Pemilihan umum Presiden Perancis 1848

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Pemilihan presiden Perancis 1848 merupakan satu-satunya pemilihan presiden yang pernah diadakan di Republik Kedua Perancis. Pemilihan dilakukan pada tanggal 10 Desember 1848 dan dimenangkan oleh Louis-Napoléon Bonaparte dengan perolehan suara sebesar 74%.

Pemilihan[sunting | sunting sumber]

Konstitusi hanya mengadakan satu putaran, dan Majelis Nasional akan memutuskan pemenangnya jika tidak ada calon yang memperoleh suara mayoritas. Pada awalnya Louis-Eugène Cavaignac sepertinya akan menang, dan Majelis kemungkinan akan memilihnya jika tidak ada yang mendapat suara mayoritas. Namun, Bonaparte berhasil menang secara tidak terduga karena banyak buruh yang mendukung pandangan ekonominya yang progresif. Faktor utama yang membuatnya berhasil memperoleh kemenangan telak dalam pemilu ini adalah dukungan warga-warga desa yang mengenal nama Napoleon Bonaparte, sementara mereka tidak terlalu mengenal calon-calon yang lain.

Hasil[sunting | sunting sumber]

Kandidat Ideologi Persen
  Louis-Napoléon Bonaparte Bonapartis 74.44%
  Louis-Eugène Cavaignac Republikan Sentris 19.65%
  Alexandre Ledru-Rollin Demokrat Sosial Republik 5.08%
  François-Vincent Raspail Sosialis 0.49%
  Alphonse de Lamartine Liberal klasik 0.28%
  Nicolas Changarnier Legitimis 0.07%
Jumlah 100%

Bonaparte menerima suara yang sama atau banyak di semua departemen kecuali Var, Bouches-du-Rhone, Morbihan, dan Finistere, keempatnya dimenangkan oleh Louis-Eugène Cavaignac.