Pembicaraan:Mazhab

Konten halaman tidak didukung dalam bahasa lain.
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
ProyekWiki Islam (Dinilai kelas AB, High)
Ikon ProyekWiki
Artikel berada dalam lingkup ProyekWiki Islam, sebuah upaya untuk mendorong penyusunan yang lebih baik, distribusi isi, rujukan silang antar halaman yang berhubungan dengan Islam. Silahkan ikut serta dengan menyunting artikel Mazhab, atau mengunjungi halaman proyek untuk keterangan lebih lanjut.
 AB  Artikel ini telah dinilai sebagai kelas AB pada skala kualitas proyek.
 Tinggi 
Penting
 

Madzhab atau Firqah ?[sunting sumber]

Untuk memahami perkembangan ajaran Islam diantaranya menggunakan pendekatan aliran paham yang ada dalam tubuh umat Islam. Secara ajaran, Islam tidak pernah ada perbedaan ajaran karena yang disebut ajaran Islam itu hanyalah yang tertuang dalam Al Quran dan Al Hadits (pendek kata disebut Al Hadits saja, sedangkan terkait dengan metodologi pembelajarannya (Hadits) semoga dapat diuangkap pada kesempatan lain). Terkait dengan pemahan ajaran Islam, para ulama antara lain telah membaginya ajaran Islam itu ke dalam 2 hal. Yaitu :

  1. Aqidah, yaitu ajaran yang bersifat prinsip, terkait dengan keimanan.
  2. Muamalah Syari'at, yaitu ajaran yang terkait dengan hukum, petunjuk, pengajaran dll yang pendek kata menjadi pedoman umat Islam dalam menjalankan aktivitas kehidupan sehari-hari.

Perbedaan paham yang terkait dengan ajaran aqidah itulah aliran paham itu disebut sebagai Firqah dalam tubuh umat Islam. Sedangkan perbedaan paham yang terkait dengan muamalah pelaksanaan syari'at disebut sebagai Madzhab dalam menjalankan ajaran Islam. Dengan demikian setiap firqah bisa saja mempunyai beberapa madzhab.

Contoh golongan berdasarkan perbedaan firqah :

  • Syi'ah
  • Khawarij
  • Mu'tazilah
  • Ahlussunnah Wak Jama'ah
  • Murji'ah
  • Babiyah
  • Bahaiyah
  • Ahmadiyah

Contoh golongan berdasarkan perbedaan madzhab di kalangan Ahlussunnah Wal Jama'ah :

  • Hanafi
  • Maliki
  • Syafi'i
  • Hambali

Dengan demikian jika dibuat strukturnya, struktur firqah tidak bisa dicampuradukkan dengan struktur madzhab. Misal dikalangan kaum syi'ah telah berkembang firqah ke dalam kelompok Husain, kelompok Hanifiyah, kelompok Fathimah. Kelompok Husains sendiri terpecah ke dalam firqah kelompok Zaidiyah dan Imamiyah. Sedangkan kelompok Imamiyah terus berkembang paham firqahnya menjadi Itsna 'asyriyah, Isma'ilyah dan Fathimiyah. Sekiranya ada yang menyusun struktur perkembangan firqah atau madzhab ini waaa.. bagus banget. Demikian, semoga bisa membantu.
Djoko s 14:42, 23 November 2006 (UTC)

Agama islam[sunting sumber]

Perbedaan fiqrah dan Mazhab 114.122.103.28 18 Maret 2022 16.34 (UTC)[balas]

External links found that need fixing (Oktober 2023)[sunting sumber]

Hello fellow editors,

I have found one or more external links on Mazhab that are in need of attention. Please take a moment to review the links I found and correct them on the article if necessary. I found the following problems:

When you have finished making the appropriate changes, please visit this simple FaQ for additional information to fix any issues with the URLs mentioned above.

This notice will only be made once for these URLs.

Cheers.—InternetArchiveBot (Melaporkan kesalahan) 7 Oktober 2023 02.46 (UTC)[balas]