Pembunuhan Özgecan Aslan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Özgecan Aslan
Lahir(1995-10-22)22 Oktober 1995
Mersin, Turki
Meninggal11 Februari 2015(2015-02-11) (umur 19)
Dekat Tarsus, Turki
Sebab meninggalDitusuk dan dipukuli
Penemuan jasadDekat Çamalan, Tarsus, Turki
MakamTarsus, Turki
PekerjaanMahasiswi
Dikenal atasKorban pembunuhan dan percobaan pemerkosaan

Özgecan Aslan (22 Oktober 1995[1] – 11 Februari 2015) adalah seorang mahasiswi Turki yang dibunuh karena menolak upaya pemerkosaan[2] pada tanggal 11 Februari 2015 di sebuah minibus di Mersin. Jenazahnya ditemukan pada tanggal 13 Februari. Pembunuhan ini diduga dilakukan oleh sopir minibus dan dua kaki tangannya.

Pembunuhan itu menyebabkan kemarahan nasional dan memicu protes di seluruh negeri pada hari-hari berikutnya.[3] Ribuan demonstran turun ke jalan di beberapa provinsi, mengkritik pemerintah karena "respons yang tidak cukup tanggap" dan dugaan adanya normalisasi pemerkosaan terhadap perempuan non-konservatif. Protes ini dianggap sebagai gerakan massa pertama bagi perempuan di Turki.[4] Peristiwa ini juga menyebabkan munculnya seruan reformasi untuk memerangi kekerasan terhadap perempuan dengan lebih efektif. Kasus ini mendapat perhatian besar di media sosial dan mendorong perempuan untuk berbagi pengalaman pelecehan yang mereka alami. Protes besar-besaran yang terjadi pada hari Senin, 16 Februari, menyebabkan hari tersebut dijuluki dengan "Black Monday". Pembunuhan tersebut digambarkan sebagai katalisasi bagi perempuan untuk berbicara mengenai penderitaan panjang yang mereka alami[5] dan secara bersamaan dianggap memecah belah sekaligus menyatukan bangsa Turki.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Özgecan'ın annesi: Ne olur iki üç yıl yatıp çıkmasınlar". Radikal (dalam bahasa Turkish). Diakses tanggal 15 February 2015. 
  2. ^ "Brutal slaying leads to protests over violence against women in Turkey". Los Angeles Times. Diakses tanggal 15 February 2015. 
  3. ^ "Turkey rallies over murder of woman who 'resisted rape'". BBC News. Diakses tanggal 15 February 2015. 
  4. ^ "Özgecan'ın evine abluka" (dalam bahasa Turkish). Cumhuriyet. Diakses tanggal 21 February 2015. 
  5. ^ Şafak, Elif. "After years of silence, Turkey's women are going into battle against oppression". The Guardian. Diakses tanggal 18 February 2015.