Pembunuhan Isla Vista 2014

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Pembunuhan Isla Vista 2014
CAMap-doton-Isla Vista.png
Lokasi Isla Vista di California
LokasiIsla Vista, California, A.S.
Koordinat34°24′43″N 119°51′32″W / 34.412°N 119.859°W / 34.412; -119.859Koordinat: 34°24′43″N 119°51′32″W / 34.412°N 119.859°W / 34.412; -119.859
Tanggal23 Mei 2014 (2014-5-23)
SasaranPara pelajar UCSB
Jenis serangan
Penembakan, pembunuhan–bunuh diri, menembak sambil mengendarai, penusukan, shootout, vehicular assault
SenjataPisau
Glock 34
SIG Sauer P226 (2)
BMW 328i Coupé
Korban tewas
7 (termasuk pelaku)
Korban luka
13 (8 oleh senjata api, 4 by blunt trauma, 1 unclear)
PelakuElliot Rodger
MotifRevenge for sexual and social rejection

Sebuah penembakan liar terjadi pada 23 Mei 2014, di Isla Vista, California, dekat kampus Universitas California, Santa Barbara, oleh Elliot Rodger yang berumur 22 tahun. Rodger membunuh enam orang dan melukai tiga belas orang lainnya sebelum melakukan bunuh diri.[1][2]

Penembakan liar tersebut dimulai ketika Rodger menusuk sampai mati tiga pria di apartemennya.

Pelaku[sunting | sunting sumber]

Elliot Rodger
LahirElliot Oliver Robertson Rodger
(1991-07-24)24 Juli 1991
London, Inggris, Britania Rya
Meninggal23 Mei 2014(2014-05-23) (umur 22)
Isla Vista, California, A.S.
Sebab meninggalMenembak diri sendiri dengan pistol
PekerjaanTidak ada
Orang tuaLi Chin Rodger (ibu)
Peter Rodger (ayah)
Soumaya Akaaboune (ibu tiri)

Elliot Oliver Robertson Rodger[4] (24 Juli 1991 – 23 Mei 2014) dikonfirmasikan oleh polisi sebagai pelaku tunggal dalam pembunuhan tersebut.[5][6][7][8]

Kehidupan awal dan pendidikan[sunting | sunting sumber]

Rodger lahir di London, Inggris, dan berpindah ke Amerika Serikat ketika ia berusia lima tahun.[9] Ia dibesarkan di Los Angeles. Ibunya adalah Li-Chin Rodger, seorang asisten riset Malaysia untuk sebuah perusahaan film,[10][11] dan ayahnya adalah pembuat film Britania Peter Rodger

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Ellis, Ralph; Sidner, Sara (May 27, 2014). "Deadly California rampage: Chilling video, but no match for reality". CNN. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 7, 2014. Diakses tanggal June 13, 2014. 
  2. ^ "Timeline of murder spree in Isla Vista". CBS News. May 26, 2014. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 8, 2014. Diakses tanggal August 2, 2014. 
  3. ^ "ElliotR1". OkCupid. Diarsipkan dari versi asli tanggal August 8, 2014. Diakses tanggal August 9, 2014. 
  4. ^ "Elliot Rodger manifesto outlines plans for Santa Barbara attack". The Sydney Morning Herald. May 25, 2014. Diarsipkan dari versi asli tanggal May 25, 2014. Diakses tanggal July 2, 2014. 
  5. ^ Dorell, Oren; Welch, William M. (May 26, 2014). "Police identify Calif. shooting suspect as Elliot Rodger". USA Today. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 2, 2014. Diakses tanggal July 2, 2014. 
  6. ^ Lovett, Ian; Nagourney, Adam (June 15, 2014). "Video Rant, Then Deadly Rampage in California Town". The New York Times (dipublikasikan tanggal May 24, 2014). Diarsipkan dari versi asli tanggal June 25, 2014. Diakses tanggal July 1, 2014. 
  7. ^ Candea, Ben; Mohney, Gillian (May 24, 2014). "Santa Barbara Killer Began By Stabbing 3 in His Home". ABC News. Diarsipkan dari versi asli tanggal May 25, 2014. Diakses tanggal June 30, 2014. 
  8. ^ Sherwell, Philip (May 24, 2014). "California drive-by shooting: 'Son of Hunger Games assistant director' Elliot Rodger suspected of killing six". The Telegraph. Diarsipkan dari versi asli tanggal May 25, 2014. Diakses tanggal July 2, 2014. 
  9. ^ Molloy, Antonia (May 26, 2014). "California killings: Elliot Rodger's parents heard news of massacre on radio as they raced to stop their son". The Independent. Diarsipkan dari versi asli tanggal August 2, 2014. Diakses tanggal August 13, 2014. 
  10. ^ Brown, Pamela (May 27, 2014). "California killer's parents frantically searched for son during shooting". CNN. Diarsipkan dari versi asli tanggal May 29, 2014. Diakses tanggal June 30, 2014. 
  11. ^ Duke, Alan (May 27, 2014). "California killer's family struggled with money, court documents show". CNN. Diarsipkan dari versi asli tanggal May 29, 2014. Diakses tanggal June 30, 2014. 

Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "ABC.Identified" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "ABC.Lonely" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "ABC.Manifesto" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "ABC.Parents" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "ABC.Secret" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "ABC.Smiled" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "ABC.Victim" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Animal.Bullet" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "BBC.Gunman" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "BBC.Tried" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "BBC.YouTube" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Blaze.GunControl" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Breitbart.Purchased" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Breitbart.Sorority" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "CBS.Improvised" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "CBS.Rampage" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "CBS.Spotlight" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "CBS.Witness" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "ChiTrib.Parents" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "ChiTrib.Suspect" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "ChristianPost.Prayer" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "CNN.Deputies" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "CNN.Details" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "CNN.Father" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "CNN.Inside" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "CNN.Planned" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "CNN.Revelations" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "CNN.Roommates" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "CNN.Shooter" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "CNN.Timeline" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "CNN.Transcript" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "CNN.Twitter" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Congress.HR608" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "CoveredGlobe.Shootings" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "DailyBeast.Sexism" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "DailyBeast.Video" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "DailyBeast.YesAllWomen" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "DailyCaller.GunLaws" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "DailyMail.Victim" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "DailyNexus.InMemory" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "DailyNexus.Map" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "DailyNexus.Shootings" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "DailyNexus.Witnesses" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "DocCloud.Manifesto" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "EpochTimes.Victims" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Forbes.YouTube" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Fox.Father" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Guardian.Sexism" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "IntBusTimes.Police" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "IVChurch.Ours" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "KEYT.Commencement" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "KEYT.Shootings" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "KEYT.Survivor" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "LADailyNews.Gather" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "LATimes.Allowed" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "LATimes.AllStudents" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "LATimes.Bodies" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "LATimes.Parents" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "LATimes.Shootings" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "LATimes.Targeted" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "LATimes.Videos" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "MarinIndJ.TeenInjured" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Mashable.Gunman" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Mirror.Roommates" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "MotherJones.PoliceReport" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "NatPost.Chamber" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "NBC.Deli" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "NewStatesman.Extremism" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Noozhawk.Pastor" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "NPR.Bigotry" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "NYDailyNews.Manifesto" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "NYDailyNews.Retribution" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "NYDailyNews.Roommate" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "NYDailyNews.Slaughter" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "NYDailyNews.Victim" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "NYPost.Killer" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "NYTimes.Amassed" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "NYTimes.Conversation" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "NYTimes.Nightmare" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "NYTimes.Sheriff" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "NYTimes.Spree" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "NYTimes.Threats" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "NYTimes.Victims" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Reason.War" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "RollCall.Feinstein" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "RollCall.MentalHealth" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Salon.Menace" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Salon.Scapegoating" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "SBarbInd.CheckUp" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "SBarbInd.Graduation" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "SBarbInd.Map" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "SBarbInd.Residents" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "SBarbSheriff.Details" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "SFChron.Victims" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Slate.Misogyny" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "SPLC.Racist" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Standard.Shooting" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "TheHill.HouseCondemns" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Time.Misogyny" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "TimesUK.Treatment" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Twitter.Hashtag" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "USAToday.Mourning" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "USAToday.Parents" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "WashExaminer.Priority" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "WashPost.Frustration" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "WashPost.Misogyny" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "WashPost.Sympathy" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "WashPost.Vigil" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "WashTimes.Family" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Yahoo.Aloof" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Yahoo.Father" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Yahoo.Gunman" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Yahoo.Improvised" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Yahoo.Previous" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.

Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Yahoo.Sheriff" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]