Pembicaraan:Suku Tingalan

Konten halaman tidak didukung dalam bahasa lain.
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
ProyekWiki Indonesia (Dinilai kelas Stub)
Ikon ProyekWiki
Artikel ini berada dalam lingkup ProyekWiki Indonesia, sebuah kolaborasi untuk meningkatkan kualitas Indonesia dan topik yang berkaitan dengan Indonesia di Wikipedia. Jika Anda ingin berpartisipasi, silakan kunjungi halaman proyek, dan Anda dapat berdiskusi dan melihat tugas yang tersedia.
 Rintisan  Artikel ini telah dinilai sebagai kelas rintisan pada skala kualitas proyek.
 

Diskusi Usulan Penggabungan[sunting sumber]

DAYAK Tingalan sangat berbeda dengan Dayak Agabag karna Dayak AGABAG hanya ada di kabupaten Nunukan dan apabila digabungkanpun sangat tidak tepat. dalam forum adat Nusantara (atau apa namanya yang mengesahkan seluruh adat indonesia) bahwa dayak AGABAG jelas berdiri sendiri. saya pun kenal dengan dewan Adat Agabag Propinsi maupun Kabupaten jaddi apabila ada info yang lebih jelas saya siap memberi alamat dan No HP kedua Ketua Adat Dayak Agabag diatas.

Dayak Tingalan atau Dayak Agabag[sunting sumber]

Pemikiran saya sebagai Mantan Ketua Adat Suku DayakTingalan bahwa Suku Dayak Tingalan Pakaian Khasnya kami namakan Abag, sedangkan kalau Abag kita gunakan di tubuh pelindung sahwat atau alat kelamin, sebutannya AgabaG. Nah lalu kebetulan Tingalan itu Salah satu Sub suku dayak, maka ia disebut Dayak TingAlan. Yang artinya ulun beengalan, dalam bahasa Indonesianya, orang atau suku yang juga memiliki, punya nama, daan, semua suku Dayak pasti menggunakan cawat alias Agabag. Jadi begitu wiki penjelasan saya. Artinya semua orang dayak itu Agabag sedangkan Abag adalah pakaian khas Dayak Tingalan. 36.90.109.43 12 Januari 2022 14.50 (UTC)[balas]