Pembicaraan:Mencuci tangan dengan sabun

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Nama[sunting sumber]

Mencuci tangan dengan sabun? Kalo gitu nanti saya mau bikin artikel mencuci tangan dengan air, mencuci tangan dengan gel, mencuci tangan dengan alkohol, mencuci muka dengan antiacne, keramas dengan samphoo, makan dengan sendok dan garpu, makan dengan pisau, makan dengan piring, minum dengan gelas, kalo perlu mencuci tangan pake sulfat dah biar bolong.. lol • Mimihitam  • 09:42, 11 Agustus 2008 (UTC)

...cebok dengan tisu, cebok dengan air, cebok tanpa sabun. Hahaha kidding --BlackKnight(kirim pesan) 10:10, 11 Agustus 2008 (UTC)

Ide bagus tuh mencuci tangan tanpa sabun.. Mencuci tangan tanpa sabun adalah salah satu tindakan sanitasi dengan membersihkan tangan dan jari jemari menggunakan air tanpa sabun oleh manusia untuk menjadi bersih dan memutuskan mata rantai kuman meskipun kurang bersih.  Mimihitam  • 13:02, 11 Agustus 2008 (UTC)

Ngomong2 bahasa inggrisnya cebok apa ya? --BlackKnight(kirim pesan) 01:57, 12 Agustus 2008 (UTC)
Kalo di AS (dan Barat) namanya wiping (wipe), karena gak pake air. Artikelnya di Wikipedia EN: anal cleansing. dragunovadiscuss 05:34, 13 Agustus 2008 (UTC)
Terima kasih Dragunova. Oh ya, untuk apa menggunakan air jika dengan tisu bisa bersih dan higienis. Mikhailov Kusserow (bicara) 03:58, 29 September 2008 (UTC)

(grew devilish tail) he he he kata siapa pakai tisyu bersih? Gini deh, let's play a game. Tangan lo kotor-kotoran dulu deh, naik metromini dan pegang besi yang yang dipegang semua orang, hitung duit koin, usap-usap kucing, atau yang paling gampang main tanah dan pegang pupuk kandang deh. Terus tes. Tangan ini pegang nasi hangat (dikepelin) terus bungkus sama plastik. Dah kotor kotoran lagi deh tuh, kali ini pakai tisyu (ajah), selesai, ngepel nasi hangat, bungkus lagi sama plastik. Dah kotor-kotoran lagi deh, kali ini cuci tangan pakai sabun 20 detik, ngepel nasih hangat lagi, bungkus sama plastik. tandain nasinya, simpen, diemin deh 3 hari. Dijamin semua nasinya jamuran, tapi lihat yang paling parah yang mana. Serenity (bicara) 06:28, 7 Oktober 2008 (UTC)

Penjelasan[sunting sumber]

Yah susah emang ngomong ama preman ngga bisa baca, bisanya cuman mindahin. God is in details! Kalo dua orang yang "diatas" berpikir mereka lebih pintar dari para ahli yang melakukan penelitian untuk PBB, monggo...Serenity (bicara)

Hehe, saya cuma becanda. Why so serious? --BlackKnight(kirim pesan) 14:30, 11 Agustus 2008 (UTC)

Mencuci tangan[sunting sumber]

Waduh, mencuci tangan dan mencuci tangan dengan sabun kan tidak beda-beda jauh, alihkan saja. borgx(kirim pesan) 07:04, 11 Agustus 2008 (UTC)

Penjelasan ilmiahnya:
1. Mencuci tangan dengan sabun itu efektif menyelamatkan jiwa (menurunkan setengah dari penderita diare yang menjadi penyakit pembunuh balita kedua di dunia) sementara mencuci tangan (saja) tidak.
2. PBB juga mencanangkan hari mencuci tangan dengan sabun entah siapa yang dengan bodohnya terus menerus merubah menjadi mencuci tangan aja, ngga ada tuh hari mencuci tangan saja, karena perilaku mencuci tangan saja tidak efektif membunuh kuman.
3. Mencuci tangan saja juga bisa jadi artikel sendiri kok, karena budaya Indonesia adalah mencuci tangan saja (lihat warung padang dikasih mangkok cuci tangan) sebelum dan sesudah makan. Sedangkan mencuci tangan pakai sabun itu upaya untuk memutuskan mata rantai kuman. Awas yah dipindahin lagi... udah gue jelasin panjang-panjang. Dan itu beda banget loh ditilik dari jumlah jiwa yang diselamatkan dengan sedikit perbedaan: sabun (emang main sabun itu paling enak) Serenity (bicara) 13:45, 11 Agustus 2008 (UTC)
Tetap tidak perlu dipisah jadi dua artikel. Mendingan "mencuci tangan dengan sabun" dibuat jadi sub-bab di bawah "mencuci tangan". Isinya juga tidak jauh beda, di artikel "mencuci tangan" dijelaskan secara umumnya dan sejarahnya, trus yang di sub-bab yang "dengan sabun" diberikan penjelasan lebih lanjut mengenai pentingnya memakai sabun, dan tentang kampanye PBB-nya. Kalau dipisah juga masing-masing artikel ini cuma jadi stub yang ukurannya dibawah 10 KB. dragunovadiscuss 14:03, 11 Agustus 2008 (UTC)
Betul, subyek artikel ini terlalu spesifik. --BlackKnight(kirim pesan) 14:31, 11 Agustus 2008 (UTC)

Hmm, ok kelihatan salahnya. Sub artikel dibuat lebih dahulu dari artikel utama. Ini memang disadari pada saat dibuat.

Mendingan "mencuci tangan dengan sabun" dibuat jadi sub-bab di bawah "mencuci tangan"
Jawaban: bisa, tapi jadinya akan cuci tangan pakai sabun menjadi sub-bab yang panjang didalam artikel utama yang pendek, karena gue ngga punya data cuci tangan saja (iw en cuci tangan saja)
Cuci tangan saja bisa memuat sub bab lain seperti cuci tangan dalam medis, dkk - again I don't have the detail.
Kalau dipisah juga masing-masing artikel ini cuma jadi stub yang ukurannya dibawah 10 KB
Nah, bagian ini salah, artikel cuci tangan dengan sabun belum selesai. Kalau sudah mungkin sekitar 25kb yah apalagi pada saat negara-negaranya dijabarkan (note bahwa gue anti artikel >32kb)
Jadi gimana? the way I see it tetep akan jadi artikel sendiri karena memang kepanjangan (artikel utama pada sub bab akan merujuk kesini). Serenity (bicara)

Wah, kalo gitu saya mau bikin artikel yagn banyak ah.. mencuci tangan dengan air, mencuci tangan dengan gel, mencuci tangan dengan alkohol, mencuci muka dengan antiacne, keramas dengan samphoo, makan dengan sendok dan garpu, makan dengan pisau, makan dengan piring, minum dengan gelas. Setuju kan? :D gak adil dong kalo artikel ini spesifik khusus • Mimihitam  • 14:37, 11 Agustus 2008 (UTC)
Buat artikel sendiri dalam subtopik cuci tangan? Cuci tangan kan identik juga dengan sabun. Nah, kalo masih stubborn pisah artikel, sebaiknya ada 3 jenis artikel yang dipisah dari artikel makan, makan dengan tangan, makan dengan sumpit dan makan dengan sendok dan garpu, sedangkan artikel makan jadi disambiguasi (tambah lagi kalo kurang). • Mimihitam  • 14:46, 11 Agustus 2008 (UTC)

Ya wes, tapi emang kenapa kalo 32 KB, tokh informasi tidak dibatasi dengan itu. Panjang atau pendek yang penting lengkap aktual akurat netral rapi, tidak seperti artikel "cuci tangan pake sabun" • Mimihitam  • 14:59, 11 Agustus 2008 (UTC)
Kalo yang 32 KB berdasarkan pedoman yang ada. Alasannya bisa diliat di Wikipedia:Panjang artikel, atau jauh lebih lengkap di Wikipedia:Article size. dragunovadiscuss 15:18, 11 Agustus 2008 (UTC)
Ya kalo ada "isi"nya sih silahkan aja. Apa cuman bisa ngomong doang? Serenity (bicara)

Kalo benar nanti bisa diatas 32 KB saya setuju saja dipisah. Sebelum itu terjadi gabung dulu aja. $0.02 dragunovadiscuss 15:06, 11 Agustus 2008 (UTC)

25KB, dan gue akan taruh (artikel sedang dalam perubahan besar) - hayo, gimana? $ 0.03 Serenity (bicara)

Tag/ rambu[sunting sumber]

Baru notice, ternyata di EN itu jenis tag ada dua, yang satu {{inuse}} dan yang satu lagi {{underconstruction}}. Yang inuse untuk menghindari konflik penyuntingan dan hitungannya hari/jam - sementara yang underconstruction bisa hari/ mingguan/ bulan dan kalau udah beberapa hari tidak di sunting, bisa di remove. Sebenarnya artikel yang ini lebih cocok pakai underconstruction (assuming bahwa kita ada tag tersebut), ini untuk menanggapi benny yang berburuk sangka bahwa ada "kepemilikan artikel". Ngga ada maksud sih memiliki sih (kalo pingin memiliki udah nerbitin buku kali gue), tapi memang kita punya tagnya nggak? Serenity (bicara) 18:55, 2 Oktober 2008 (UTC)

{{underconstruction}} telah dibuat. Saya rasa kedua templat (dan {{inuse}}) itu di id.wiki diperlakukan sama sih, karena sedikit orang yang mengawasi penggunaannya. Coba dibaca Wikipedia:Kepemilikan artikel, itu bukan karena hanya satu orang yang menyunting, namun karena orang tersebut (Anda, serenity), ngotot (baca: memaksakan) kemauan Anda seperti dapat dibaca di halaman ini. – (-_-)V bennylin (404sumbangan) 02:34, 3 Oktober 2008 (UTC)

Oh bukan karena satu orang yang menyunting maksudnya. Ya sudah, kalo itu mah gue ngga masalah. Kalau yang dipermasalahkan ngototnya, menurut gue itu cuman perasaan elo aja Ben *nyengir* Serenity (bicara) 01:40, 4 Oktober 2008 (UTC)

Pemungutan suara[sunting sumber]

Lebih baik kita budayakan voting :)

Mari divoting dan digabung dengan syarat yang memvoting harus membaca dulu kata per kata dan membandingkan kedua artikel setelah saya selesai. Gimana? Serenity (bicara) 00:43, 12 Agustus 2008 (UTC)
Emang selesainya kapan? borgx(kirim pesan) 03:12, 13 Agustus 2008 (UTC)
*LoL* (ketangkep) - kapan yah? Gue kan sukarelawan, sejak kapan nyelesain artikel ada tenggat waktunya? Ngga ada ujian kan? Serius: hmm yang jelas sekitar 15 Oktober kali yah, sesudahnya akan hanya minor edit I think. Serenity (bicara) 17:01, 29 Agustus 2008 (UTC)
    • Menyelesaikan artikel tidak ada batas waktu, yang ada batasan waktu adalah penggunaan tag "inuse". Dengan memakai tag "inuse" ini kan berarti menghimbau pengguna lain untuk tidak menyunting dulu. Lah rambu ini kan tidak boleh lama-lama. borgx(kirim pesan) 07:01, 30 Agustus 2008 (UTC)
Wah borgx udah 17 kilo dan masih banyak yang belum dimasukin. Bisa jadi artikel pilihan nih. Pas lagi 15 Oktober (khe, khe, khe) Serenity (bicara) 02:48, 1 September 2008 (UTC)

Loh, topik ini sudah menjadi sebuah gerakan di dunia (kira-kira seperti gerakan di pemanasan global, tapi di bidang kesehatan), dan di Indonesia, sedang disosialisasikan juga loh. Masa sih ngga pernah lihat di tempat-tempat publik? Pemungutan suara di bawah ini malah akan menjadi ambigu dan tidak berguna. Judulnya sudah tepat kok. "Mencuci tangan" dan "Mencuci tangan dengan sabun" tetap harus dua artikel yang terpisah. REX (bicara) 03:53, 7 Oktober 2008 (UTC)

Ganti judul ke "Mencuci tangan", kedua artikel tsb digabungkan[sunting sumber]

Kampanye Cuci Tangan Pakai Sabun juga perlu digabung ke Mencuci tangan
  1. Suara saya tetap ini apapun isi dari "Mencuci tangan dengan sabun". borgx(kirim pesan) 00:12, 12 Agustus 2008 (UTC)
  2. "Mencuci tangan dengan sabun" dan hari pencanangannya dijadikan sub-bagian dari "Mencuci tangan". Kalimat-kalimat yang redundan dapat dijadikan satu, pembaca tidak perlu melihat dua artikel yang berbeda. – (-_-)V bennylin (404sumbangan) 00:31, 12 Agustus 2008 (UTC)
  3. Sepakat dengan Bennylin. wic2020bicara 01:47, 12 Agustus 2008 (UTC)
  4. Setuju, sda. --BlackKnight(kirim pesan) 01:53, 12 Agustus 2008 (UTC)
  5.  Mimihitam  • 08:56, 12 Agustus 2008 (UTC)
  6. Setuju dengan yang iniNaidNdeso (bicara) 08:23, 14 Agustus 2008 (UTC)
  7. Setuju. --Viva (laVida) 05:55, 17 Agustus 2008 (UTC)
  8. Setuju, hehehe koq masih ada ya vote ttg hal beginian --Andri.h (bicara) 23:30, 29 Agustus 2008 (UTC)

Tetap sebagai Mencuci tangan dengan sabun", "Mencuci tangan" dialihkan ke sana[sunting sumber]

  1. ?

Tetap sebagai Mencuci tangan dengan sabun", "Mencuci tangan" tidak dialihkan ke sana dan berdiri sendiri[sunting sumber]

  1. ?

Mencuci tangan dengan sabun dialihkan ke Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia[sunting sumber]

  1. – (-_-)V bennylin (404sumbangan) 00:33, 12 Agustus 2008 (UTC) hehehe, kalimat Indonesia ambigu, "pakai sabun-sedunia"? habis dong sabunnya. :D
  2. --  ERd  ►  07:25, 14 Agustus 2008 (UTC) Artikel ini bisa jadi artikel sendiri, tapi khusus membahas pencanangan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia, sedangkan detil ttg mencuci tangan (dengan dan tanpa sabun) tetap di artikel Mencuci tangan.
  3. Mikhailov Kusserow (bicara) 03:47, 29 September 2008 (UTC) Artikel ini sebaiknya jangan digabungkan dengan Mencuci tangan agar mempunyai nuansa lain. Akan tetapi, saran saya Serenity sebaiknya membuat artikel Mencuci tangan dengan sabun di en.wiki.

Rujukan ke Bahasa Inggris[sunting sumber]

Rujukan ke Bahasa Inggrisnya untuk Mencuci tangan dengan sabun dan Mencuci tangan mengapa sama? Mikhailov Kusserow (bicara) 01:48, 12 Agustus 2008 (UTC)

Bisa dilihat di atas bahwa sedang ada diskusi mengenai dua artikel ini. Nanti akan diperbaiki kalau sudah ada keputusan. dragunovadiscuss 05:37, 13 Agustus 2008 (UTC)
Oleh karena itu Dragunova, saya memberi perhatian kepada semua berkenaan hal ini. Mikhailov Kusserow (bicara) 07:41, 14 Agustus 2008 (UTC)

Komentar[sunting sumber]

Menurut saya ini tidak seperti artikel ensiklopedia, tetapi seperti artikel penyuluhan2 yang ditempel di puskesmas. --BlackKnight(kirim pesan) 13:09, 13 Agustus 2008 (UTC)

Dan lagi nadanya persuasif. --BlackKnight(kirim pesan) 13:10, 13 Agustus 2008 (UTC)

Yang mana? benerin aja (kalo bisa). Serenity (bicara)

Semuanya. Sebagian besar fakta ditulis hanya untuk mendukung satu pernyataan: mencuci dengan sabun lebih baik daripada mencuci tangan tanpa sabun. Itu kan persuasif, mengajak orang mencuci tangan dengan sabun. --BlackKnight(kirim pesan) 11:29, 14 Agustus 2008 (UTC)

Semuanya? Spesifik dong. Ngga ngerti arti pernyataaan "persuasif" itu apa nekat...
Sini, ta' lurusin, persuasif: "Mari kita mencuci tangan pakai sabun, supaya lebih bersih dan sehat." <-- Ada mari, ada ayo, ada "galakkan kebersihan untuk kepentingan bersama". Persuasif itu kalimat ajakan
Pernyataan (misal): Di Ghana penelitian menunjukkan angka diare menurun 50% setelah penduduknya merubah perilaku dan mencuci tangan dengan sabun secara intensif. <-- ini bukan persuasif, tapi fakta. Masalah elo kemakan apa engga dengan hasil penelitian, itu efek lain.
Contoh lain:
"Kopi kental dan nikmat adalah kopi dengan gula sedikit manis, dan dihirup dengan perlahan-lahan" (ini how to)
"Berdasarkan hasil penelitian di majalah science journal kopi yang dihirup dengan perlahan-lahan akan melepaskan kalori baik untuk jantung" (ini fakta, kalo emang iya, isinya gue ngarang aja). Beberapa penikmat kopi pun berpendapat bahwa cara ini lebih disukai (masih fakta).
Pria peminum kopi secara teratur memiliki sperma yang lebih banyak dan bergerak lebih cepat dibandingkan pria yang tidak meminum kopi. (ini fakta, serius beneran dan ngga ngarang *lol* gue pernah baca dimana gitu) -- tapi ini akan jadi card stacking (propaganda#3) kalau tidak diiringi: namun penelitian lain menunjukkan bahwa meminum kopi juga membuat seseorang kecanduan kafein dan tidak baik untuk ibu hamil (misalnya).
Blackie, gue kan udah bilang, elo tuh ngga lurus, dalam banyak hal elo tuh asbun. Suka ngga suka ini fakta. Kalau ngga mau dikatakan demikian, buktikan sebaliknya. Jangan terus bilang, "persuasif" - "semuanya!"
Perhatikan dong ada berapa karakter huruf dan kata dalam artikel, ngga mungkin dong semuanya, asbun banget deh aw...
Gue sih senang, senang aja, publisitas gratis buat artikel gue, hi hi hi. Serenity (bicara) 00:13, 15 Agustus 2008 (UTC)

Ya memang semuanya. Ah sudah lah, Anda melihat saya sebagai orang yang bengkok, jadi apapun pendapat saya pasti Anda anggap salah. Tapi yang pasti belum ada satu orang pun yang mendukung Anda. --BlackKnight(kirim pesan) 05:42, 15 Agustus 2008 (UTC)

Karena saya tidak pernah mendulang dukungan pribadi, yang saya dukung atau tentang adalah "isi"nya, bukan saya sebagai pribadi. Itu bedanya kamu dan saya. Jangan pernah lihat orangnya, disini harus lihat tulisannya. Dan ya kamu masih bengkok, bukan orangnya, tetapi pendapatnya. Serenity (bicara) 05:54, 15 Agustus 2008 (UTC)

Ya, maksud saya, belum ada seorang pun yang mendukung artikel Anda ini. --BlackKnight(kirim pesan) 07:11, 15 Agustus 2008 (UTC)

Ya, terus kenapa? Artikel gue toh tidak mencalonkan diri jadi presiden, jadi ngga perlu dukungan moril. Tsk, aneh. Serenity (bicara) 04:44, 29 Agustus 2008 (UTC)

Ya itu berarti tidak ada yg menganggap Anda benar, dan berarti Anda juga sama bengkoknya dengan saya. --BlackKnight(kirim pesan) 12:16, 29 Agustus 2008 (UTC)

Ha ha ha, apa hubungannya kebenaran gue dan kebenaran artikel? Masak ngga bisa ngebedain? Bias. Ngga penting kalee. Untuk gue pribadi, hasil apapun nanti itu ngga penting, yang penting artikelnya jadi bagus. Kalau ternyata digabungkan jadi bagus, silahkan (penasaran gue juga pengen liat siapa yang ngegabungin, mungkin borgx karena dia yang mengusulkan). Lagi pula seberapa banyak pengguna sih yang bisa memperbaiki artikel menjadi bagus di wikipedia dibandingkan dengan yang hanya ikutan voting? You? Perhatikan bahwa tiap kali gue ikutan voting yang menurut gue - wah salah nih, gue berupaya untuk membuat artikelnya jadi bagus, tanpa melihat penulisnya, libas aja, yang penting isi.

Udah ah, melenceng berat dari pembahasan, serangan pribadi harap diarahkan ke halaman pembicaraan gue (biar bisa dihapus). Ta ta Serenity (bicara)

Bukan gitu, Anda berpendapat bahwa topik ini layak dibuat artikel sendiri, sedangkan pengguna lain tidak. Itu berarti pendapat Anda salah. Dan karena yang lain menganggap Anda salah, sementara Anda sendiri memaksakan bahwa Anda benar, berarti Anda juga orang yang bengkok, sama bengkoknya seperti saya. --BlackKnight(kirim pesan) 04:24, 30 Agustus 2008 (UTC)
Loh, kan udah gue jelasin diatas. Bahwa artikelnya dibuat saat artikel utamanya belum dibuat, dan pada saat dibuat gue malas pakai tag inuse, jadi oleh mimi dan oleh borgx dipindahkan sampai berkali-kali. Akhirnya dengan malas gue jelaskan bahwa artikel lagi dalam pengembangan. Kalo mo voting mah, voting aja, tapi kok ya voting artikel yang belum jadi? Gue lurusin lagi yah, ini bukan masalah gue bener atau salah', ngga relevan (bias!). Tapi artikel yang baik seharusnya bagaimana. Artikel yang baiknya yang mana kan belum jadi...
Dan pendapat elo diatas sama sekali ngga membahas artikelnya atau isinya atau judulnya, 95% pendapat lo itu membahas gue. ANEH.

Serenity (bicara) 00:19, 31 Agustus 2008 (UTC)

Ini yang salah subyek dan kelayakan artikelnya, bukan isi artikelnya. Isi artikelnya gak salah, jadi buat apa saya membicarakannya?

Dan saya juga gak membahas tentang Anda, saya membahas pendapat Anda, karena memang di situ masalahnya. Kenapa Anda ngotot mempertahankan artikel ini padahal yang lain sepakat bahwa artikel ini gak layak? --BlackKnight(kirim pesan) 05:25, 6 September 2008 (UTC)

How To[sunting sumber]

OOT dikit, di versi inggrisnya ada templat {{howto}}, kalo di sini nama templat seperti itu apa ya? --  ERd  ►  07:30, 14 Agustus 2008 (UTC)