Pembicaraan:Pencak silat

Konten halaman tidak didukung dalam bahasa lain.
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Apa perbedaan utama Pencak silat dengan kung fu, sorry wushu :-) Apa ada pengaruh Tionghoa atau Indianya ya? Meursault2004 16:36, 21 Apr 2005 (UTC)

Menurut seorang peneliti (kutipan di bagian sejarah) ternyata ada pengaruh Tionghoa atau Indianya. Naval Scene 13:14, 13 Desember 2007 (UTC)

bagaimana menurut anda semua mengenai pencak silat PERISAI DIRI?[sunting sumber]

Menurut saya, Perisai Diri memiliki kelebihan (bila dilihat dari "bela diri") dan kekurangan bila dilihat dari bentuk silat. Perisai Diri sulit kita katakan sebagai pencak silat murni karena banyak sekali campuran dari beladiri lain. Tetapi, apakah hal tersebut menjadikan kekurangannya? Menurut saya tidak @! Karena bila dibanding silat lain, perisai diri lebih banyak ke bela diri membunuh dan melumpuhkan lawan dalam sekejap. Maaf saya rasa cukup sekian komentar dari saya Terimakasih. – komentar tanpa tanda tangan oleh 222.124.21.203 (bk).

saya setuju dengan pendapat anda, mungkin kalau orang non-anggota Perisai Diri melihat tehnik2 Perisai Diri, mereka akan bertanya2 ini pencak silat atau bukan? karena tehnik Perisai Diri pada umumnya jauh berbeda dengan perguruan silat lain, tehnik Perisai Diri lebih mirip dengan gerakan2 kung fu yang lebih banyak teknik membunuh lawan... terimakasih. – komentar tanpa tanda tangan oleh 202.69.105.46 (bk).

saya adalah salah satu anggota perisai diri di sebuah ranting di Jakarta. Menurut saya, perisai dir itu terpisah dari Pencak Silat dan merupakan Silat. Memang perisai diri memiliki banyak teknik yang mirip dengan teknik-teknik lain di luar perisai diri. justru itulah keunikannya, kita bisa belajar beraneka teknik dalam satu perguruan. kami tidak membunuh lawan tapi hanya membela diri, seperti namanya saja Perisai diri berarti bukan untuk menyerang tapi membela diri. Di PD, kami mempelajari teknik-teknuik bagaimana melumpuhkan penyerang dengan mempelajari bagian-bagian yang dianggap "titik lemah" lawan. Saya punya teman, dia sudah sering "berkelana" mengikuti berbagai seni beladiri, tapi akhirnya dia berhenti dan memilih Perisai diri. Menurut dia, perisai Diri memiliki teknik yang paling komplit di antara seni bela diri lainnya. Terima Kasih. – komentar tanpa tanda tangan oleh 152.118.148.218 (bk).

Salam Bunga Sepasang. Menurut saya Perisai Diri adalah silat tetapi bukan pencak silat. Ilmu silat perisai diri terutama pada tehniknya apabila disandingkan dengan kungfu juga menurut saya juga kurang tepat (bukan berarti salah). Karena begini, perisai diri adalah beladiri dimana Dia memiliki keunikan dan kekhasan tersendiri. Dia merupakan gabubgan dan terlahir menjadi inti dan sari dari bebrbagai unsur beladiri di Indonesia dan dunia. Namun, Sang Guru Pak Dirjo, telah menyarikanya sehingga tehnik-tehniknya menjadi khas dan tehnik-tehnik tersebut disebut dengan Tehnik Asli. Sari dan uniknya dari tehnik asli tersebut dapat dipelajari dengan baik apabila seorang anggota periai diri sudah belajar pernafasan yang baik dan kerokhanian yang mantap. Disinilah akan muncul bahwa seorang manusia perisai diri akan menyadari bahwa salah satu tehnik asli yang ia pelajari akan menggambarkan dirinya dan sifat asli dari manusia itu sendiri. Dengan bantuan pernafasan dan latihan kerohai\nian yang kontinyu akan membimbing manusia perisai diri menuju jalan yang benar sesuai dengan ajaran perisai diri dan agama yang dianutnya. – komentar tanpa tanda tangan oleh 114.57.168.83 (bk).

krhtws" salam " Ha...ha..Perisai Diri not number one but the best. I think so "Perisai Diri,Jovan Perisic, Larissa Diri, etc" the best technik from animal and human.Begini saya mempunyai cerita unik didalam Ilmu Silat Perisai Diri. Pada waktu itu saya lagi bercanda dengan dengan teman sekolah pada waktu SMA, sekonyong - konyong datang segerombolan pemuda dengan menggoda teman kami yang pada waktu itu bolos sekolah. Nah, saat itu saya nggak ikut bolos jadi saya nggak tahu apa itu Perisai Diri.Yang saya tahu namanya "Perisai" itu perlindungan sedangkan "Diri" itu saya jadi Perlindungan untuk saya atau istilahnya bodyguard. – komentar tanpa tanda tangan oleh 125.164.233.185 (bk).

Daftar perguruan dipisah[sunting sumber]

Karena jumlahnya sudah terlalu banyak, bila tidak ada yang keberatan maka daftar perguruan akan saya dijadikan artikel yang terpisah. Salam, Naval Scene 13:14, 13 Desember 2007 (UTC)

Mohon ijin untuk dapat menambahkan beberapa informasi pada artikel ini. Terimakasih qbStudio 16:01, 9 Maret 2008 (UTC)

Tag Pemastian[sunting sumber]

Maaf Tag Pemastian saya tampilkan kembali, karena menurut saya terlalu banyak isi dari artikel ini yang benar-benar memerlukan pemastian. Salam, Naval Scene (bicara) 07:12, 6 Mei 2009 (UTC)


Kembali ke Artikel Asli[sunting sumber]

Saya liat artikel ini semuanya palsu dan berisi 100% propaganda terkait malaysianinasi dan hal ini tidak terjadi diartikel ini saja atau diartikel lain, tapi semua hal yang terkait Warisan Kebudayaan Indonesia dan Nusantara. Kesimpulannya, sudah seharusnya dikembalikan keartikel aslinya yang lebih lengkap dan autentik. – komentar tanpa tanda tangan oleh 125.161.202.138 (bk).

Mungkin lebih berguna jika Anda ikut memperbaikinya daripada hanya berkomentar. borgx(kirim pesan) 00:24, 5 Juni 2009 (UTC)

Yang dipertuan Mr Borog atau siapalah, pernah merasa menulis ini "Halo! Saya adalah borogx merupakan salah satu pengurus di Wikipedia ini. Kebanyakan yang saya lakukan adalah apa yang dinamakan dengan WikiGnome yaitu memantau perubahan terbaru untuk mengembalikan vandalisme, memperbaiki kategori, dsb" berarti ini memang kerjaan anda yah. Saya ngasih pendapatpun harusnya anda berterimakasih udah dikasih tau, diluar ini yang jelas kalo saya punya backupnya ga perlu saya bilang juga, udah dari kmrn2 saya benerin.– komentar tanpa tanda tangan oleh 222.124.228.183 (bk).

Bung pengguna anonim, marilah kita secara bersama menjaga etikawiki & praduga positif di sini. Para pengurus di Wikipedia adalah kontributor sukarela juga, yang sama seperti anda. Bisa jadi lho Bung Borgx memiliki keterbatasan minat, waktu, maupun pengetahuan mengenai topik-topik tertentu. Mengenai "back up", silahkan anda lihat di sini. Semua perubahan ada, termasuk kontribusi terawal artikel ini pada 17:35, 10 April 2005 oleh pengguna AFP. Silahkan memperbaikinya, kalau bisa sekalian dengan referensinya. Salam hangat & selamat berkontribusi, Naval Scene (bicara) 06:26, 3 September 2009 (UTC)

External links found that need fixing (Oktober 2023)[sunting sumber]

Hello fellow editors,

I have found one or more external links on Pencak silat that are in need of attention. Please take a moment to review the links I found and correct them on the article if necessary. I found the following problems:

When you have finished making the appropriate changes, please visit this simple FaQ for additional information to fix any issues with the URLs mentioned above.

This notice will only be made once for these URLs.

Cheers.—InternetArchiveBot (Melaporkan kesalahan) 11 Oktober 2023 22.03 (UTC)[balas]