order. Pemimpin Dewan Bangsawan memiliki tanggung jawab untuk mengingatkan para anggotanya terhadap standing order yang telah dibuat dan memfasilitasi regulasi pribadi para anggota Dewan Bangsawan, meskipiun setiap anggota Dewan Bangsawan mungkin dapat membuat hal yang dapat melanggar aturan atau gagal dalam memahami kebiasaan-kebiasaan dalam Dewan. Pemimpin Dewan Bangsawan sering meminta nasihat atas prosedur-prosedur dan inti aturan dan wajib menentukan aturan dari Ketua Dewan Bangsawan atau Pertanyaan Suplementer yang mengarah kepada keinginan dari Dewan Bangsawan itu sendiri. Bagaimanapun seperti Ketua Dewan Bangsawan, Pemimpin Dewan Bangsawn tidak ada kewenangan untuk melakukan penerapan inti aturan atau melakukan intervensi jika terjadi pernyataan-pernyataan yang tidak pantas yang disampaikan oleh anggota Dewan Bangsawan lainnya.

Sampai pada pemilihan Ketua Dewan Bangsawan pertama di tahun 2006, Pemimpin Dewan Bangsawan bertanggung jawab dalam membuat keputusan-keputusan atas permintaan dari anggota Dewan Bangsawan untuk disampaikan kepada Private Notice Question dan untuk melepaskan sub judice dalam kasus yang sama. Fungsi-fungsi tersebut kemudiannya diserahkan kepada Ketua Dewan Bangsawan.

Daftar Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The Rt Hon Earl Howe". UK Government. Diakses tanggal 22 April 2019. 
  2. ^ "Archived copy" (PDF). Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 29 July 2009. Diakses tanggal 2009-07-29.