Pembicaraan:Marga Batak di Toba

Konten halaman tidak didukung dalam bahasa lain.
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Dari halaman utama, siapa tahu berguna •• ivanlanin •• 09:08, 14 Oktober 2006 (UTC)

Tatea bulan disebut juga dengan nama datu gumiling giling dan parpusuk buhit (nama sesudah tua). Dianya tidak kawin

itu tentang penjelasan seperti sejarah TOGA SIMATUPANG dan sejarah marga lainnya bukannya dihapus lebih cocok? karena artikel ini hanya untuk pembagian marga-marga batak yg ada --a_tumiwa 10:17, 27 Oktober 2006 (UTC)

Sebaiknya dimasukkan ke artikelnya sendiri. Meursault2004 10:20, 27 Oktober 2006 (UTC)

Penjelasan tentang Naipospos yang sebelumnya dimasukkan sebagai contoh tarombo saya pindahkan ke artikel baru (tersendiri) karena informasinya cukup panjang (tidak lagi sekadar contoh tarombo). Wsaragih (bicara) 01:48, 4 Oktober 2008 (UTC)

Perubahan oleh pengguna Ucoklubis tidak konsisten, pada bagian awal Batak disebutkan sebagai suku yang terdiri atas: Simalungun, Toba, Mandailing, Angkola, Karo, Pakpak. Sedangkan di bagian "Asal-usul" disebut bahwa Batak hanya terdiri atas 4 bagian "Tanah Batak Toba." Dan bagian yang menerangkan marga di "Mandailing dan Angkola" dan "Simalungun" dihapuskan dari artikel. Karenanya saya rasa dapat disimpulkan bahwa menurut artikel ini Batak itu adalah 4 bagian "Tanah Batak Toba" saja, sehingga mengeluarkan Simalungun, Mandailing, Angkola, Karo dan Pakpak daripadanya.Wsaragih (bicara) 19:26, 21 Oktober 2008 (UTC)

Marga Batak hanya Batak Silindung, Batak Samosir, Batak Humbang, dan Batak Toba[sunting sumber]

Artikel dari empat bagian Marga Batak yaitu: Marga Batak Silindung, Marga Batak Samosir, Marga Batak Humbang, dan Marga Batak Toba, kiranya tidak dalam satu artikel yang dialihkan dari Marga Batak Toba. Hal ini desebabkan bahwa Tanah Batak terdiri atas 4 (empat) bagian, yaitu: Batak Silindung, Batak Samosir, Batak Humbang, dan Batak Toba. Empat bagian daerah Tanah Batak tersebut mencakup wilayah yang tersendiri atau dapat dikatakan tidaklah seluruhnya Toba.

Artikel dari empat bagian Marga Batak yaitu: Marga Batak Silindung, Marga Batak Samosir, Marga Batak Humbang, dan Marga Batak Toba, telah saya sunting dengan memisahkan empat aertikel tersebut tanpa pengalihan dari Marga Batak Toba. Meskipun empat artikel tersebut memiliki isi yang hampir sama namun tampak bahwa nampak daerah mana Marga Batak Silindung, Marga Batak Samosir, Marga Batak Humbang, dan Marga Batak Toba. Dan mungkin kelak akan ada yang mengembangkan artikel tersebut.

Kepada Yth. Wikipedia, mohon Artikel dari empat bagian Marga Batak yaitu: Marga Batak Silindung, Marga Batak Samosir, Marga Batak Humbang, dan Marga Batak Toba, tidak disatukan atau tidak dialihkan dari Marga Batak Toba karena empat daerah tersebut memiliki cakupan wilayah dan contoh marga yang berbeda.

Terimakasih. marga Sibagariang (bicara) 03:28, 22 Desember 2008 (UTC)