Pemilihan umum di Vietnam

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Pemilihan Umum di Vietnam)

Pemilu di Vietnam akan memberikan kamu informasi mengenai pemilihan umum (pemilu) dan hasil pemilu di Vietnam.

Informasi Umum[sunting | sunting sumber]

Presiden Vietnam (Chủ tịch nước) dipilih oleh Majelis Nasional, melalui sistem tidak langsung. Perdana Menteri Vietnam (Thủ tướng) dan Ketua Mahkamah Agung (Chánh án Tối cao) ditunjuk oleh Presiden dan disetujui oleh Majelis Nasional. Menteri-menteri ditunjuk oleh Perdana Menteri dan juga harus mendapatkan persetujuan dari Majelis Nasional.

Pada 20 Mei 2007, hanya Front Tanah Air Vietnam (VFF), front yang terdiri dari Partai Komunis Vietnam, organisasi massa dan afiliasinya, dan beberapa non-partisan yang diperbolehkan mengikuti pemilu. Satu anggota diperbolehkan mengajukan diri dan bukan merupakan anggota VFF. Ada 42 kursi yang dimenangkan oleh kandidat non-partai. Presiden dipilih untuk masa jabatan lima tahun oleh parlemen. Lebih dari 99% kandidat dipilih oleh Partai Komunias dan sebagian besar dari mereka dari partai itu sendiri.

Organisasi dan aktivits hak asasi manusia memberikan label bahwa pemilu pasca reunifikasi di Vietnam merupakan pemilu yang telah diatur[1].

Pemilihan lokal[sunting | sunting sumber]

Dewan Rakyat (Hội đồng Nhân dân) merupakan legislatif lokal tingkat provinsi maupun perkotaan di Vietnam. Masyarakat ditingkat provinsi atau perkotaan memilih anggota Dewan Rakyat melalui pemilihan langsung. Jumlah perwakilan tergantung dengan populasi di provinsi atau perkotaan. Dewan Rakyat dipilih untuk masa jabatan lima tahun. Ketua Dewan Rakyat dipilih oleh anggotanya.

Dewan Rakyat akan memilih Komite Rakyat (Ủy ban Nhân dân) sebagai badan eksekutif, melalui sistem tidak langsung. Komite Rakyat terdiri dari ketua dan beberapa anggota.

Hakim Pengadilan Rakyat (Tòa án Nhân dân) dari tiap provinsi atau kota ditunjuk oleh Ketua Mahkamah Agung Rakyat Vietnam.

Pemilu terbaru[sunting | sunting sumber]

pemilihan legislatif[sunting | sunting sumber]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Vietnam elections plagued by biased vetting, intimidation". 20 May 2016.