Pembicaraan:Mustafa Kemal Atatürk

Konten halaman tidak didukung dalam bahasa lain.
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
ProyekWiki Biografi  
Ikon ProyekWiki
Artikel ini berada dalam lingkup ProyekWiki Biografi, sebuah kolaborasi untuk meningkatkan kualitas Biografi di Wikipedia. Jika Anda ingin berpartisipasi, silakan kunjungi halaman proyek, dan Anda dapat berdiskusi dan melihat tugas yang tersedia.
 ???  Artikel ini belum dinilai pada skala kualitas proyek.
 
Mantan AP Artikel ini adalah mantan calon artikel pilihan. Silakan lihat halaman penilaiannya untuk mengetahui mengapa pengusulannya gagal.

Saya kagum melihat artikel ini yang isinya banyak dan bahkan memuat sebuah daftar pustaka. Selamat bagi yg menulis kalau ini karyanya sendiri! Sebab saya agak ragu ini kelihatannya ditilik dari gaya bahasa berasal dari sebuah majalah. Sayang juga isinya kurang netral (NPOV!) mudah-mudahan ada yg bisa menyadur. Meursault2004 17:31, 6 Feb 2005 (UTC)

Kalau berbicara mengenai artikel ini, rasanya memang ada kesulitan untuk memperbaiki isinya yang kurang netral. Dalam artikel bahasa Inggrisnya pun, masih ada perdebatan mengenai apakah dia ini merupakan seorang diktator ataupun seorang pahlawan. Artikel Indonesianya jelas-jelas mendukung pihak pertama :) Hayabusa future 09:11, 8 Feb 2005 (UTC)
Barangkali artikel Inggris (yang pro) dan artikel Indonesia (yang kontra) dikombinasikan aja :-) Bisa ya seseorang dipandang dengan begitu bertolak belakang? Femmy 01:06, 9 Feb 2005 (UTC)
Sebaiknya diberi templat NPOV atau sesuatu hal yg mirip. Namun templat masih harus dibuat :-) Meursault2004 19:01, 8 Feb 2005 (UTC)
Apa dia pahlawan atau bukan itu terserah, dan itu bukan poin pembicaraan kita, tetapi Wikipedia merupakan sebuah ensiklopedi di mana para pembaca bisa menggunakannya sebagai bahan rujukan yang tepercaya dan netral. Jadi jangan berat sebelah. Memang Ataturk seorang tokoh kontroversial. Di satu sisi dia dianggap kurang barat di sisi lain kurang Islam. Saya pernah lihat-lihat di Wikipedia Rusia artikel tentang ru:Lenin. Ternyata artikel ini terdiri dari dua bagian yg berbeda, jadi mungkin saran Pengguna:Femmy bagus juga, jadi pada artikel2 tertentu ada dua sisi. Mungkin tokoh Ataturk ini bagi para pembaca Wikipedia Indonesia kurang relevan, tetapi saran ini bisa diterapkan pada artikel-artikel lain. Meursault2004 12:49, 11 Feb 2005 (UTC)

Masalah yang sama saya temukan dalam artikel mengenai Kerajaan Ottoman. --Stephensuleeman 05:00, 23 Oktober 2005 (UTC)stephensuleeman

Netralitas Bukan Cuma Dipertanyakan[sunting sumber]

Mustafa Kemal Pasha yang telah membawa Turki bangkit dari kehancuran, bagi sebagian umat Islam dianggap 'musuh besar' karena menyingkirkan kekuasaan otoriter dan kolot terakhir dari kekhilafahan Islam.

Masalahnya, netralitas artikel ini bukan saja patut dipertanyakan, tetapi memang harus dianggap sangat berat sebelah! Sama juga seperti paragraf pertama dari tanggapan saya ini. Dua-duanya sama-sama berat sebelah dan seharusnya tidak boleh ada dalam sebuah ensiklopedia.

Saya melihat bahwa setiap baris artikel itu sangat berat sebelah... ya, semuanya.

Buat yang menulis artikel ini, saya cuma mau bilang kalau ini adalah Wikipedia Indonesia, bukan majalah agama Islam.

-Adri K.-

Silahkan memperbaiki yang tidak netral, tapi harap tidak menghapus seluruh artikel. borgx(kirim pesan) 08:03, 12 Agustus 2006 (UTC)

Terima Kasih[sunting sumber]

Terima kasih karena sudah mengganti artikel radikal yang berat sebelah itu ke terjemahan dari artikel Inggris (Barat) yang lebih netral.

Saya harap di lain kesempatan Wikipedia Indonesia menjadi tempat pencarian informasi yang ilmiah dan bukan opini sempit yang picik, radikal, intoleran, berat sebelah dan fanatik.

-Adri K.-

Artikel ini sebenarnya lebih berpihak kepada barat dan belum adanya sumber-sumber yang dapat dipercaya. Namun disisi lain banyak yang berangapan bahwa sumber-sumber baratlah yang lebih netral. Sebaiknya artikel ini lebih mengedepankan netralitas dari kedua pihak sehingga tidak ada pihak-pihak yang mengklaim keabsahan sumbernya. Farhan Curious (bicara) 10 Maret 2019 18.25 (UTC)[balas]

External links found that need fixing (Oktober 2023)[sunting sumber]

Hello fellow editors,

I have found one or more external links on Mustafa Kemal Atatürk that are in need of attention. Please take a moment to review the links I found and correct them on the article if necessary. I found the following problems:

When you have finished making the appropriate changes, please visit this simple FaQ for additional information to fix any issues with the URLs mentioned above.

This notice will only be made once for these URLs.

Cheers.—InternetArchiveBot (Melaporkan kesalahan) 9 Oktober 2023 02.08 (UTC)[balas]

External links found that need fixing (November 2023)[sunting sumber]

Hello fellow editors,

I have found one or more external links on Mustafa Kemal Atatürk that are in need of attention. Please take a moment to review the links I found and correct them on the article if necessary. I found the following problems:

When you have finished making the appropriate changes, please visit this simple FaQ for additional information to fix any issues with the URLs mentioned above.

This notice will only be made once for these URLs.

Cheers.—InternetArchiveBot (Melaporkan kesalahan) 10 November 2023 23.46 (UTC)[balas]