Pemblokiran Wikipedia oleh Republik Rakyat Tiongkok

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian


Dalam beberapa kasus, pemerintah dan penyedia jasa Internet Republik Rakyat Tiongkok (RRT) telah memblokir akses ke ensiklopedia daring Wikipedia karena hukum penyensoran yang ketat di RRT.

Pemblokiran ini berfungsi seperti penyaring konten. Pada penyensoran Internet di RRT secara umum, teritori dengan pemerintahan sendiri yaitu Hong Kong dan Makau yang memiliki sistem hukum terpisah tidak terkena dampaknya. Situs Wikimedia telah diblokir sedikitnya tiga kali sepanjang sejarahnya.

Pada April 2006, perusahaan mesin pencari Tiongkok, Baidu, meluncurkan Baidu Baike, sebuah ensiklopedia daring berbasis wiki bahasa Tionghoa. Kebijakan konten Baidu Baike berbeda dari Wikipedia,[1] dan situs ini tidak diblokir.

Bulan Juni 2007, pemblokiran ini diangkat kecuali untuk Wikipedia bahasa Tionghoa dan sejumlah artikel (termasuk Falun Gong dan Protes Lapangan Tiananmen 1989). Bulan Agustus 2007, semua bahasa diblokir kembali.

Pada April 2008, akses menuju sebagian besar situs Wikipedia bahasa Inggris dikembalikan setelah protes besar terjadi selama estafet obor Olimpiade di seluruh dunia. Akses ke Wikipedia bahasa Tionghoa dikembalikan sesaat kemudian.

Pada September 2008, Jimmy Wales bertemu dengan Cai Mingzhao, Wakil Direktur Lembaga Informasi Dewan Negara Tiongkok ("badan pemerintah yang 'Divisi Manajemen Internet'-nya bertugas menyensor konten daring"). Tidak ada perjanjian yang dilakukan, Wales percaya bahwa saluran komunikasi telah dibuka antara komunitas Wikipedia dan pemerintah RRT.[2]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Tionghoa) "百科原则". Baidu Baike. Diakses tanggal 2006-12-24. 
  2. ^ Wikipedia's Jimmy Wales meets China's censors

Pranala luar[sunting | sunting sumber]