Pemerkiraan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Jumlah pasti permen di dalam stoples ini tidak dapat ditentukan dengan melihatnya karena sebagian besar permen tidak terlihat. Jumlah dapat diperkirakan dengan menganggap bahwa bagian stoples yang tidak dapat dilihat mengandung jumlah yang setara dengan jumlah yang terkandung dalam volume yang sama untuk bagian yang dapat dilihat.

Pemerkiraan, penaksiran, pendugaan, estimasi, pengancar-ancaran, atau pemeranggaran[1] adalah proses menemukan perkiraan atau penghampiran, yang merupakan nilai yang dapat digunakan untuk beberapa tujuan meskipun data masukan mungkin tidak lengkap, tidak pasti, atau tidak stabil. Meskipun demikian, nilai dapat digunakan karena berasal dari informasi terbaik yang tersedia.[2] Pemerkiraan biasanya melibatkan "penggunaan nilai statistik yang berasal dari percontoh untuk memperkirakan nilai parameter populasi yang sepadan".[3] Percontoh memberi informasi yang dapat diproyeksikan, melalui berbagai proses formal atau tidak formal, untuk menentukan rentang yang paling mungkin menggambarkan informasi yang hilang. Perkiraan yang ternyata salah akan menjadi perkiraan yang berlebihan jika perkiraan tersebut melebihi hasil sebenarnya[4] dan perkiraan yang terlalu rendah jika perkiraan tersebut kurang dari hasil sebenarnya.[5]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Hasil Pencarian - KBBI Daring". kbbi.kemdikbud.go.id. Diakses tanggal 12-5-2022. 
  2. ^ C. Lon Enloe, Elizabeth Garnett, Jonathan Miles, Physical Science: What the Technology Professional Needs to Know (2000), p. 47.
  3. ^ Raymond A. Kent, "Estimation", Data Construction and Data Analysis for Survey Research (2001), p. 157.
  4. ^ James Tate, John Schoonbeck, Reviewing Mathematics (2003), page 27: "An overestimate is an estimate you know is greater than the exact answer".
  5. ^ James Tate, John Schoonbeck, Reviewing Mathematics (2003), page 27: "An underestimate is an estimate you know is less than the exact answer".

Pranala luar[sunting | sunting sumber]