Pembicaraan:Muhammad bin Abdul Wahhab

Konten halaman tidak didukung dalam bahasa lain.
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
ProyekWiki Biografi  
Ikon ProyekWiki
Artikel ini berada dalam lingkup ProyekWiki Biografi, sebuah kolaborasi untuk meningkatkan kualitas Biografi di Wikipedia. Jika Anda ingin berpartisipasi, silakan kunjungi halaman proyek, dan Anda dapat berdiskusi dan melihat tugas yang tersedia.
 ???  Artikel ini belum dinilai pada skala kualitas proyek.
 

Berhubung judul artikel2 uatma masing2 bagian menggunakan penamaan yg salah, sementara ini semuanya digabungkan dulu. Selain itu, artikel ini memerlukan perapian. Hayabusa future 08:27, 16 Februari 2006 (UTC)


Syeikh Muhammad bin `Abdul Wahab bersama pendukungnya mendapat tekanan dan ancaman dari sebagian ulama yang sesat, yaitu ulama jahat yang memusuhi dakwahnya di sana; keduanya diancam akan dibunuh....

Di antara yang menentangnya dakwah tersebut adalah Amir (pihak berkuasa) wilayah al-Ihsa’ (suku Badwi) dengan para pengikut-pengikutnya dari Bani Khalid Sulaiman bin Ari’ar al-Khalidi. Mereka adalah suku Badui yang terkenal berhati keras, suka merampas, merampok dan membunuh...........

Golongan ulama khurafat.........


Teramat banyak kalimat-kalimat/alenia-alenia tendensius di wikidepia ini. Setiap kelompok/ulama/orang yang tidak sepaham dengan Muhammad bin Abdul Wahhab selalu dikatakan Sesat, khurafat, perampok, dsb.

Di sisi lain, sanjungan terhadap Syaikh ini sungguh luar biasa.. seakan beliau manusia sempurna.

Agaknya penulis wikipedia ini adalah seseorang pemuja Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab, bahkan mungkin sampai tingkat taqlid buta terhadap beliau.

komentar[sunting sumber]

lalu yang menulis bahwa penulis itu taqlid buta, itu lebih tahu isi hati sang penulis dari pada ALLOH dan sang penulis itu sendiri ? hebat sekali ?

lalu atas dasar apa dilarang mengatakan khurafat, kalau memang pada saat itu memang terjadi ke khurafatan di sana ? siapa yang lebih tahu ?

jika bisa menunjukkan hujjah (dasar keterangan yang menyatakan bahwa 'ulama yang disebut khurafat itu tidak melakukan praktek khurafat ?)

komentar balik[sunting sumber]

Salah satu tanda-tanda taqlid yang negatif adalah terlalu memuji-muji seorang tokoh pujaan. Dan jika pemujaan yang berlebih itu disertai dengan menjelek-jelekan para tokoh lain yang berseberangan dengannya (dituliskan sesat, khurafat, dll), apakah ini namanya?

Komentar kedua (dan ketiga) apakah tidak dibalik. Jika seseorang menuduh seorang ulama sebagai ulama khurafat atau sesat, maka orang itu harus bisa membuktikan tuduhannya. Misal dengan bukti, ulama (yg dituduh) itu berkata bagaimana, menulis apa, di mana letak khurafatnya/sesatnya, dan sebagainya. Ada referensinya. Bukan hanya opini atau tuduhan saja, tetapi harus berdasar fakta dan data. Tuduhan tanpa bukti itu sama dengan fitnah.

Lebih baik, tampilkan saja siapa ulama-ulama pendukung sepak terjang beliau saat itu, siapa saja ulama-ulama yang berseberangan dengan beliau. Semua berdasar data sejarah. Biarkan pembaca menilai sendiri.

Demikian juga dengan sepak terjang beliau (Syeikh Muhammad bin Abdul Wahhab). Tuliskan saja berdasarkan fakta sejarah, apa-apa yang dilakukan beliau, kapan, dan di mana. Biarkan pembaca menilai sendiri.

Dengan demikian harapannya wikipedia ini lebih berbobot dan diterima semua pihak.

Wallahu a'lam.

maqom, makam[sunting sumber]

yang memiliki arti "kuburan" itu makam atau maqom? seinget saya sih maqom itu berarti "tempat berdiri, derajad, atau tingkat" dalam bahasa arab deh.. atau terbalik ya? --Ricky Setiawan (kirim pesan) 21:16, 8 Oktober 2006 (UTC)

Tambahan Masukan Sebelumnya saya mohon maaf, karena saya tidak tahu bagaimana caranya berkomentar untuk memberikan masukan. Langsung saja. Tulisan mengenai Muhammad Bin Abdul Wahhab ini ada unsur kebohongan, karena menggunakan embel-embel Islam Sunni. Muhammad Bin Abdul Wahhab bukanlah sunni, dia adalah pelopor manhaj mujassimah yang dianut oleh ibnu taymiyah. mohon tulisan ini dilihat ulang dan diperbaiki. terima kasih

External links found that need fixing (Oktober 2023)[sunting sumber]

Hello fellow editors,

I have found one or more external links on Muhammad bin Abdul Wahhab that are in need of attention. Please take a moment to review the links I found and correct them on the article if necessary. I found the following problems:

When you have finished making the appropriate changes, please visit this simple FaQ for additional information to fix any issues with the URLs mentioned above.

This notice will only be made once for these URLs.

Cheers.—InternetArchiveBot (Melaporkan kesalahan) 8 Oktober 2023 04.26 (UTC)[balas]