Pembicaraan:Mastosit

Konten halaman tidak didukung dalam bahasa lain.
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
ProyekWiki Biologi (Dinilai kelas Stub, Low)
Ikon ProyekWiki
Artikel ini berada dalam lingkup ProyekWiki Biologi, sebuah kolaborasi untuk meningkatkan kualitas Biologi di Wikipedia. Jika Anda ingin berpartisipasi, silakan kunjungi halaman proyek, dan Anda dapat berdiskusi dan melihat tugas yang tersedia.
 Rintisan  Artikel ini telah dinilai sebagai kelas rintisan pada skala kualitas proyek.
 Rendah 
Kurang penting
 

Usul Pemindahan Halaman Sel Biang ke Sel Mast[sunting sumber]

usul : sel biang dipindahkan ke sel mast, dengan alasan : Secara umum, sel mast lebih dikenal, dapat dibandingkan dengan sel biang, jika kita search di google bahasa indonesia dengan kata kunci sel mast seperti ini maka muncul 600ribuan artikel tentang sel mast (termasuk yang dari wikipedia indonesia), tetapi jika hal ini dibandingkan dengan pencarian di google dengan kata kunci sel biang seperti ini maka hasilnya adalah 100ribuan hasil pencarian, dengan hasil pencarian yang berhubungan dengan sel biang dalam hal imunitas, pada hasil pencarian saya kira hanya link ke wikipedia bahasa indonesia (yang menuju halaman ini) yang nyambung dengan konteks sel biang (mast cell) bukan (biang keringat, dsb) Rheka (bicara) 10:57, 17 Maret 2010 (UTC)

Aku gak keberatan sih. [1]. Cuma semua artikel yang menggunakan istilah ini sudah diwikify jadi sel biang. ESCa :-)/ 11:19, 17 Maret 2010 (UTC)
ru nyari lewat google dgn penggunakan tanda kutip pada dua kata n hasilnya sel mast=12.700[2] dan sel biang 98[3]. Klo mnurt q ta'a yg ahli'a dulu tpi lupa siapa yg ahli bahasa.  MasrudinNgomong  11:52, 17 Maret 2010 (UTC)
Biasanya dia cangkruk di warung kopi. ESCa :-)/ 11:58, 17 Maret 2010 (UTC)
600ribuan kalau di search tanpa tanda kutip -> sel mast, bukan ''sel mast'' :)
dari link nya esca, di pusat bahasa diknas.go.id baru tau kalau istilah dalam bidang kimia nya sel mast itu sel biang. Selama ini cuma familiar dengan istilah sel mast :). Dan menurut pendapat saya, mayoritas pengguna yang membutuhkan artikel di halaman ini adalah dengan latar belakang kedokteran, dan rasanya mubazir artikel yang bagus namun tidak ditemukan oleh mayoritas pengguna yang membutuhkannya. nb: ini hanya pendapat, kalau ada yg kurang berkenan mohon jangan diambil hati (dan harap dimaklumi sehubungan dengan status 'pendatang baru')^^v Rheka (bicara) 12:27, 17 Maret 2010 (UTC)
penggunaan tanda kutip agar kta yang dicari adalah sel mast tidak terpisa jika hanya menulis sel mast saja maka kemungkinan kata terpisah dan ini bisa merujuk artikel bahasa inggris yg mempunyai sel mast yg terpisah. Kalau kata sel biang adalah istilah dalam bidang kimia bisa di kasi linknya ? Lalu sel mast digunakan dalam bidang biologi(kedokteran) da refrensinya. Supaya bahasa yg di gunakan murni bhasa indonesia. Q dh cari d KBBI tpi dua2nyak tdk ada, g tau conek q yg eror ato situs'a ato mlah benar2 g da.  MasrudinNgomong  13:10, 17 Maret 2010 (UTC)
Linknya silakan di klik di angka 1 komen pertamanya Esca :)
Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam PAPDI (ada 3 jilid buku,lupa di jilid yang mana,bukunya tidak sedang bersama saya)^^, pertama kali terbit sekitar tahun 2005 dengan cover warna hitam, sekarang sudah ada edisi baru nya dengan cover warna merah (they said it is Harrison [4] nya Indonesia-alkitabnya ilmu penyakit dalam), sori ga dapat link buku bahasa Indonesianya, keknya di gramedia ada deh silakan di cek) nb: you can ask to a medical college student or even a medical doctor, and they will answer they dont know what 'Sel biang' is :) Rheka (bicara) 13:43, 17 Maret 2010 (UTC)
Nice link! This seems the wiki bible. [5] Glad to have you review all biomed articles. ESCa :-)/ 14:06, 17 Maret 2010 (UTC)

mastocyte = mastosit •• ivanlanin 14:21, 17 Maret 2010 (UTC)

u/ sementar q pindahin ke mastosit dulu soal belum ada pengalihan ke sana. Q dh na'a ma ka2 dokter diabilang tau tentang sel biang gimana dong ?  MasrudinNgomong  00:13, 18 Maret 2010 (UTC)
yah mungkin saya yang gaptek kali yah? :)
minimal istilah sel mast dalam bahasa Indonesia itu ada referensinya : Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam nya PAPDI (Perhimpunan Dokter Ahli Penyakit Dalam Indonesia) 2005. Kalau sel biang, apakah ada yang tau referensinya dalam buku terbitan Indonesia, mohon informasinya (gaptek mode ON). Btw, inti dari usulan ini sebenarnya cuma supaya artikel ini bisa di search dengan kata kunci sel mast. Kalau memang usulnya tidak bisa diterima, ya gpp. Sepertinya mastosit lebih familiar daripada sel biang. Rheka (bicara) 02:21, 18 Maret 2010 (UTC)
Semua kata sudah ditulis di paragrap definisi. Semua juga bisa disearch. ESCa :-)/ 04:45, 18 Maret 2010 (UTC)