Pembicaraan:Suku Melayu

Konten halaman tidak didukung dalam bahasa lain.
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
ProyekWiki Disambiguasi
Ikon ProyekWikiHalaman ini merupakan bagian dari ProyekWiki Disambiguasi, sebuah kolaborasi untuk untuk membuat struktur dan mengatur semua halaman disambiguasi/pengalihan di Wikipedia. Anda diundang untuk berpartisipasi dalam proyek ini dengan bergabung bersama pengguna lain di halaman ProyekWiki Disambiguasi.
 
ProyekWiki Indonesia (Dinilai kelas Start, High)
Ikon ProyekWiki
Artikel ini berada dalam lingkup ProyekWiki Indonesia, sebuah kolaborasi untuk meningkatkan kualitas Indonesia dan topik yang berkaitan dengan Indonesia di Wikipedia. Jika Anda ingin berpartisipasi, silakan kunjungi halaman proyek, dan Anda dapat berdiskusi dan melihat tugas yang tersedia.
 Awal  Artikel ini telah dinilai sebagai kelas awal pada skala kualitas proyek.
 Tinggi 
Penting
 
ProyekWiki Malaysia (Dinilai kelas Start, High)
Ikon ProyekWikiArtikel ini berada dalam lingkup ProyekWiki Malaysia, sebuah kolaborasi untuk meningkatkan kualitas Malaysia di Wikipedia. Jika Anda ingin berpartisipasi, silakan kunjungi halaman proyek, dan Anda dapat berdiskusi dan melihat tugas yang tersedia.
 Awal  Artikel ini telah dinilai sebagai kelas awal pada skala kualitas proyek.
 Tinggi 
Penting
 

Tampaknya artkel ini hanya merujuk ke suku melayu daripada bangsa melayu(meliputi seluruh orang malayan mongoloid). Sudah saya buat penala ke artikel baru tersebut. Jika artikel bangsa melayu tersebut dianggap tidak perlu dapat dihapus saja, say belum mengisi artikel tsb.Aditthegrat 14:25, 12 Maret 2006 (UTC)

Rasanya perlu dinyatakan dari mana dakwaan Melayu berasal dari para pedagang Muslim? Kajian bahasa menunjukkan asal bahasa yang sama dengan bahasa Cina. Jadinya ini teori sendiri sendiri sahaja ke? Yosri 13:10, 23 Februari 2007 (UTC)

Mana dapat teori ini? Ini teori sendirikah? "Malayalam" tak sama dengan "Malay". Istilah asal "Malay" ialah Melayu. Sila pastikan ketepatan maklumat. Selaraskan artikel ini dengan artikel dari Wiki Melayu. Sekian, Terima Kasih. – komentar tanpa tanda tangan oleh 218.208.238.157 (bk).

Restrukturisasi[sunting sumber]

Ini artikel makin kacau balau saja :( Gombang (bicara) 11:16, 12 Juli 2009 (UTC)

Setuju, artikelnya harus direstrukturisasi. Bagaimana kalau dipertimbangakan agar subtopiknya sbb: Etimologi, Sejarah (Proto, Deutro, Austronesia), Bahasa, Penggunaan istilah (etnis, bangsa, pengaruh kolonial/antropologi lama), Konteks modern (ASEAN, Nusantara)? Feedback, please. Salam, Naval Scene (bicara) 13:59, 29 Desember 2009 (UTC)
Sudah 2,5 thn belum ada feedback juga ya, he3x. Ya sudah nanti kalau ada waktu saya langsung garap saja lah. Naval Scene (bicara) 14 Juni 2013 07.49 (UTC)[balas]

P. Ramlee orang Melayu?[sunting sumber]

Bukannya P. Ramlee orang Aceh? Kok ada fotonya di artikel ini? -- Si Gam (bicara) 7 April 2013 06.16 (UTC)[balas]

Meski bapanya berasal dari Acheh, Ibu P.Ramlee adalah Orang Melayu Pulau Pinang (sub-group kepada Melayu Kedah). Lagian, P Ramlee sendiri tidak pernah mengidentifikasi dirinya sebagai "orang Acheh". Dalam masyarakat Malaysia, P.Ramlee adalah orang Melayu. – komentar tanpa tanda tangan oleh ‎183.171.162.48 (bk).

Pengeditan halaman ini perlu dibuka tapi tetap di batasi dan diawasi[sunting sumber]

@RaFaDa20631: Saya Northheavensky editor yang biasa mengedit di wikipedia english, kali ini saya merasa perlu ada pengembangan pada halaman suku melayu ini, sehingga saya sarankan agar halaman ini bisa dibuka untuk pengeditan, jangan "dikunci total hanya untuk pengurus" karena perlu ada pengembangan halaman dari editor lain. Tapi saya setuju untuk membatasi pengeditan halaman ini untuk mengantisipasi serangan editor siluman, namun jangan dikunci seperti ini. Northheavensky (bicara)

@Northheavensky: Level perlindungan sudah diturunkan menjadi semi-perlindungan. Silakan diskusikan perubahan sebelum melakukan perubahan drastis. Terima kasih. ꦱꦭꦩ꧀Bennylin bincang 19 Mei 2022 00.39 (WIB)

@Mjdd: Bisakah anda berhenti membalikan hasil edit saya? Dan berikan alasan anda, mengapa anda bersikukuh menolak revisi saya? Northheavensky (bicara) 16 Februari 2022 12.27 (UTC)[balas]

Sorry, tag aja Mjddd RaFaDa20631 (bicara) 16 Februari 2022 12.34 (UTC)[balas]

@RaFaDa20631: Bisa dibantu dikasih jalan tengah? Northheavensky (bicara) 16 Februari 2022 12.27 (UTC)[balas]

Sebenarnya saya mau geser ke topik lain yang juga kemungkinan rawan divandal atau dipersengketakan. Maaf, saya juga agak menurunkan tensi menulis saya di sini.
Saya melihat dari jumlah penduduk, sampai saat ini belum ada data termutakhir dari bermacam-macam sensus. Jadi mohon bersabar. Lebih baik dibalikkan sampai data baru ditemukan. Terus dari pengguna Mjddd, tata pengurutan suku bangsa tidak menggunakan urutan alfabetis. Agar adil, pembahasan suku menurut negara diurutkan berdasarkan alfabet. Jadi subbabnya saya urutkan mulai dari Indonesia, Malaysia, Myanmar, Siam, dan Singapura. RaFaDa20631 (bicara) 16 Februari 2022 12.48 (UTC)[balas]
Angka 8 juta berasal dari sebuah jurnal yakni Ananta et al. (2015) ini masih berkaitan dengan data sensus bps2010, sudah pernah dibicarakan di wikipedia inggris, bisa dilihat disini https://en.wikipedia.org/wiki/Talk:Ethnic_groups_in_Indonesia#Census_data_vs._academic_secondary_sources oleh Austronesier

"Jika Anda ingin menambahkan angka-angka dari BPS, Anda harus menyediakan sumber sekunder yang setara dengan Ananta dkk. (2015), yang ditulis oleh para ahli materi pelajaran dan diterbitkan oleh mitra penerbitan Cambridge University Press.

Bukan berarti data BPS tidak reliabel. Jika tidak ada sumber sekunder akademis, data BPS adalah informasi terbaik yang kami miliki, dan karena itu juga digunakan di banyak artikel. Tetapi jika sumber sekunder tersedia yang menyajikan data dari sudut pandang ahli materi pelajaran akademis, kebijakan WP menyarankan kami untuk menggunakan yang terakhir." Northheavensky (bicara)

Galeri potret infobox[sunting sumber]

Excuse me for writing in English as I'm coming from English Wikipedia. Why are the portrait galleries from the infoboxes of articles about ethnic groups still allowed in Indonesian Wikipedia? It was banned with consensus long ago in English Wikipedia.[1] Even here in Indonesian Wikipedia, the execution seems disparate. Some Indonesian ethnic groups such as Suku Jawa have a staggering huge list of portraits, while others completely eliminated the gallery and followed the style of English Wikipedia. What are the reasoning behind the persistent use of portrait gallery, as well as the selective and patchy application of it?

For your information, here are the Indonesian ethnic groups with portrait gallery:

Meanwhile, here are the ethnic groups that don't have the portrait gallery (as of this moment I'm posting this topic. Potentially more uncovered here):

Why is this practice still allowed? Indonesia is a multi-ethnic country, and with the current policy still being applied, I believe there is a host of issues that can potentially arise in the future. For example, Sandiaga Uno is included in the infobox of Suku Gorontalo. But we all know he is multi-ethnic.[2] On what basis does Indonesian Wikipedia arbitrary decide his "primary" ethnic background? Not to mention who gets to decide the "representative" of an ethnic group. The practice is mired with WP:POV and WP:OR, and causing Indonesian Wikipedia to be the source of misinformation. This is the kind of thing that Indonesia needs to discuss and prevent as a country with multi-ethnic harmony. I know only a handful of users effectively manage Indonesian Wikipedia, but even so, I'm extremely baffled by how people here think it is perfectly fine keeping and defending this practice.

terjemahan[sunting sumber]

Permisi saya menulis dalam bahasa Inggris (dan ini terjemahannya) karena saya berasal dari Wikipedia bahasa Inggris. Mengapa galeri potret di infobox artikel tentang suku masih diperbolehkan di Wikipedia bahasa Indonesia? Ini telah dilarang dengan konsensus sejak lama di Wikipedia bahasa Inggris.[3] Bahkan di Wikipedia bahasa Indonesia, eksekusinya tampaknya berbeda. Beberapa kelompok etnis Indonesia seperti Suku Jawa memiliki daftar galeri potret yang sangat besar, sementara yang lain benar-benar menghilangkan galeri dan mengikuti style Wikipedia bahasa Inggris. Apa alasan di balik penggunaan galeri potret yang terus-menerus, serta penerapannya yang selektif dan tidak merata?

Sekadar informasi, berikut adalah suku bangsa Indonesia dengan galeri potret di infobox:

Sedangkan suku-suku yang tidak memiliki galeri potret ini adalah (saat saya menambahkan topik ini):

Mengapa praktik ini masih diperbolehkan? Indonesia adalah negara multi-etnis, dan dengan penerapan praktik seperti ini saya yakin akan ada sejumlah masalah yang muncul di masa depan. Misalnya Sandiaga Uno dimasukkan ke dalam infobox Suku Gorontalo. Tapi kita semua tahu dia multi-etnis.[4] Atas dasar apa Wikipedia Indonesia secara sewenang-wenang memutuskan latar belakang etnis "utama"-nya? Apalagi ada juga pertanyaan siapa yang berhak menentukan "perwakilan" suatu kelompok etnis. Praktik tersebut diwarnai dengan WP:POV dan WP:OR, sehingga menyebabkan Wikipedia Indonesia menjadi sumber misinformasi. Hal seperti inilah yang perlu dibahas dan dicegah oleh Indonesia sebagai negara yang multietnis. Saya menduga hanya segelintir pengguna yang secara efektif mengelola Wikipedia Indonesia, tetapi meskipun demikian, saya sangat bingung kenapa pengguna di sini berpikir bahwa menjaga dan mempertahankan praktik ini adalah hal yang baik. JahlilMA (bicara) 26 Maret 2022 17.38 (UTC) JahlilMA (bicara) 26 Maret 2022 17.38 (UTC)[balas]

External links found that need fixing (Oktober 2023)[sunting sumber]

Hello fellow editors,

I have found one or more external links on Suku Melayu that are in need of attention. Please take a moment to review the links I found and correct them on the article if necessary. I found the following problems:

When you have finished making the appropriate changes, please visit this simple FaQ for additional information to fix any issues with the URLs mentioned above.

This notice will only be made once for these URLs.

Cheers.—InternetArchiveBot (Melaporkan kesalahan) 17 Oktober 2023 19.18 (UTC)[balas]

External links found that need fixing (November 2023)[sunting sumber]

Hello fellow editors,

I have found one or more external links on Suku Melayu that are in need of attention. Please take a moment to review the links I found and correct them on the article if necessary. I found the following problems:

When you have finished making the appropriate changes, please visit this simple FaQ for additional information to fix any issues with the URLs mentioned above.

This notice will only be made once for these URLs.

Cheers.—InternetArchiveBot (Melaporkan kesalahan) 17 November 2023 16.19 (UTC)[balas]

  1. ^ [1]
  2. ^ [2]
  3. ^ [3]
  4. ^ [4]