Pembicaraan:Patma raksasa

Konten halaman tidak didukung dalam bahasa lain.
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Rasanya ejaan yang benar "Padma" bukan "Patma". "Padma" berasal dari bahasa Sansekerta, yang berarti "bunga". Kalau digoogle, "Padma raksasa" muncul 98 kali, sedangkan "patma raksasa" 3 kali.Stephensuleeman 09:42, 11 Mei 2007 (UTC)

Gw bingung, soalnya ada R. patma. Terus dari list di Daftar keputusan Mentan, ada kerabatnya yg disebut juga pakai "t" (patmasari, tanaman obat). Kalo dari Google, musti dilihat dulu tanggalnya, jgn2 pada mengutip dari Wikipedia id juga :-) Selain itu, padma itu nama yg dipakai utk sejenis teratai. Sebetulnya, sejak gw nulis di wiki udah skeptis sama nama padma, cuma krn sumber gw (Keputusan presiden tentang bunga nasional, di situ juga salah tulis: padua, parah banget!) nulis gitu, yah apa boleh buat. Coba tanya ke Wic atau yg lain yg punya akses ke LBN buat dicek ke buku2 "babon" orang biologi atau kehutanan. Trims utk pertanyaannya. Kembangraps 09:50, 11 Mei 2007 (UTC)
Nimbrung aah, dan ikutan bikin bingung. Dulu-dulu sih, seingat saya R. arnoldi nggak pernah disebut padma atau patma (raksasa), sebutannya ya 'bunga bangkai raksasa' (yang bisa bikin ketuker sama Amorphophallus titanum) atau 'bunga Raflesia' begitu saja. R. patma dikasih nama begitu mungkin karena simplisianya yang dijadikan bahan jamu patmosari orang Jawa. Baru belakangan ini orang-orang (di Indonesia; entah kalau di Malaysia) menamainya sebagai 'bunga padma'.
Mungkin maksudnya bagus, memperjelas nama untuk menghindari kerancuan dengan jenis-jenis Amorphophallus. Tapi bener kata mas Kembang, padma sebetulnya sudah dari dulu dipakai (di Indonesia) sebagai nama sejenis teratai (yang berbunga merah). Jadi sekarang malah bisa rancu sama teratai. Bisa saja nama patmosari itu kelirumologinya orang Jawa, yang mengira R. patma yang kecil itu sebagai semacam bunga teratai. Tapiii..., ini semua juga baru kirologinya saya saja, yang masih harus dipriksa kebenarannya. Kok jadi tambah kusut, ya? Wie146 07:15, 14 Mei 2007 (UTC)

Daripada kusut punya kusut, lebih baik saya sunting menjadi Bunga Rafflesia.

Relly Komaruzaman Bicara 11:32, 22 Agustus 2009 (UTC)


Berdasarkan KBBI, tidak ada kata patma. Yang ada adalah kata padma yang mengandung arti: 1 bunga teratai, bunga seroja; 2 tumbuhan langka yg tidak berbatang atau berdaun, bunganya cokelat kemerah-merahan, berukuran besar yang kelihatan seperti tiba-tiba muncul pada batang tumbuhan melilit yang diparasitinya. tengnang 05:41, 11 Juni 2013 (UTC)